Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Rumah Adat Sumatera Selatan

3 min read

Rumah Adat Sumatera Selatan

Rumah Adat Sumatera Selatan itu apa saja menurut Anda? Ada beberapa loh, roemah tradisional yang ada di daerah ini.

Sumatera Selatan merupakan daerah asli dari Suku Melayu Palembang, dimana dahulunya suku ini bertempat tinggal di sekitar Sungai Musi.

Tentu saja keberadaan suku tersebut dibuktikan dengan beragam adat istiadat yang masih bisa ditemui di Palembang.

Salah satunya adalah berbagai Rumah adat Sumatera Selatan yang terkenal dengan atap limasnya.

Di daerah provinsi Sumatera Selatan sendiri tidak hanya ada rumah dari suku Palembang saja, namun ada juga suku Komering, Tionghoa, Minangkabau, dan masih banyak lagi lainnya.

Dengan banyaknya etnis di satu tempat ini membuat anda bisa melihat beragam jenis rumah adat di satu provinsi tersebut.

Filosofi Rumah Adat Sumatra Selatan

Filosofi Rumah Adat Sumatera Selatan

Rumah adat Sumatera Selatan hampir semuanya bergaya panggung, hal ini dikarenakan di daerah tersebut memang banyak rawa ataupun sungai.

Sehingga di zaman dahulu dibuat sedemikian rupa agar air tidak masuk ke dalam rumah.

Hingga kini rumah adat yang dibangun di dataran tinggi sekalipun tetap mempertahankan gaya panggung agar bisa serupa dengan rumah adat pendahulunya.

Loading...

Selain itu setiap rumah adat yang dibangun di Sumatra Selatan pasti dikelilingi oleh pagar yang bernama Tenggalung.

Nilai-nilai filosofi yang terkandung disini adalah batasan atau himbauan kepada anak perempuan agar tidak terlalu sering meninggalkan rumah.

Biasanya rumah adat di Sumatra Selatan dibuat dengan menghadap ke timur ataupun ke barat, tepatnya menghadap sinar matahari terbit dan sinar matahari tenggelam.

Hal ini disebutkan bahwa manusia harus selalu ingat awal kehidupan dan juga akhir kehidupan.

Arsitektur Rumah Adat Sumatera Selatan

Arsitektur Rumah Adat Sumatera Selatan

Mayoritas rumah adat yang ada di Sumatra Selatan menggunakan arsitektur limas.

Bukan hanya rumah Suku Palembang saja namun rumah adat lainnya juga menerapkan struktur limas di sebagian atap rumah adat yang mereka buat.

Selain itu rumah adat biasanya dibuat dengan memanfaatkan bahan alam yang ada di sekitar, terutama bagian tiang penyangga, tangga, dan pagar yang mengelilingi rumah.

Bagian tersebutlah yang menjadi poin penting saat membangun rumah adat Sumatera Selatan.

Baca juga mengenai materi rumah adat lainnya:
1. Rumah Adat di Indonesia
2. Rumah Adat Aceh
3. Rumah Adat Sumatera Utara

Nama-Nama Rumah Adat Sumatera Selatan

Nama-Nama Rumah Adat Sumatera Selatan

Adapun untuk beberapa nama-nama rumah adat dari Sumatra Selatan adalah sebagai berikut ini. Beserta penjelasan lengkap yang disertai gambar.

1. Rumah Limas

Rumah Limas

Rumah Limas merupakan rumah adat yang menjadi ikon provinsi Sumatera Selatan, dimana rumah ini memiliki atap yang menyerupai bentuk limas.

Sedangkan bagian dalam dari rumah ini dibuat dengan bentuk berundak atau sering disebut dengan kekijing, biasanya di setiap rumah limas memiliki jumlah 2 sampai 4 kekijing.

Selain itu rumah adat ini juga memiliki bagian-bagian rumah yang sangat penting, bagian tersebut ialah beranda, kekijing, dan bagian belakang atau dapur.

Bagian beranda terdiri dari dua tangga dan sebuah ruangan depan, ruangan tersebut berguna untuk menerima tamu ataupun sebagai tempat bersantai keluarga.

Sedangkan bagian tengah berisi kekijing yang memiliki jendela di setiap bagiannya, ruangan tersebut umumnya digunakan sebagai tempat beristirahat.

Lalu bagian belakang terdapat dapur, kamar mandi, dan juga sebuah ruangan kecil yang serbaguna.

2. Rumah Rakit

Rumah Rakit

Sumatera Selatan memang terkenal dengan wilayah rawa, sungai, serta danaunya.

Tak heran disini juga terdapat sebuah rumah adat unik yang bernama Rumah Rakit, seperti namanya ia biasa dibuat di atas air dan bisa mengapung layaknya perahu.

Rumah rakit tersusun dari beberapa kayu dan potongan bambu, ditambah dengan rotan sebagai pengikat yang ditancapkan di daratan agar rumah tidak terbawa arus.

Sedangkan bagian atapnya terbuat dari bahan alami dan biasa disebut dengan atap kajang.

3. Rumah Cara Gudang

Rumah Cara Gudang

Selanjutnya di Sumatera Selatan juga terdapat rumah adat yang bernama Cara Gudang, disebut demikian karena rumah adat ini memiliki bentuk yang memanjang seperti gudang.

Keunikan dari rumah gudang ini adalah bentuk atapnya yang dibuat mirip seperti rumah limas.

Sebagian besar komponen rumah tersebut menggunakan bahan dasar kayu, mulai dari kayu tembesu, petanang, dan juga unglen.

Fungsi rumah adat ini adalah untuk tempat penyimpanan hasil panen dari masyarakat setempat.

4. Rumah Tatahan

Rumah Tatahan

Rumah Tatahan adalah rumah adat khas Sumatera Selatan yang memiliki ciri khas ukirannya, ukiran yang dimaksud ialah sebuah lukisan yang dipahat di hampir seluruh rumah tersebut.

Media ukir yang digunakan biasanya menggunakan kayu jenis tembesu atau kayu kelat.

Jenis rumah adat ini termasuk ke dalam rumah panggung, tinggi dari rumah tersebut bisa mencapai 1,5 meter dari permukaan tanah.

Dahulu rumah ini digunakan oleh orang penting seperti ketua adat, tokoh terpercaya.

Ataupun tamu yang datang ke daerah tersebut, namun kini telah beralih dan bisa digunakan oleh masyarakat biasa sekalipun.

5. Rumah Kingking

Memiliki tiang panggung berupa dudukan adalah ciri khas dari rumah adat yang bernama Kingking, keunikan rumah yang satu ini ialah bentuknya yang menyerupai bujur sangkar.

Sedangkan bagian atapnya terbuat dari bambu yang disusun secara rapi, bagian atap ini biasa disebut gelumpai oleh masyarakat setempat.

Rumah kingking sendiri terdiri dari tiga bagian utama seperti pada rumah adat Sumatera Selatan lainnya.

Bagian tersebut adalah beranda, bagian tengah atau kekijing, dan juga bagian belakang untuk tempat memasak.

6. Rumah Padu Ampar

Salah satu rumah adat di Sumatera Selatan yang sangat unik lainnya ialah Rumah Padu Ampar, rumah tradisional ini memiliki keunikan dari segi bahan yang digunakannnya.

Dimana rumah adat tersebut hampir keseluruhannya terbuat dari bahan bambu, mulai dari tangga, tiang, dinding, hingga bagian atapnya.

Penggunaan bahan bambu ini memiliki arti kesederhanaan dan keselarasan dalam kehidupan.

7. Rumah Kilapan

Rumah adat terakhir yang ada di Sumatra Selatan adalah Kilapan, rumah tersebut menggunakan gaya panggung dalam pembuatannya.

Namun uniknya tiang yang digunakan untuk mengangkat rumah tidak ditancapkan ke tanah, melainkan hanya diletakkan di atas tanah tanpa penguat apapun.

Walaupun dibuat dengan cara yang simpel dan sederhana, namun arsitektur rumah ini tergolong sangat kuat.

Hal tersebut tidak lepas dari penggunaan tiang bambu atau kayu dengan jumlah yang cukup bantak di bagian bawah rumah adat ini.

Keunikan Rumah Adat Sumatera Selatan

Keunikan Rumah Adat Sumatera Selatan

Secara umum keunikan yang dimiliki oleh rumah adat Sumatra Selatan terletak pada arsitektur atapnya, dimana setiap rumah adat memiliki atap dengan kelebihan kekurangan masing-masing.

Hal ini menjadi nilai serta filosofis sendiri yang patut untuk di banggakan, karena di samping perbedaan terdapat nilai adat yang sangat tinggi pada setiap rumah adat tersebut.

Rumah adat Sumatera Selatan memang memiliki banyak sekali jenis, tentu saja setiap jenisnya memiliki bentuk dan karakteristiknya masing-masing.

Hal ini dikarenakan kebudayaan Indonesia memang sangatlah beragam, bahkan di satu wilayah saja terdapat perbedaan antara satu dengan lainnya.

Sebagai rakyat Indonesia wajib untuk melestarikan serta menghargai kebudayaan tersebut.

Dimana salah satunya adalah rumah adat yang ada di Sumatera Selatan, seperti Rumah Limas, Rakit, Cara Gudang, Tatahan, Kingking, Padu Ampar, hingga Kilapan sekalipun.

Demikian dari kami theinsidemag.com mengenai nama-nama rumah adat Sumatera Selatan beserta keunikannya. Semoga dapat dijadikan sebagai acuan makalah. Terimakasih!

Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Pameran Seni Rupa

Kusuma
4 min read

Unsur Unsur Seni Rupa

Kusuma
3 min read

Prinsip Seni Rupa

Kusuma
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *