Kusuma Hamba Allah pengejar surga yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Pengertian Kewirausahaan

5 min read

Pengertian Kewirausahaan

Pengertian Kewirausahaan itu apa sih sebenarnya? Banyak sekali yang mencari mengenai apa itu kewirausahaan.

Anda biasanya mendapatkan materi pelajaran ini ketika menginjak usia SMK atau SMA bukan? Tentu bukan hal yang mudah mempelajarinya.

Cukup kompleks jika dipahami, namun ilmu ini dapat digunakan terus menerus, hanya memerlukan sedikit upgrade ilmu baru mengenai cara berwirausaha.

Saat ini, kewirausahaan menjadi salah satu pengetahuan yang penting untuk diketahui oleh pemuda. Sebab, dengan kewirausahaan, seseorang akan lebih bisa mandiri secara ekonomi.

Nah, untuk itu, mari membahas mengenai kewirausahaan secara lebih rinci. Berikut ulasan lengkapnya!

Pengertian Wirausaha

Pengertian Wirausaha

Kewirausahaan berasal dari kata dasar wirausaha. Mari membahas mengenai wirausaha terlebih dahulu.

Wirausaha bisa diartikan sebagai usaha secara mandiri dengan mengerahkan segala sumber daya dan upaya meliputi kepandaian dalam mengenali produk baru, menyusun operasi untuk menciptakan peluang usaha, menentukan cara produksi baru, memasarkannya, dan juga mengatur permodalan operasinya untuk menghasilkan sesuatu yang mempunyai nilai tinggi dengan segala macam risiko yang akan dihadapi.

Di dalam prosesnya, wirausahawan (orang yang melakukan wirausaha) mengombinasikan faktor-faktor produksi seperti sumber daya alam, material, tenaga kerja, serta peralatan lain dan juga melakukan proses yang dikenal dengan istilah creative destruction atau pengerusakan yang kreatif.

Untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai tambah atau added value sehingga inti dari keterampilan wirausaha adalah kreativitas (the core of entrepreneurial skill is creativity.

Wirausaha berasal dari dua suku kata yakni wira dan usaha. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, wira mempunyai arti pejuang, berani, berwatak agung, dan juga berbudi luhur.

Usaha mempunyai arti bekerja, berbuat sesuatu, dan juga berbuat amal.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Beberapa ahli mengemukakan pendapatnya mengenai kewirausahaan. Nah, agar Anda lebih paham tentang hal ini, ada baiknya merujuk beberapa pendapat para ahli di bawah ini.

1. Pengertian Kewirausahaan menurut Eddy Soeryanto Soegoto

Kewirausahaan adalah usaha kreatif yang dilakukan berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberikan manfaat, menciptakan lapangan kerja dan hasilnya berguna bagi orang lain.

2. Pengertian Kewirausahaan Menurut Drs. Joko Untoro

Kewirausahaan adalah suatu keberanian untuk melakukan berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang, berdasarkan kemampuan dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

3. Pengertian Kewirausahaan Menurut Soeharto Prawiro

Kewirausahaan adalah suatu nilai yang dibutuhkan untuk memulai usaha dan mengembangkan usaha.

4. Pengertian Kewirausahaan Menurut Ahmad Sanusi

Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis.

5. Pengertian kewirausahaan Menurut Siswanto Sudomo

Kewirausahaan adalah segala sesuatu yang penting mengenai seorang wirausaha, yakni orang yang memiliki sifat pekerja keras dan mau berkorban, memusatkan segala daya dan berani mengambil risiko untuk mewujudkan gagasannya.

6. Pengertian Kewirausahaan Menurut Zimmerer

Kewirausahaan adalah sebuah proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan bisnis.

7. Pengertian Kewirausahaan Menurut Peter Drucker

Kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dari yang lain.

Itulah tadi merupakan 7 pengertian kewirausahaan menurut para ahli lengkap. Bagaimana pendapat Anda sendiri mengenai kewirausahaan?

Pengertian Kewirausahaan Secara Umum

Pengertian Kewirausahaan Secara Umum

Setelah menyimak tentang pengertian wirausaha dan pengertian kewirausahaan di atas, pastinya Anda bisa menyimpulkan apa pengertian kewirausahaan secara umum.

Nah, pengertian kewirausahaan secara umum adalah suatu proses melakukan maupun menciptakan sesuatu yang baru dengan cara-cara yang kreatif serta penuh dengan inovasi yang bisa memberikan manfaat untuk orang lain serta mempunyai nilai tambah.

Anda juga bisa mengartikan kewirausahaan dengan suatu sikap mental seseorang yang mempunyai keaktifan, kreativitas, dan juga berdaya cipta sehingga terbentuk sesuatu yang baru dan unik serta mempunyai manfaat untuk orang banyak.

Kewirausahaan mempunyai proses yang dinamis untuk menciptakan sesuatu yang disertai tenggang modal, waktu, risiko, dan juga sumber daya.

Contoh Kewirausahaan

Contoh Kewirausahaan

Ada setidaknya 3 contoh kewirausahaan yang paling populer di Indonesia. Berikut telah kami rangkumkan jenis dan contohnya! Silakan simak di bawah ini.

1. Usaha Ritel

Jika menyoal wirausaha, maka tidak bisa lepas dari industri ritel yang mana disebut sebagai bisnis penjualan eceran yang dilakukan secara langsung dari distributor pada konsumen.

Model bisnis ini aman untuk dilakukan karena risiko kerugian hanya dari persaingan antar ritel saja.

Salah satu contohnya adalah jaringan minimarket dengan ribuan gerai yang ada di seluruh Indonesia. Ritel minimarket saat ini dapat mengantongi lebih dari 50 triliun rupiah setiap tahunnya.

2. Bisnis Digital dengan Modal Usaha Startup

Kini, penggunaan internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Bahkan, sudah menjadi sarana memperoleh nafkah.

Usaha startup sangat cocok bagi orang-orang yang mempunyai keterampilan dan minat di dalam industri bisnis digital.

Salah satu jenis bisnis ini yang telah mendulang kesuksesan adalah Kaskus.

Berawal dari sebuah forum digital, saat ini Kaskus sudah menjadi platform yang menyediakan pula beragam jasa serta memfasilitasi kegiatan jual beli antar pengguna.

3. Industri Kreatif

Pemerintah selalu mendorong para pemuda untuk berpartisipasi meningkatkan pertumbuhan industri kreatif di Indonesia.

Industri kreatif sendiri adalah usaha yang mengandalkan kreativitas sebagai senjata paling utama. Industri ini cocok bagi orang yang paham trend dan keinginan pasar.

Salah satu pelaku, bisnis yang sudah sukses adalah David Yuwono. Orang ini memulai usahanya hanya dengan modal Rp 800.000,-.

Ia menjadikan denim sebagai tas dan saat ini sudah bisa meraup omzet sebesar Rp 100 juta setiap bulannya.

Manfaat Kewirausahaan

Thomas W Zimmerer yakni seorang pakar kewirausahaan merumuskan manfaat kewirausahaan dalam beberapa poin. berikut ulasannya:

  1. Memberikan peluang serta kebebasan untuk mengendalikan nasib diri sendiri. Sehingga, dengan mempunyai usaha sendiri, Anda akan lebih bebas mencapai tujuan hidup sendiri. Pebisnis akan berusaha sekuat tenaga untuk memenangkan hidup serta memungkinkannya memanfaatkan bisnis untuk mewujudkan cita-cita.
  2. Memberikan peluang melakukan perubahan. Seorang enterpreneur memulai usaha karena bisa menangkap peluang untuk melakukan perubahan yang sangat penting.
  3. Memberikan peluang untuk dapat mencapai potensi diri sendiri. Banyak orang yang sadar bahwa bekerja pada suatu perusahaan sangat membosankan, tidak menantang, dan tidak memiliki daya tarik. Lain halnya dengan berwirausaha yang mana dapat menyalurkan hobi atau bermain, sehingga bisa menjadi alat aktualisasi diri yang sangat baik.
  4. Mempunyai peluang untuk meraih keuntungan sebanyak-banyaknya. Meskipun pada tahap awal, uang bukanlah daya tarik utamanya, tetapi, wirausaha akan menjadi sumber motivasi yang penting untuk bisa membangun usahanya sendiri.
  5. Mempunyai peluang untuk berperan aktif dalam mendapat pengakuan atas usaha yang dilakukannya. Pemilik usaha menyukai kepercayaan pengakuan dari pelanggan yang sudah dilayani. Imbalan yang paling berharga dari pelaku usaha kecil adalah melancarkan fungsi sosial dan ekonomi nasional.
  6. Mempunyai peluang untuk melakukan sesuatu yang menumbuhkan rasa senang dalam pengerjaannya. jadi, pada intinya, orang yang menyalurkan hobi menjadi pekerjaan, maka akan sangat senang dalam melakukannya. Sehingga, ia pun tidak akan merasa terpaksa harus bekerja di dalam kehidupannya.

Manfaat kewirausahaan diatas sudah sepantasnya Anda mengetahui. InsyaaAllah, akan berguna dikemudian hari jika Anda berminat untuk menjadi wirausahawan.

Tujuan Kewirausahaan

Tujuan Kewirausahaan

Seorang pengusaha pastinya memiliki tujuan tertentu yang ingin dicapainya. Selain melakukannya untuk kepentingan diri, juga melakukan kegiatan usaha untuk kepentingan bagi orang lainnya.

Nah, di bawah ini telah kami rangkumkan beberapa tujuan seseorang melakukan wirausaha:

  1. Membuka lapangan kerja yang baru untuk orang lain serta membantunya menjadi pengusaha yang mandiri.
  2. Menciptakan jaringan bisnis baru yang bisa menyerap banyak tenaga kerja yang ada di sekitarnya
  3. Membantu pengusaha muda untuk bisa mengoptimalkan kreasi dan inovasinya
  4. Meningkatkan kesejahteraan hidup baik untuk dirinya sendiri dan juga untuk masyarakat yang ada di sekitar tempat usahanya.
  5. Menularkan serta mengembangkan semangat berwirausaha pada orang yang lain.

Tujuan kewirausahaan diatas telah menjawab sebagian pertanyaan mengenai “kenapa harus menjadi wirausaha?” tapi harus diingat untung dan rugi ya!

Ciri Ciri Kewirausahaan

Ciri Ciri Kewirausahaan

Jika Anda ingin mengetahui, apakah Anda menjadi salah satu orang yang memiliki jiwa kewirausahaan? Atau bukan?

Untuk itu, coba dipahami mengenai diri Anda ya. Berikut adalah ciri-ciri seorang wirausahawan yang handal dan dapat bersaing di dunia wirausaha.

  1. Yakin dengan kualitas produk yang dimiliki.
  2. Mengetahui informasi produk.
  3. Tidak akan memaksa konsumen untuk membeli.
  4. Komunikatif dan negosiasi ramah dalam pelayanan.
  5. Jujur dan tekun
  6. Berorientasi ke masa depan.

Apakah Anda sudah memiliki beberapa ciri-ciri menjadi wirausahawan diatas? Alhamdulillah, jika sudah. Semoga menjadi wirausahawan yang amanah!

Sifat-Sifat Seorang Wirausahawan

Sifat seorang wirausahawan adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki keyakinan, kemandirian, individualitas, optimisme.
  2. Selalu berusaha untuk berprestasi, berorientasi pada laba.
  3. Memiliki kemampuan mengambil resiko dan suka pada tantangan.
  4. Bertingkah laku sebagai pemimpin, dapat bergaul dengan orang lain dan suka terhadap saran dan kritik yang membangun.
  5. Memiliki inovasi dan kreativitas tinggi, fleksibel, serba bisa dan memiliki jaringan bisnis yang luas.
  6. Memiliki persepsi dan cara pandang yang berorientasi pada masa depan.
  7. Memiliki keyakinan bahwa hidup itu sama dengan kerja keras.

Sifat-sifat wirausahawan diatas harus Anda miliki sebelum terjun bebas ke dalam dunia wirausaha!

Faktor Kegagalan Dalam Wirausaha

Adapun, di dalam berwirausaha pasti ada kegagalan sebelum mencapai kesuksesan. Lalu, apa sajakah penyebab gagalnya orang dalam berwirausaha?

Berikut adalah faktor kegagalan dalam wirausaha menurut Zimmerer (dalam Suryana, 2003: 44-45):

  1. Tidak kompeten dalam manajerial.
  2. Kurang berpengalaman baik dalam kemampuan mengkoordinasikan, keterampilan mengelola SDM.
  3. Manajemen keuangan kurang tertata.
  4. Perencanaan yang kurang matang.
  5. Lokasi yang kurang memadai.
  6. Kurangnya pengawasan peralatan.
  7. Sikap yang kurang bersungguh-sungguh dalam berusaha.
  8. Ketidakmampuan dalam melakukan peralihan/transisi kewirausahaan.

Untuk itu, penulis menyarankan Anda agar jangan sampai mendekati 8 penjabaran diatas ya!

Peran Wirausaha Dalam Perekonomian Nasional

Ada baiknya dalam berwirausaha Anda tentunya paham betul akan ilmu ekonomi. Karena wirausaha sendiri memiliki peran dalam perekonomian nasional.

Adapun peran wirausaha dalam perekonomian nasional adalah sebagai berikut:

  1. Menciptakan lapangan kerja.
  2. Mengurangi pengangguran.
  3. Meningkatkan pendapatan masyarakat.
  4. Mengkombinasikan faktor-faktor produksi.
  5. Meningkatkan produktivitas nasional.

Demikian pembahasan mengenai kewirausahaan, semoga bermanfaat! Terimakasih kami ucapkan dan terimakasih juga telah berkunjung!

Semoga pengertian kewirausahaan tersebut dari kami theinsidemag.com dapat dijadikan acuan juga untuk dijadikan makalah atau hal yang lainnya. Salam sukses!

Kusuma Hamba Allah pengejar surga yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *