Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Rumah Adat Sumatera Barat

3 min read

Rumah Adat Sumatera Barat

Rumah Adat Sumatera Barat merupakan kekayaan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Sumatera Barat. Salah satu contohnya adalah Rumah Baanjuang.

Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi yang terletak di Pulau Sumatera, dimana daerah ini memiliki adat Minangkabau yang masih sangat kental.

Hal ini bisa dilihat dari beberapa adat yang masih dijaga dengan sangat baik, salah satunya adalah Rumah Adat Sumatera Barat yang menggunakan adat Minangkabau tersebut.

Rumah adat Sumatera Barat sendiri memiliki bentuk dan karakteristik yang sangat unik, setiap bentuk dan bagiannya mempunyai filosofis tersendiri.

Selain itu rumah adat ini juga dibuat dengan tujuan dan fungsi tertentu, seperti acara adat istiadat, musyawarah desa, ataupun kegiatan penting lainnya.

Sejarah Rumah Adat Sumatera Barat

Sejarah Rumah Adat Sumatera Barat

Minangkabau adalah adat asli yang dimiliki oleh Sumatera Barat.

Dimana, rumah adatnya dapat di golongkan menjadi dua jenis yaitu Rumah Adat Gadang dan Rumah Adat Godang atau Gonjong.

Kedua arsitektur rumah tersebut memang sedikit berbeda, namun tetap memiliki bagian yang sama berdasarkan tujuan dan fungsinya.

Asal-usul rumah gadang yang ada di Sumatera Barat ini konon dibuat menyerupai sebuah kapal laut.

Loading...

Ciri khasnya adalah bagian atap yang melengkung ke atas seperti tanduk kerbau.

Bentuk tersebutlah yang membuatnya disebut dengan Bagonjong dan Baanjuang.

Bentuk atap yang mirip dengan tanduk kerbau diyakini berkaitan dengan cerita “Tambo Alam Minangkabau”.

Konon masyarakat minang atau Sumatera Barat melakukan adu kerbau dengan rakyat Jawa di masa itu.

Adu kerbau tersebutlah yang membuat suku minang sering menjadikan tanduk kerbau sebagai bagian dari adat mereka.

Arsitektur Rumah Adat Sumatera Barat

Arsitektur Rumah Adat Sumatera Barat

Arsitekturnya yang unik adalah ciri khas dari rumah adat Sumatera Barat ini, bagian ruangan utamanya berbentuk persegi panjang dengan pintu masuk di bagian tengah.

Sedangkan bagian atapnya seperti bertingkat dan melengkung menyerupai tanduk kerbau, rumah ini juga tergolong ke dalam rumah panggung karena terdapat tiang penyangga di bagian bawahnya.

Walaupun terlihat seperti rumah adat pada umumnya, tetapi setiap bagian dari rumah minang ini memiliki nilai dan filosofis yang sangat mendalam.

Bahkan di Sumatera Barat sendiri terdapat beberapa rumah adat yang berbeda satu sama lainnya, hal ini bisa disebabkan karena nilai-nilai yang berbeda pula di setiap daerah tersebut.

Nama-Nama Rumah Adat Sumatera Barat

Nama-Nama Rumah Adat Sumatera Barat

Adapun beberapa nama-nama rumah adat yang berasal dari SumBar adalah sebagai berikut ini:

1. Gonjong Ampek Baanjung

Jenis rumah adat pertama yang ada di Sumatera barat ialah Gonjong Ampek Baannjung, rumah adat ini adalah rumah adat khas yang ada di Kota Padang.

Rumah tersebut terdiri dari 4 buah gojong di atas dan 7 ruangan yang masing-masing memiliki jendela di bagian luarnya.

Rumah adat jenis ini bisa anda temui di daerah Luhah Nan Tigo di daerah Pandang.

Selain di daerah tersebut anda tidak akan menemukan Gonjong ampek baanjung karena memang sangat langka keberadaannya.

2. Gonjong Anam

Gonjong Anam adalah rumah adat berikutnya yang ada di Padang, dimana rumah ini merupakan perubahan dari Gajah Maharam.

Banyak yang menyebutkan bahwa rumah adat tersebut adalah bentuk modern dari bangunan baranjung.

Bangunan gonjong anam memiliki fungsi sebagai tempat tinggal masyarakat biasa.

Desainnya yang modern serta ukiran-ukiran yang lebih simpel membuatnya sering digunakan untuk tempat tinggal biasa oleh masyarakat Padang dan sekitarnya.

3. Gonjong Sibak Baju

Seperti namanya jenis rumah yang satu ini memiliki desain seperti sibakan baju, dimana di bagian tengahnya terdapat bangunan kecil dengan atap seperti membelah bagian utamanya.

Sehingga dari kejauhan rumah tersebut seperti terbelah atau biasa disebut masyarakat minang sebagai sibak baju.

Selain bagian sibakan baju tersebut bagian lainnya cenderung sama dengan rumah gonjong lainnya.

Hanya ada beberapa ukiran yang berbeda dan menjadi ciri khas tersendiri yang dimiliki oleh rumah gonjong sibak baju tersebut.

4. Rumah Gadang

Rumah gadang merupakan rumah adat Minangkabau yang paling terkenal, rumah ini memiliki arsitektur yang lebih unik dan juga lebih khas dari pada yang lainnya.

Ciri khasnya tentu saja datang dari atap rumah yang melengkung dan menyerupai tanduk kerbau, uniknya di rumah gadang atap tersebut lebih terlihat panjang dan melengkung ke atas.

Selain itu rumah gadang juga memiliki banyak jenis lainnya, setiap jenis memiliki keunikan tersendiri sesuai dengan adat setempat.

Untuk jenis rumah adat yang satu ini anda bisa menemuinya di berbagai wilayah Sumatera Barat, hal ini dikarenakan ia memang sangat populer sebagai ikon daerah tersebut.

5. Rumah Gadang Batingkek

Selanjutnya terdapat Rumah Gadang Batingket atau bertingkat, rumah ini memiliki desain yang sama persis dengan rumah gadang namun ia dibuat secara bertingkat.

Sehingga bangunan utamanya terlihat lebih tinggi dengan atap tanduk kerbau yang lebih banyak.

Bagian atas rumah batingkek biasa digunakan untuk menyimpan hasil panen masyarakat.

Selain itu bisa juga digunakan untuk menyimpan barang penting lainnya seperti kayu, padi, barang pusaka, dan masih banyak lagi lainnya.

6. Rumah Gadang Surambi Papek

Surambi Papek memiliki arti bapamokak yang berarti akhir kanan dan kiri, hal ini didasarkan pintu masuk yang dibuat di rumah tersebut.

Dimana rumah gadang yang satu ini memiliki pintu masuk di bagian kanan dan pintu keluar di bagian kiri rumah adat tersebut.

Namun seiring berkembangnya zaman rumah tersebut telah mengalami perubahan, banyak diantaranya yang mulai menggunakan pintu di bagian depan rumah.

Walaupun telah menggunakan pintu di bagian tengah, namun pintu di bagian kanan dan kiri tetap dipertahankan dan hanya untuk hiasan saja.

7. Rumah Gadang Gonjong Limo

Terakhir adalah Rumah Gadang Gonjong Limo, rumah adat ini merupakan perpaduan antara kedua jenis rumah adat Minangkabau yaitu gadang dan gonjong.

Ciri khas dari rumah ini yaitu adanya tambahan gonjong pada bagian kiri dan kanan rumah gadang tersebut.

Di masa kini rumah adat tersebut sudah sangat sulit untuk ditemukan, hanya terdapat beberapa rumah saja yang masih menggunakan jenis rumah gadang gonjong limo.

Salah satunya yang ada di Kota Payakumbuh, Padang, Sumatera Barat.

Adat Keseharian Rumah Adat Gadang

Rumah Adat Gadang merupakan rumah yang sering untuk digunakan dalam berbagai adat istiadat, mulai dari khitan, perkawinan, pengangkatan kepala suku, hingga upacara kematian.

Pastinya rumah ini memiliki beragam filosofis yang erat dengan keyakinan mereka.

Adat keseharian rumah gadang juga menjadi poin penting yang perlu diperhatikan, dimana rumah ini hanya memiliki jumlah kamar yang disesuaikan dengan perempuan yang ada dalam sebuah keluarga.

Sehingga anak laki-laki tidak memiliki kamar sama sekali, hal ini sudah ada dalam adat istiadat yang mereka yakini tersebut.

Rumah adat dari Sumatera Barat memang memiliki jenis-jenis yang cukup beragam, setiap jenisnya memiliki kelebihan kekurangan masing-masing.

Tentu saja sebagai masyarakat Indonesia wajib bangga dan ikut melestarikan rumah adat tersebut, agar nantinya bisa menjadi salah satu warisan untuk generasi penerus bangsa Indonesia.

Demikian dari kami theinsidemag.com mengenai nama-nama rumah adat Sumatera Barat beserta penjelasan dan gambarnya. Semoga bermanfaat!

Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Pameran Seni Rupa

Kusuma
4 min read

Unsur Unsur Seni Rupa

Kusuma
3 min read

Prinsip Seni Rupa

Kusuma
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *