Kusuma Hamba Allah pengejar surga yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Pengertian Seni

4 min read

Pengertian Seni

Pengertian Seni adalah sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan, dan mampu menggugah perasaan orang lain.

Berbicara tentang seni memang selalu menarik tidak pernah membosankan. Pasalnya, Indonesia sendiri merupakan bangsa yang kaya akan ragam kesenian dan budaya.

Hampir setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki seni budaya yang berbeda-beda. Kali ini akan dijelaskan lebih lengkap dan detail tentang pengertian seni, fungsi dan juga macam-macamnya.

Langsung saja, berikut ulasan selengkapnya. Baca dan pahami baik-baik ya!

Pengertian Seni Adalah

Pengertian Seni Adalah

Pengertian seni secara umum adalah segala sesuatu yang diciptakan manusia dan mengandung unsur keindahan yang mampu menggugah dan membangkitkan perasaan orang lain.

Istilah seni ini berasal dari bahasa sanskerta yaitu kata seni yang berarti persembahan, pemujaan dan pelayanan yang erat dengan upacara keagamaan yang disebut dengan kesenian.

Menurut ilmu Eropa, seni berasal dari kata Art yang memiliki arti visual yaitu suatu media yang melakukan suatu kegiatan tertentu.

Menurut Padmapuspita istilah seni berasal dari bahasa Belanda genie atau dalam bahasa lainnya disebut dengan genius yang berarti kemampuan luar biasa sejak lahir.

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Dari banyaknya pengertian seni ini dan perkembangan zaman, para ahli juga mengemukakan pendapatnya tentang definisi seni.

Adapun pengertian seni menurut para ahli adalah sebagai berikut.

Pengertian Seni Menurut Drs. Popo Iskandar

Menurut Drs. Popo Iskandar, seni diartikan sebagai hasil ungkapan emosi yang ingin disampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup berkelompok atau bermasyarakat.


Pengertian Seni Menurut Eric Ariyanto

Menurut Eric, seni merupakan kegiatan rohani atau sebagai aktivitas batin yang direfleksikan atau dituangkan dalam bentuk sebuah karya tertentu yang dapat menggugah dan membangkitkan perasaan orang lain yang mendengar atau melihatnya.


Pengertian Seni Menurut Ira Adriati. M.Sn

Seni adalah proses dan produk dari memilih medium dan juga suatu set peraturan untuk penggunaan medium itu dan suatu set nilai-nilai yang menentukan ekspresi apa yang pantas dan lugas melalui medium itu, untuk menyampaikan gagasan, kepercayaan, perasaan atau sensasi secara efektif dengan menggunakan medium itu.


Pengertian Seni Menurut James Murko

Menurut James, seni adalah suatu penjelasan rasa yang indah yang ada dalam setiap jiwa manusia yang dilahirkan atau dikemukakan dengan perantara alat komunikasi ke dalam bentuk yang dianggap menarik oleh indera penglihatan dan indera pendengaran atau dilahirkan dengan perantaraan gerakan.


Pengertian Seni Menurut Leo Tolstoy

Seni adalah ungkapan perasaan dari pencipta seni yang disampaikan kepada orang lain agar orang lain yang mendengar atau melihatnya dapat merasakan juga apa yang dirasakan oleh pencipta tersebut.


Pengertian Seni Menurut Hilary Bel

Seni diartikan sebagai suatu istilah yang digunakan untuk semua jenis karya yang dengannya itu dapat menggugah hati untuk mencari tahu siapa penciptanya.


Pengertian Seni Menurut Immanuel Kant

Seni adalah sebuah impian karena rumus-rumus yang tidak dapat mengusahakan kenyataan.


Pengertian Seni Menurut Ki Hajar Dewantara

Bapak Pendidikan Ki Hajar Dewantara juga mengemukakan pendapatnya tentang pengertian seni. Seni diartikan sebagai hasil keindahan yang dapat menggerakkan perasaan indah orang lain yang melihatnya, oleh karena itu perbuatan manusia yang dapat mempengaruhi dapat menimbulkan perasaan indah itu seni.


Pengertian Seni Menurut Alexander Baum Garton

Seni diartikan sebagai suatu wadah keindahan dan seni juga sebagai tujuan yang bernilai positif dan dapat menjadikan penikmat merasa bahagia saat melihat atau mendengarnya.


Pengertian Seni Menurut Sudarmaji

Seni merupakan segala manifestasi batin serta pengalaman estetis dengan menggunakan dua garis, bidang, warna, volume, tekstur, dan juga gelap terang.


Pengertian Seni Menurut Aristoteles

Seni adalah suatu bentuk yang penampilan dan pengungkapannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan dan seni itu meniru alam.

Fungsi Seni

Fungsi Seni

Setelah dijelaskan tentang pengertian seni secara umum dan juga pengertian seni menurut beberapa ahli, selanjutnya berikut informasi tentang fungsi dari seni itu sendiri.

Fungsi seni ini dikelompokan menjadi dua, yaitu fungsi untuk individu dan juga fungsi seni sosial. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut.

1. Fungsi Individu

Fungsi seni individu maksudnya adalah seni ini bermanfaat untuk kebutuhan personal individu itu sendiri.

Fungsi individu ini dibagi menjadi dua yaitu fungsi pemenuhan kebutuhan fisik dan fungsi pemenuhan kebutuhan emosional.

a. Fungsi Seni Pemenuhan Kebutuhan Fisik

Pada dasarnya manusia merupakan makhluk homofaber yang memiliki kemampuan kecakapan untuk apresiasi pada suatu keindahan dan juga pemakaian benda-benda.

Seni terapan mengacu sebagai pemuas pemenuhan kebutuhan fisik sehingga segi kenyamanan menjadi suatu hal yang penting.

b. Fungsi Seni Pemenuhan Emosional

Manusia memiliki sifat yang beragam antara manusia satu dengan manusia yang lain. Dalam hal ini, pengalaman hidup seseorang sangat mempengaruhi perasaan atau sisi emosionalnya.

Untuk memenuhi kebutuhan emosional, manusia membutuhkan dorongan dari luar yang sifatnya menyenangkan, memuaskan kebutuhan batinnya.

2. Fungsi Sosial

Fungsi sosial merupakan fungsi seni yang bermanfaat sebagai pemenuhan kebutuhan sosial suatu individu. Terdapat beberapa macam fungsi sosial dari seni yaitu sebagai berikut:

  • Fungsi religi yaitu karya seni sebagai pesan religi atau nilai-nilai keagamaan.
  • Fungsi pendidikan yaitu karya seni sebagai media untuk menyampaikan pendidikan tertentu.
  • Fungsi komunikasi yaitu karya seni digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi.
  • Fungsi rekreasi yaitu fungsi utama seni untuk menghibur seseorang atau kelompok yang menikmatinya
  • Fungsi artistik yaitu seni sebagai media untuk mengekspresikan jiwa seniman dengan menyajikan dan menuangkannya dalam bentuk suatu karya yang bermanfaat untuk orang lain.
  • Fungsi guna yaitu seni dibuat tanpa memperhitungkan kegunaannya kecuali sebagai media ekspresi jiwa saja.
  • Fungsi kesehatan yaitu seni bermanfaat sebagai pengobatan gangguan psikis ataupun sebagai terapi musik

Macam-Macam Seni

Macam-Macam Seni

Seni terbagi ke dalam lima cabang, macam macam seni  yaitu sebagai berikut.

1. Seni Rupa

Seni rupa adalah salah satu cabang kesenian dimana mempunyai wujud pasti dan memanfaatkan unsur rupa.

Kompetensi dasar yang harus memiliki dalam bidang seni rupa meliputi kemampuan memahami dan berkarya lukis, kemampuan memahami dan membuat atau memahat patung.

Kemampuan memahami dan membuat karya grafis, kemampuan memahami dan membuat kerajinan tangan/hand crafting, serta keahlian memahami dan berkarya atau membuat sarana multimedia.

Terminologi ini ditetapkan sebagai dasar kecakapan seseorang yang mampu menguasai bidang kerupawanan. Seni rupa sudah mengakar mulai zaman animisme dan dinamisme sampai jaman melenium.

Seni rupa merupakan salah satu bagian dari cabang seni yang secara performa dapat mempresentasikan wujud yang tampak mata.

Ilusi tentang wujud dapat diserap dan dirasakan ke dalam berbagai klasifikasi bentuk seperti telah disebut sebelumnya.

Representasi berbagai bentuk seni rupa sudah dipertimbangkan secara sinergis melalui berbagai perhelatan media yang digunakan sebagai dasar dari perwujudan rupa.

Secar kontekstual seni rupa adalah wujud mediasi bentuk tampak mata yang dekat ke arah bentuk gambar, lukis, patung, kerajinan tangan kriya dan multimedia yang berhubungan dengan unsur cabang kesenian.

2. Seni Teater

Seni teater yaitu bagian dari integral kesenian bermedia ungkap wujud pemeran dan suara.

Seni teater juga sebagai bagian dari integral kesenian untuk memiliki media ungkap suara dalam wujud seni peran.

Cara atau teknik ini lebih mengutamakan terciptanya casting, pembawaan, diksi, intonasi, pengaturan laring dan faring secara konsisten adalah bagian yang sangat penting dari profesionalitas profesi yang harus dimiliki.

3. Seni Musik

Unsur bunyi merupakan unsur utama dari seni musik ini sedangkan unsur lain berupa melodi, harmoni dan juga notasi.

Seni musik adalah hasil ciptaan manusia yang menghasilkan bunyi harmoni dan ritme yang indah bagi orang yang mendengarnya.

4. Seni Tari

Seni tari adalah hasil buah karya manusia yang menyajikan gerak tubuh indah untuk dapat dinikmati.

Tari adalah gerakan halus yang memiliki unsur estetis. Gerak dalam tari memiliki makna tertentu dari koreografer. Keindahan seni tari terletak pada kepuasan dan kebahagiaan dari para penonton maupun penari.

Keahlian yang dibutuhkan dalam menari meliputi keahlian dalam menari tradisional ataupun tari garapan/modern.

5. Seni Sastra

Seni sastra yaitu sebagai hasil dari daya kreasi manusia yang dinikmati dari segi visual dan dari makna yang dimilikinya.

Seni sastra menggambarkan keindahan dalam bentuk kata-kata, baik dalam bentuk suara ataupun dalam bentuk tulisan.

Itulah informasi terlengkap tentang seni, mulai dari pengertian seni secara umum, pengertian seni menurut beberapa ahli, fungsi seni itu sendiri dan juga macam-macamnya.

Lengkap sudah pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat! Terimakasih telah berkunjung ke theinsidemag.com salam sukses!

Kusuma Hamba Allah pengejar surga yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *