Kusuma Hamba Allah pengejar surga yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Pengertian Norma

6 min read

Pengertian Norma

Pengertian Norma secara umum adalah sebuah kaidah atau acuan dalam berperilaku serta berinteraksi antara manusia satu dengan lainnya.

Secara singkat penjelasan definisi norma adalah seperti diatas. Lantas, sebenarnya apa saja sih yang akan kita bahas mengenai norma kali ini?

Banyak sekali mengenai penjelasan apakah yang disebut dengan norma? Apakah norma hanya berlaku untuk masyarakat bawah saja?

Jelas tidak! Norma sebenarnya mengatur perilaku manusia agar bertingkah dalam kadar wajar. Saling menjalani kehidupan bersama dan berinteraksi.

Norma sendiri di mata pelajaran PPKN ada menjadi 4 bagian, yakni norma kesopanan, norma hukum, norma kesusilaan dan norma agama.

Namun, di bawah juga akan kami jelaskan mengenai pengertian norma secara jelas dan lengkap! Adapun untuk lebih lanjut, simak pengertian norma adalah apa dibawah ini.

Pengertian Norma Adalah?

Pengertian Norma

Pengertian Norma merupakan kaidah, acuan, pedoman, serta ketentuan berperilaku serta berinteraksi antara manusia dalam suatu kelompok masyarakat dalam menjalani kehidupan bersama.

Norma, secara etimologi berasal dari Bahasa Belanda yakni “Norm” yang berarti pokok kaidah, patokan, serta pedoman.

Akan tetapi, ada juga sumber lain yang menyebutkan bahwa istilah norma berasal dari Bahasa Latin yaitu “Mos” yang berarti tata kelakuan, kebiasaan, serta adat istiadat.

Norma biasanya berlaku pada lingkungan tertentu masyarakat seperti pada negara maupun etnis tertentu. Akan tetapi, ada juga beberapa jenis norma yang bersifat universal serta berlaku untuk semua manusia.

Norma sendiri adalah aturan berperilaku di dalam kehidupan. Bagi kelompok masyarakat maupun individu yang telah melanggar norma masyarakat, maka akan dikenakan sanksi.

Jadi, bisa juga dikatakan bahwa norma mempunyai kekuatan serta bersifat memaksa. Ada beberapa jenis norma yang berlaku di masyarakat. Nah, ulasannya akan dibahas di bawah ini.

Pengertian Norma Hukum

Norma Hukum

Pengertian norma hukum adalah peraturan yang dibuat lembaga tertentu yang mempunyai wewenang dalam mengatur kehidupan dalam masyarakat, bernegara, dan juga berbangsa.

Peraturan ini sumbernya berupa yurisprudensi, perundang-undangan, dan juga doktrin.

Fungsi norma hukum diantaranya:

  1. Untuk melengkapi norma lain dengan sanksi yang lebihnya dan tegas.
  2. Mengatur banyak hal yang belum tercakup pada norma yang lain
  3. Terkadang, norma hukum bertentangan dengan norma lain seperti contohnya hukuman mati yang mana bertentangan dengan norma lain yang melarang membunuh.

Sanksi yang diberikan untuk bagi orang yang melanggar norma hukum bersifat tegas, memaksa, serta mengikat semua orang.

Seperti hukuman penjara atau tahanan, hukuman mati, dan juga denda.

Contoh dari norma hukum adalah:

  • Kewajiban membayar pajak
  • Dilarang melakukan tindakan kekerasan atau membunuh
  • Dilarang mencuri, merampok, serta korupsi.
  • Dilarang melakukan tindakan membunuh atau kekerasan
  • Kendaraan umum harus lewat khusus, serta
  • Semua pengendara wajib memperhatikan serta mengikuti rambu lalu lintas.

Pengertian Norma Kesusilaan

Norma Kesusilaan

Definisi norma kesusilaan adalah aturan maupun pedoman hidup yang dianggap sebagai suara sanubari manusia yang berhubungan dengan baik atau buruknya sebuah perilaku.

Norma kesusilaan berasal dari moral serta hati nurani manusia.

Di dalam norma kesusilaan biasanya memberikan sanksi yang bersifat tidak tegas. Bentuk sanksinya lebih cenderung pada rasa bersalah, rasa malu, serta penyesalan atas pelanggaran.

Contoh dari norma kesusilaan adalah:

  • Jujur pada orang lain
  • Jangan mencuri hak milik orang lain
  • Berbuat baik kepada sesama
  • Berlaku adil kepada semua orang.

Pengertian Norma Agama

Norma Agama

Pengertian norma agama adalah pedoman hidup bagi manusia yang bersumber dari kepercayaan pada Tuhan Yang Maha Esa. Norma ini bersifat dogmatis serta tidak boleh dikurangi, pun ditambahi.

Pemeluk agama meyakini bahwa norma agama mengatur mengenai peribadatan serta hubungan dengan sesama dan juga pada penciptanya.

Di dalam norma ini, ada sanksi yang berupa hukuman di alam akhirat. Jadi, bisa dikatakan kalau sanksi norma agama tidak langsung diterima pelanggarnya di dunia. Melainkan setelah ia meninggal dunia.

Contoh dari norma agama adalah:

  • Larangan berzina
  • Larangan mencuri
  • Larangan membunuh
  • Melakukan perintah yang ada dalam kitab suci, serta melakukan ibadah sesuai dengan kepercayaan agama masing-masing.

Pengertian Norma Kesopanan

Norma Kesopanan

Pengertian norma kesopanan adalah peraturan yang muncul dari hubungan di antara kelompok masyarakat serta dianggap penting di dalam pergaulan masyarakat.

Norma ini bersumber dari masyarakat sendiri serta memiliki sifat relatif serta berbeda-beda pada berbagai lingkungan serta waktu.

Sanksi bagi pelanggar norma kesopanan bersifat tidak tegas. Bentuknya bisa berupa celaan serta ejekan dari orang lain, serta dikucilkan dari masyarakat.

Contoh dari norma kesopanan adalah:

  • Bertutur kata yang baik dan sopan.
  • Masuk rumah orang lain dengan.
  • Tidak meludah di sembarang tempat.
  • Menghormati orang lain yang lebih tua

Pengertian Norma Menurut Para Ahli

Pengertian Norma Menurut Para Ahli

Supaya Anda lebih paham mengenai pengertian norma, maka silakan merujuk pada pendapat para ahli mengenai definisi norma. Berikut telah kami rangkumkan untuk Anda.

1. Pengertian Norma Menurut E. Ultrecht

Norma adalah semua petunjuk hidup yang mengatur tata tertib dalam suatu masyarakat atau bangsa yang mana peraturan itu diwajibkan untuk ditaati oleh setiap masyarakat, jika ada yang melanggar maka akan ada tindakan dari pemerintah.

2. Pengertian Norma Menurut Isworo Hadi Wiyono

Norma adalah peraturan atau petunjuk hidup yang memberi ancar-ancar perbuatan mana yang boleh dijalankan dan perbuatan mana yang harus dihindari untuk mewujudkan ketertiban dan keteraturan dalam masyarakat.

3. Pengertian Norma Menurut Robert Mz. Lawang

Norma adalah gambaran mengenai apa yang diinginkan baik dan pantas sehingga sejumlah anggapan yang baik dan perlu dihargai sebagaimana mestinya.

4. Pengertian Norma Menurut Antony Giddens

Norma adalah suatu prinsip atau aturan yang konkret, yang seharusnya diperhatikan oleh masyarakat.

5. Pengertian Norma Menurut Soerjono Soekano

Norma adalah suatu perangkat aturan agar hubungan antar manusia di dalam masyarakat terjalin dengan baik.

6. Pengertian Norma Menurut John J. Maconis

Norma adalah aturan-aturan dan harapan-harapan masyarakat yang memandu sebuah perilaku anggota-anggotanya.

Nah, sudah jelaskan mengenai pengertian norma menurut para ahli? Ada 6 pengertian norma menurut para ahlinya loh!

Sudah paham mengenai materi PPKN lainnya:
1. Negara Berkembang

2. Negara Maju
3. Hak dan Kewajiban Warga Negara

Macam-Macam Norma dan Contohnya

Macam-Macam Norma dan Contohnya

Ada beberapa norma yang berlaku di masyarakat. Berikut ulasan lengkapnya:

  1. Norma Agama, contohnya adalah perintah untuk melakukan ibadah, perintah mendalami kitab suci, dilarang berbuat aniaya pada diri sendiri dan orang lain, perintah untuk memperbanyak sedekah, dan sebagainya.
  2. Norma Kesusilaan, contohnya adalah jujur pada orang lain, berlaku adil kepada setiap orang, serta tidak mencuri hak yang dimiliki orang lain.
  3. Norma Kesopanan, contohnya memberikan salam atau menyapa orang lain, bertutur kata baik serta tidak kasar, menghargai orang yang lebih tua.
  4. Norma Hukum, contohnya kewajiban membayar pajak, kendaraan umum yang harus melalui rute khusus, dilarang untuk melakukan tindakan kekerasan.
  5. Norma Kebiasaan, contohnya mandi setiap hari, menggosok gigi, membaca doa sebelum makan, membelikan oleh-oleh pada kerabat dan orang tua, memberikan tip kepada pelayan.

Biasanya ada 4 macam-macam norma yang dipelajari di sekolah. Anda harus bisa menjelaskan jika ada pertanyaan mengenai sebutkan dan jelaskan macam-macam norma!

1. Berdasarkan Sifat

Adapun mengenai penjelasan macam-macam norma berdasarkan sifatnya dibagi menjadi dua, yaitu:

a. Norma Formal

Pengertian norma formal yaitu ketentuan dan aturan dalam kehidupan bermasyarakat serta dibuat oleh lembaga atau institusi yang sifatnya resmi atau formal.

Norma formal memiliki rasa kepercayaan yang lebih tinggi mengenai kemampuannya untuk mengatur kehidupan bermasyarakat.

Hal ini dikarenakan dibuat oleh lembaga-lembaga yang sifatnya formal atau resmi. Contoh norma formal adalah sebagai berikut:

  • Perintah presiden.
  • Konstitusi.
  • Peraturan pemerintah.
  • Surat keputusan, dll.

b. Norma Non Formal

Pengertian norma non formal yaitu ketentuan dan aturan dalam kehidupan bermasyarakat yang tidak diketahui tentang siapa dan bagaimana yang menerangkan mengenai norma tersebut.

Ciri-ciri dari norma non formal adalah tidak tertulis atau jika tertulis hanya sebagai sebuah karya sastra, bukan dalam bentuk aturan yang baku.

Yang mana disertakan dengan pembuat aturan itu sendiri. Norma non formal juga memiliki jumlah yang banyak, ini disebabkan banyak variabel yang terdapat dalam norma non formal.

2. Berdasarkan Daya Pengikatnya

Adapun macam-macam norma berdasarkan daya pengikatnya adalah:

a. Cara (Usage)

Cara (usage) tersebut mengacu pada perbuatan yang lebih menonjolkan pada hubungan yang terjadi antar individu. Penyimpangan pada cara hanya akan mendapat celaan atau ejekan.

Contohnya: Orang yang bersendawa dianggap tidak sopan (padahal ini menandakan rasa kepuasan setelah makan).

b. Kebiasaan (Folkways)

Kebiasaan (folkways) memiliki kekuatan yang sifatnya mengikat yang lebih tinggi dibandingkan dengan cara. Kebiasaan adalah tindakan berulang-ulang.

Contohnya: Kebiasaan menghormati orang yang lebih tua.

c. Tata Kelakuan (Mores)

Apabila kebiasaan tidak semata-mata dianggap sebagai suatu cara dalam berperilaku, namun dapat diterima sebagai norma pengatur, kebiasaan tersebut dapat menjadi tata kelakuan (mores).

Tata kelakuan, di satu pihak dapat memaksakan sebuah tindakan, sedangkan di lain pihak adalah larangan sehingga secara langsung dapat menjadi suatu alat supaya masyarakat menyesuaikan tata kelakuan individu.

d. Adat Istiadat

Tata kelakuan dapat meningkat menjadi sebuah adat istiadat. Contohnya: hukum adat istiadat yang ada di Lampung melarang adanya perceraian suami istri.

Norma terjadi di lingkungan, dan di tiap-tiap lingkungan berbeda mengenai normanya.

e. Hukum (Laws)

Norma hukum adalah sebuah ketentuan hukum dalam mengatur individu di lingkungan masyarakat baik itu tertulis atau tidak tertulis.

f. Norma Mode atau Norma Fashion

Norma fashion yaitu suatu norma yang ada karena hadirnya gaya dan cara anggota masyarakat yang cenderung untuk berubah, bersifat baru, serta diikuti masyarakat.

Norma ini ada hubungannya dengan sandang pangan yang berlaku saat itu yang menghias anggota masyarakat.

Ciri-Ciri Norma

Ciri-Ciri Norma

Anda dapat mengenali norma yang ada di masyarakat dengan memperhatikan karakteristiknya. Ciri-ciri norma adalah sebagai berikut:

  • Norma umumnya tidak tertulis kecuali norma hukum
  • Norma mempunyai sifat yang mengikat serta ada sanksi di dalamnya.
  • Norma adalah kesepakatan bersama para anggota masyarakat
  • Setiap anggota masyarakat wajib untuk menaati norma yang berlaku
  • Setiap anggota masyarakat yang melanggar norma akan dikenakan sanksi
  • Norma bisa mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan dalam masyarakat.

Nah, jelas bukan? Jika ada pertanyaan mengenai sebutkan ciri-ciri norma, kalian harus bisa menjawabnya dengan baik dan benar!

Fungsi Norma

Fungsi Norma

Secara umum, norma memiliki fungsi sebagai pedoman bagi anggota masyarakat dalam berperilaku di tengah masyarakat. Nah, fungsi norma selengkapnya meliputi:

  • Pedoman serta aturan di dalam kehidupan bermasyarakat
  • Menciptakan stabilitas serta keteraturan dalam bermasyarakat
  • Dasar untuk memberikan sanksi pada anggota masyarakat yang melanggarnya
  • Menciptakan keterlibatan serta keadilan di dalam hidup bermasyarakat
  • Membantu masyarakat dalam mencapai tujuan bersama.
  • Standar dari seluruh kategori tingkah laku masyarakat.
  • Dapat menciptakan suasana yang tertib.

Itulah tadi mengenai 5 fungsi norma yang dapat dijelaskan secara baik dan benar pada artikel pengertian norma kali ini. Jika ada pertanyaan sebutkan dan jelaskan fungsi norma, Anda dapat menjawabnya!

Tujuan Norma

Tujuan Norma

Norma mempunyai tujuan yang dapat dirasakan oleh setiap orang yang terlibat di dalam masyarakat.

Tujuan norma adalah sebagai dasar pedoman, arahan, dan juga tata tertib untuk anggota masyarakat yang mana norma ini berlaku supaya tercipta masyarakat yang lebih tenteram.

Dan juga lebih teratur serta terjadi keselarasan untuk setiap anggota masyarakat. Nah, bagaimana? Sudah paham mengenai tujuan dan pengertian norma?

Sangat mudah diingat bukan? Kalau menurut Anda, apa sebenarnya tujuan norma itu sendiri?

Manfaat Norma

Manfaat Norma

Setelah kalian mengetahui penjelasan pengertian norma secara umum ataupun menurut para ahli, Anda harus segera paham mengenai manfaat dari norma.

Adapun manfaat norma untuk masyarakat diantaranya adalah:

  1. Mencegah munculnya perselisihan di dalam masyarakat
  2. Meningkatkan kerukunan antara warga negara
  3. Membatasi perilaku warga supaya tidak menyimpang
  4. Dapat menjadikan manusia menjadi beriman serta bertaqwa
  5. Mengendalikan sikap, perilaku, serta ucapan dengan teguran hati
  6. Terwujudnya ketertiban serta kedamaian di dalam hidup bermasyarakat
  7. Melindungi kepentingan serta hak dari orang lain.

Demikian pembahasan mengenai pengertian norma, semoga bisa dijadikan referensi pelajaran Anda. Dan dapat membantu dalam menyelesaikan pertanyaan Anda mengenai apa itu norma.

Semoga apa yang kami theinsidemag.com sampaikan bermanfaat, terimakasih atas kunjungannya. Ada pertanyaan mengenai pengertian norma secara jelas? Silakan tanyakan di komentar!

Kusuma Hamba Allah pengejar surga yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *