Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Pengertian Slogan

6 min read

Pengertian Slogan

Pengertian Slogan adalah motto yang dipakai pada konteks politik, komersil, agama dan lainnya sebagai bentuk ekspresi ide atau tujuan yang mudah diingat. Apa slogan agama hidup Anda?

Fyi, kata “slogan” berasal dari bahasa Gaelik, slaugh-ghairm yang berarti adalah “teriakan bertempur”. Slogan sendiri banyak digunakan untuk menyeru sebuah tujuan.

Mungkin Anda pernah membaca kalimat “Katakan tidak pada narkoba”, atau “Kebersihan itu sebagian dari iman” yang sebenarnya bukan sekedar kalimat biasa namun masuk kategori slogan.

Lantas apa sebenarnya pengertian slogan dan apa saja yang dibutuhkan dalam membuat sebuah slogan yang benar? Informasi lengkapnya berikut ini hanya untuk Anda.

Banyak yang bingung tentang slogan, poster, dan iklan, karena perbedaannya sangat tipis. Padahal ketiga jenis tersebut memiliki pengertian, struktur hingga tujuan yang berbeda.

Hanya saja penulisannya terkadang sama yaitu mengandung unsur ajakan dan promosi. Jika dikaji lebih dalam, slogan punya keunikan sendiri.

Pengertian Slogan

Pengertian Slogan

Mari kita mulai dengan memahami apa sebenarnya slogan tersebut. Lalu apa sih pengertian slogan itu?

Slogan adalah sebuah rangkaian kata singkat, padat, unik dan menarik berbentuk semboyan atau motto yang disampaikan agar dapat dipahami oleh semua lapisan masyarakat yang membaca atau kalangan tertentu saja.

Lalu ada juga yang mengungkapkan bahwa slogan punya arti sebagai kalimat pendek yang mudah dikenali dan diingat, didengar dan dibaca sebagai upaya untuk memberikan sebuah informasi penting tentang suatu hal, baik itu pengumuman, himbauan, larangan atau promosi.

Loading...

Tapi sependek apapun sebuah slogan, maknanya pasti sangat dalam dan berhubungan langsung dengan kehidupan.

Pengertian Slogan Menurut Para Ahli

Pengertian Slogan Menurut Para Ahli

Dalam dunia bahasa, para ahli memiliki pendapat tentang pengertian dari slogan. Inilah pengertian slogan menurut para ahli masing-masing.

Sukini menjelaskan bahwa menurutnya pengertian slogan merupakan kalimat yang singkat dan memiliki sifat mengajak atau persuasif dan disusun sebagai sebuah kalimat khusus.

Sedangkan Jusuf Sjarif Badudu mengatakan pengertian slogan adalah serangkai kalimat yang pendek dengan bunyi serta arti yang mudah untuk diingat dan pastinya menarik.

Ahli lain yaitu Alwi menjabarkan bahwa pengertian slogan merupakan kalimat pendek yang dibuat dengan sangat mencolok dan menarik serta pastinya bisa dengan mudah diingat dengan tujuan memperjelas sebuah ideologi, partai politik atau sebuah organisasi.

Pengertian slogan menurut Alwi ini banyak dikutip karena memiliki penjabaran yang sangat kompleks dan lengkap.

Sedangkan Anton Moedardo Moeliono mengatakan pengertian slogan sebagai perkataan pendek menarik, mudah untuk diingat dan mencolok untuk menjabarkan sebuah tujuan dari media. Media yang dimaksud bisa jadi adalah organisasi, lembaga, atau media lainnya.

Dan terakhir pengertian slogan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ialah kalimat yang tergolong pendek, menarik maupun mencolok dan mudah untuk dikenali sebagai upaya menyampaikan suatu hal yang berkaitan dengan organisasi, partai, ideology sebuah golongan dan kelompok lainnya.

Ciri-Ciri Slogan

Ciri-Ciri Slogan

Ada tiga ciri umum dari sebuah slogan yang baik yaitu :

  • Sebuah slogan bisa dibuat dengan bentuk kalimat, atau motto, bisa juga klausa atau sebuah frase yang mengandung arti tertentu yang fokus pada sebuah tujuan slogan.
  • Slogan dibuat dengan susunan kata yang sangat gampang untuk diingat, serta pemilihan katanya sangat menarik. Berbeda dengan iklan atau poster yang penggunaan katanya lebih banyak dan variatif.
  • Slogan juga bisa berbentuk sebuah semboyan dari organisasi tertentu atau sebuah kelompok yang ada di masyarakat. Karena kebanyakan slogan memang digunakan oleh kelompok masyarakat untuk tujuan tertentu.

Bagaimana? Apakah sudah paham mengenai ciri-ciri slogan diatas? Semoga selalu memahami mengenai ciri-ciri slogan ya 🙂

Sudah baca pengertian puisi belum?

Fungsi Slogan

Fungsi Slogan

Slogan memiliki beberapa fungsi penting yaitu:

  1. Meningkatkan semangat siapa saja yang membacanya. Contohnya slogan tentang kesehatan “Ayo olahraga agar harimu penuh arti”
  2. Menjadi motivasi dalam menjalankan aktivitas keseharian atau mencapai tujuan hidup tertentu.
  3. Sebagai sarana untuk mendidik pembacanya, karena slogan pasti memiliki makna penting walaupun hanya berupa kalimat pendek.
  4. Sebagai propaganda dunia politik yang biasanya digunakan saat kampanye atau pemilihan wakil rakyat hingga presiden.
  5. Mempengaruhi siapa saja untuk melakukan sesuatu yang dianjurkan dalam sebuah slogan, atau menghindari sesuatu yang dilarang dalam sebuah slogan.

Struktur Slogan

Struktur Slogan

Untuk membuat sebuah slogan yang utuh dibutuhkan beberapa struktur pendukung yaitu:

  1. Terdiri dari tiga hingga sepuluh kata yang dirangkai dalam sebuah kalimat
  2. Memiliki makna yang jelas, bukan hanya sebuah kalimat biasa
  3. Memiliki tujuan nyata dalam pembuatannya
  4. Memiliki target audiens atau pembaca
  5. Menggunakan jenis kalimat persuasif.

Syarat Slogan

Syarat Slogan

Ada empat syarat utama sebuah slogan yaitu jelas, padat, mengajak, dan memikat, berikut ini penjelasan detilnya.

1. Jelas

Sesuai dengan pengertian slogan yang merupakan kalimat pendek, harus ada kejelasan hubungan antara kalimat yang dipakai dengan objek baik itu produk, sikap, atau apapun yang jadi fokus slogan.

Contoh slogan listrik “hemat energi, hemat biaya” yang jelas hubungan antar katanya yaitu ketika energi listrik dihemat pemakaiannya makan biaya listrik juga akan hemat.

2. Padat

Tak perlu kalimat panjang dalam menginterpretasikan sebuah tujuan slogan. Cukup beberapa kata tapi padat makna dan mudah diingat siapapun yang membacanya.

Contoh yang jelas seperti slogan televisi “RCTI oke” walau hanya dua kata tapi maknanya sangat luas. Atau slogan kopi Kapal Api “Jelas lebih enak” juga singkat tapi padat maknanya.

3. Mengajak

Dalam sebuah slogan disarankan untuk selalu menggunakan kalimat mengajak atau membujuk siapa saja yang membacanya. Karena slogan memiliki tujuan agar seseorang menjadi bagian dari slogan tersebut.

4. Memikat

Penggunaan ungkapan, majas atau rima diperlukan dalam membuat sebuah slogan yang baik.

Dengan demikian orang yang membaca atau mendengar akan semakin tertarik dan terpengaruh untuk melakukan apa yang diinginkan dari slogan yang dibuat tersebut.

Belajar lagi materi Bahasa Indonesia yuk 🙂

Ciri Kebahasaan Slogan

Ciri Kebahasaan Slogan

Untuk membedakan slogan, poster atau iklan, ada ciri kebahasaan yang jadi penandanya. Untuk slogan memiliki tiga ciri yang sangat jelas yaitu :

1. Menggunakan Kalimat Mengajak

Dalam sebuah slogan biasanya digunakan kalimat ajakan untuk orang lain ikut dalam tujuan slogan tersebut. baik itu ikut melakukan sesuatu, menghindari sesuatu, atau membeli sesuatu.

Contohnya adalah “Mari selamatkan bumi!”

2. Bahasa Yang Digunakan Komunikatif

Penggunaan bahasa dalam sebuah slogan biasanya sangat mudah dipahami siapa saja baik dari anak kecil hingga orang dewasa.

Contohnya adalah “Cegah malas dengan belajar”.

3. Subjek Orang Pertama

Untuk lebih mendekatkan diri dengan pembaca, slogan biasanya menggunakan kata ganti orang pertama. Baik untuk kata ganti organisasi, orang, atau instansi manapun yang jadi pemilik slogan.

Contohnya adalah “Kami ada untuk Anda”.

Unsur-Unsur Slogan

Unsur-Unsur Slogan

Tiga unsur penting dalam sebuah slogan yaitu:

  • Ada kalimat yang terdiri dari beberapa kata penting yang saling berhubungan.
  • Gaya bahasa persuasif yang digunakan untuk menggaet pembaca.
  • Ada tujuan yang jelas dari slogan tersebut.

Langkah-Langkah Membuat Slogan

Langkah-Langkah Membuat Slogan

Untuk membuat sebuah slogan yang bermutu, Anda harus melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Menentukan apa objek dari pembuatan slogan tersebut. Contohnya objeknya adalah bumi, hutan, narkoba, pendidikan, ikan, atau apapun. Sehingga jelas nantinya langkah selanjutnya yang akan dilakukan. Karena objek ini merupakan hal paling utama dalam proses pembuatan sebuah slogan yang berkualitas.
  2. Kemudian Anda harus memikirkan semua sisi unik dan khusus dari objek tersebut yang nantinya bisa dijadikan poin penting pemilihan kata-kata slogan. Contohnya keunikan dari ikan terletak pada siripnya, kemampuannya berenang dan lain sebagainya.
  3. Setelah membuat daftar keistimewaan dari objek tersebut saatnya kamu untuk memilih hal mana yang paling menarik untuk dijadikan inti dari slogan. Contohnya keunikan hutan adalah banyak jenis pohon, atau keunikan kopi merek tertentu adalah pengolahannya yang berbeda.
  4. Saatnya mencari majas, atau ungkapan yang menarik terkait dengan keistimewaan dari objek slogan Anda, sehingga didapatkan sebuah kalimat atau beberapa kata yang bisa dipakai untuk menjadi slogan. Jika kamu kesulitan bisa mencari contoh melalui internet atau berdiskusi dengan orang yang mengerti kaidah bahasa.
  5. Rangkai kata demi kata dengan sangat hati-hati dan memasukkan unsure persuasif, menarik dan mudah dipahami siapa saja. Anda harus memiliki beberapa pilihan slogan untuk dijadikan perbandingan sebelum memutuskan memilih yang mana.

Sudah jelas bukan? Jika sudah memahami langkah-langkah dalam membuat slogan tentunya juga memahami pengertian atau definisi slogan.

Baca juga teks iklan itu seperti apa?

Contoh Slogan Beserta Maknanya

Contoh Slogan Beserta Maknanya

Adapun beberapa contoh slogan adalah sebagai berikut:

1. Slogan Pendidikan

Slogan di bidang pendidikan contohnya adalah :

“Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa”

Dimana slogan ini yang memiliki makna bahwa guru memberikan ilmunya tanpa pamrih kepada murid hingga sang murid berhasil menjadi orang hebat.

Kemudian ada juga slogan pendidikan lainnya :

“Raih mimpi setinggi langit biru”

Bermakna bahwa siapa saja bisa memiliki mimpi setinggi mungkin, namun belajar semaksimal mungkin adalah cara meraihnya.

Contoh lainnya dari slogan tema pendidikan adalah :

“Pendidikan lebih penting dari apapun”

Artinya siapa saja harus memiliki pendidikan setinggi mungkin, karena pendidikan sangat penting untuk menjalani hidup.

Lalu ada juga slogan pendidikan:

“Bacalah buku agar pikiran terbuka luas,”

Maknanya dengan membaca buku banyak hal baru yang didapat dan akan menambah wawasan.

2. Slogan Kesehatan

Ada juga contoh slogan bertema kesehatan seperti :

“Kesehatan itu mahal harganya”

Yang bermakna bahwa semua orang harus menjaga kesehatannya dengan menerapkan pola hidup sehat, sebab ketika sakit akan banyak biaya yang keluar dan pastinya akan mengganggu aktivitas.

Ada juga slogan tema kesehatan lainnya:

“Umur boleh tua tapi jiwa harus muda”

Artinya setua apapun seseorang selama sehat bisa melakukan apa saja.

3. Slogan Lingkungan

Contoh slogan bertema lingkungan diantaranya:

“Mari hijaukan bumi”

Artinya masyarakat harus banyak menanam pohon agar bumi asri dan udara tetap sehat untuk dihirup.

Lalu ada juga contoh:

“Selamatkan hutan dari keserakahan manusia”

Yang memiliki makna bahwa Anda harus ikut meminimalisir penebangan hutan yang hanya akan merusak ekosistem alam dan membuat bumi tidak sehat lagi.

4. Slogan Agama

Contoh slogan bertema agama adalah:

“Bersedekah agar hati lapang”

Yang maknanya adalah bahwa sedekah itu akan membuat hidup terasa lebih baik tanpa banyak masalah.

5. Slogan Anti Narkoba

Lalu ada contoh slogan anti narkoba yaitu:

“Narkoba adalah musuh terselubung”

Artinya narkoba itu sangat berbahaya karena bisa merusak kehidupan tanpa disadari oleh penggunannya.

6. Slogan Tentang Waktu

Berikutnya adalah slogan tentang waktu yaitu:

“Waktu adalah uang”

Artinya adalah Anda harus bisa memanfaatkan waktu semaksimal mungkin agar tidak rugi, ini juga dipakai untuk memastikan orang menepati janji sesuai waktu yang sudah ditentukan.

7. Slogan Tentang Negara

Contoh slogan tentang negara adalah:

“Cintai negara seperti diri sendiri”

Artinya berbuat yang terbaik untuk negara seperti Anda memperlakukan diri sendiri.

8. Slogan Produk

Slogan produk digunakan untuk meningkatkan penjualan suatu produk. Contoh slogan produk adalah:

  • KFC, Jagonya Ayam…!!
  • Teh Javana, Citarasa teh Indonesia.
  • Santai belum lengkap tanpa silverqueen.
  • Aku dan kau suka dancow.
  • Sasa santan, aslinya santan.
  • Orang pintar, minum tolak angin.
  • Rambut sehat, rambut ellips.

Keberadaan slogan memang sangat lekat dengan kehidupan masyarakat, di berbagai sudut jalan pasti ditemukan slogan yang dipakai berbagai pihak untuk menyampaikan misi tertentu.

Dengan mengetahui semua tentang slogan mulai dari pengertian slogan hingga cara membuat slogan yang benar setidaknya saat Anda memerlukannya untuk kebutuhan apapun akan lebih gampang membuatnya.

Itulah materi lengkap mengenai pengertian slogan dan contohnya dari kami theinsidemag.com semoga bermanfaat kedepannya!

Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *