Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Renang Gaya Dada

5 min read

Renang Gaya Dada

Renang Gaya Dada adalah salah satu teknik gaya renang yang sangat populer dalam olahraga air ini. Adapun, banyaknya gaya yang dimiliki, gaya ini masih jadi salah satu hal yang populer.

Renang ini adalah yang paling diajarkan kepada pemula, memang ini lumayan mudah untuk dilakukan pemula. Suka renang dan mau mempelajari lebih jauh?

Baca-baca lagi tahapan, teknik dan kelebihan dari renang di bawah ini. Karena, tentunya akan menambah wawasan Anda dan memperbaiki cara Anda dalam berenang.

Pengertian Renang Gaya Dada

Pengertian Renang Gaya Dada

Renang gaya dada merupakan salah satu gaya berenang yang umum dilakukan, renang ini juga bisa disebut dengan renang gaya katak.

Disebut dengan gaya katak bukanlah tanpa alasan, mengingat renang tersebut memiliki gaya menyerupai hewan katak.

Renang gaya dada dilakukan dengan menggunakan tangan dan kaki untuk bergerak, sedangkan dada menghadap ke permukaan air bertujuan untuk menimbulkan daya apung.

Renang ini cenderung lebih mudah dilakukan dari pada gaya renang lainnya.

Sejarah Renang Gaya Dada

Sejarah Renang Gaya Dada

Renang gaya dada konon sudah ada sejak zaman batu, hal ini dibuktikan dengan adanya ukiran-ukiran yang ada di batu purbakala. Salah satunya yang digambarkan dalam lukisan di Gua Perenang, Mesir barat daya.

Loading...

Dimana mereka berenang menggunakan kaki meniru gaya seekor katak, dalam prasasti di Babilonia kuno terdapat lukisan tersebut. Dibuat oleh orang Assyiria.

Sekitar tahun 1538, profesor ilmu bahasa dari Jerman bernama Nicolas Wunman menerbitkan buku berenang yang pertama, Colymbetes.

Tujuannya untuk mengurangi resiko bahaya tenggelam. Di buku tersebut berisikan cara belajar berenang dengan gaya dada atau gaya katak.

Pada tahun 1969, pengaran Perancis Melchisedech Thevenot menulis buku The Art of Swimming yang menjelaskan berenang gaya dada. Salah seorang pembacanya adalah Benjamin Franklin.

Adapun kejuaraan renang dimulai di Eropa sekitar tahun 1800. Sebagian, perenang memakai gaya dada. Dalam lomba renang tahun 1844 di London, sejumlah perenang suku Indian ikut serta di dalamnya.

Perenang Inggris menggunakan gaya dada, sementara perenang suku Indian menggunakan gaya bebas. Sampai pada tahun 1873, orang Inggris lebih senang berenang gaya dada.

Semakin berkembangnya zaman kini renang gaya dada menjadi salah satu gaya yang populer untuk digunakan, hal ini tidak lepas dari mudahnya melakukan gaya ini dan cenderung lebih cepat dalam berenang.

Sehingga gaya dada sering digunakan untuk perlombaan berenang di berbagai olimpiade.

Pada tahun 1875, Kapten Matthew Webb berhasil mencatatkan diri sebagai orang pertama yang berenang menyeberangi Selat Inggris.

Selat selebar 34,21 Km itu diseberanginya dengan berenang gaya dada selama 21 jam 45 menit. Olimpiade St. Louis 1904 adalah Olimpiade yang pertama kali mempertandingkan nomor gaya dada secara terpisah.

Untuk jarak 440 yard (402 M). Pada waktu itu diperlombakan nomor gaya dada, gaya punggung, dan gaya bebas.

Teknik Renang Gaya Dada

Teknik Renang Gaya Dada

Teknik renang yang harus Anda tahu adalah di bawah ini :

1. Teknik Meluncur

Dalam berenang gaya dada terdapat beberapa tahapan atau teknik yang harus diketahui, hal ini akan membuat berenang lebih mudah dan juga lebih efektif.

Teknik yang pertama yaitu teknik meluncur, teknik tersebut digunakan saat pertama kali masuk ke dalam air.

Dengan teknik meluncur yang baik maka saat berenang akan memiliki gaya dorong yang kuat dan berenangpun bisa lebih cepat.

Posisi pertama yang dilakukan adalah berdiri di tepi kolam renang, lalu mendorong tubuh ke arah depan menggunakan kaki.

Setelah itu usahakan tubuh sejajar di permukaan air dengan tangan mengarah ke depan, ikutilah gaya dorong tersebut dengan sedikit gerakan kaki.

Sehingga anda akan mendapatkan teknik meluncur yang bisa sangat cepat.

2. Teknik Gerakan Tangan

Teknik gerakan tangan adalah teknik yang sangat penting untuk diperhatikan, dimana gerakan ini dibutuhkan untuk menjadi gaya dorong sekaligus berguna untuk menjadi daya apung.

Gerakan tangan tersebut dilakukan dengan cara mengayunkan tangan dari samping ke arah depan, lalu tarik kembali ke arah dada sehingga menimbulkan dorongan serta kepala bisa terangkat di atas permukaan air.

Untuk belajar pada pertama kalinya anda bisa menggunakan papan seluncur sebagai alat bantu, dengan papan seluncur ini anda bisa melatih gerakan tangan yang baik dan benar.

Perlu diperhatikan juga bahwa teknik gerakan tangan yang benar adalah dapat membuat tubuh seimbang di permukaan air.

3. Teknik Gerakan Kaki

Gerakan berikutnya yaitu teknik gerakan kaki, dimana teknik ini adalah teknik yang paling penting untuk dipelajari.

Teknik gerakan kaki yang baik bisa membuat kecepatan berenang semakin kencang, sehingga menjadi salah satu faktor penentu bagi seorang atlet renang gaya dada atau gaya katak tersebut.

Pertama yang harus dilakukan adalah dengan meluruskan kaki saat meluncur, setelah dorongan dari teknik meluncur melemah lakukanlah teknik gerakan kaki.

Lebarkan kaki menyerupai katak lalu doronglah ke arah belakang dengan kekuatan maksimal, ulang terus menerus hingga kaki menjadi lebih lentur dan juga bisa lebih fleksibel.

4. Teknik Bernapas

Bernapas dengan baik juga sangat penting dalam melakukan renang gaya dada ini, mengambil napas yang benar adalah saat menarik tangan sehingga kepala terangkat hingga di atas permukaan air.

Saat tersebut merupakan waktu yang tepat untuk menarik napas, usahakan menarik napas dengan panjang agar dorongan berikutnya kekuatan bisa lebih kuat.

Dalam menarik napas hadapkan kepala ke arah permukaan air, hal ini akan mempermudah untuk menarik napas dan juga untuk melakukan gerakan selanjutnya.

Hindarilah menghadapkan wajah ke arah depan atau ke atas, hal ini akan membebani leher terlalu keras sehingga akan menimbulkan sakit pada leher.

Kelebihan Renang Gaya Dada

Kelebihan Renang Gaya Dada

Dalam melakukan olahraga, banyak hal yang akan menjadi keuntungan. Kelebihan dari renang adalah bonus ketika Anda menyukai olahraga ini.

Jadi, apa sajakah kelebihan renang gaya dada? Simak beberapa kelebihan di bawah ini :

1. Lebih Mudah Dilakukan

Renang gaya dada merupakan salah satu gaya renang yang sering dipakai, hal ini tidak lepas dari keunggulan yang dimiliki oleh renang gaya dada tersebut.

Salah satu kelebihan dari renang ini adalah dapat dengan mudah dilakukan, dimana renang gaya dada cenderung lebih mudah dari pada gaya renang lainnya.

Walaupun terdapat beberapa teknik yang harus dipelajari, namun jika dilakukan dengan benar sebenarnya renang tersebut sangat mudah untuk dipelajari.

Selain itu renang gaya dada juga tidak memerlukan tenaga yang besar, sehingga cocok untuk digunakan oleh semua kalangan.

2. Membentuk Tubuh

Kelebihan selanjutnya adalah dapat membentuk tubuh dengan baik, terutama bagian dada, otot tangan, dan otot paha.

Pastinya bila melakukan renang gaya dada secara rutin dapat membentuk tubuh menjadi lebih atletik, apalagi dibarengi dengan pola makan yang sehat untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

Namun jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan renang gaya dada.

Selain bertujuan untuk keselamatan dengan melakukan pemanasan yang baik akan mempermudah untuk membentuk tubuh.

Hal ini dikarenakan otot yang sudah lentur dengan pemanasan akan lebih mudah untuk lebih ideal lagi.

3. Baik Bagi Kesehatan

Berenang memang merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat dianjurkan, hal ini disebabkan renang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Terutama renang dengan menggunakan gaya dada, dimana sistem pernapasan akan lebih teratur dan juga lebih lancar.

Tentunya dengan latihan napas akan membuat kesehatan lebih meningkat, terutama paru-paru, jantung, dan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Renang Gaya Dada

Manfaat Renang Gaya Dada

Renang dengan teknik gaya dada, rupanya menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat berikut ini akan dirasakan apabila Anda melakukan gerakannya dengan benar.

1. Menurunkan Berat Badan

Obesitas adalah hal yang paling menakutkan untuk manusia, apalagi untuk kaum hawa. Jika melakukan gerakan renang secara teratur dan konsisten, maka ini akan menjadi solusi bagi Anda.

Gerakan gaya dada sendiri akan langsung membuat seluruh anggota badan bergerak. Dengan demikian, kalori pun akan perlahan terbakar dan menjadi energi. Lemak akan luntur dengan mudah dan cepat.

2. Menurunkan Gula Darah

Dengan teknik gaya dada, tidak hanya dilakukan untuk kegiatan renang santai, namun apabila ingin menurunkan gula darah yang tinggi Anda dapat melakukan gerakan ini.

Penderita diabetes, olahraga renang gaya dada mampu membuat metabolisme tubuh meningkat dan sekaligus juga peredaran darah yang semakin lancar.

Untuk mengatasi diabetes atau menurunkan kadar gula darah tinggi, rajin-rajinlah melakukan olahraga renang gaya dada.

Tidak harus setiap hari, seminggu 2 kali saja sudah lebih dari cukup apabila dilakukan secara rutin. Efek baik tentunya akan terjadi pada kadar gula darah yang terlalu tinggi

3. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi dalam tubuh, khususnya kolesterol jahat mampu meningkatkan resiko penyakit jantung. Dengan melakukan olahraga seperti renang, salah satunya dengan teknik gaya dada dapat mengurangi kolesterol.

Ingat, bahwa kolesterol ini kerap kali ada hubungannya dengan obesitas, dimana pada intinya renang ini dapat menurunkan berat badan serta membasmi kolesterol yang naik.

4. Menghilangkan Stress

Dalam sebuah pekerjaan, manajemen yang terlalu monoton atau kegiatan lain yang membuat otak menjadi tidak bersahabat akan menimbulkan stress yang berlebih.

Salah satu obat alami menghilangkan stress adalah dengan melakukan olahraga renang dengan teknik gaya dada. Ini bekerja secara alami dan aman.

Begitu seluruh tubuh sudah masuk ke dalam air dan terkena percikan yang membuat badan segar, stress itu akan hilang seketika.

Selain itu gerakannya yang agresif akan membuat tubuh sering bergerak, hal tersebut juga sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Sekian dari theinsidemag.com semoga bermanfaat!

Terimakasih telah berkunjung, semoga dapat memahami semua materinya dan dapat di praktekan dengan baik dan benar. Salam olahraga dan salam sukses!

Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Sejarah Bola Voli

Kusuma
3 min read

Sejarah Bola Basket

Kusuma
3 min read

Sejarah Tolak Peluru

Kusuma
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *