Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Saham Blue Chip Adalah

1 min read

Saham Blue Chip Adalah

Saham blue chip adalah jenis saham dari perusahaan besar yang keuntungan atau labanya sudah stabil.

Jenis saham seperti ini sangat populer dan selalu diburu oleh banyak investor.

Reputasinya terbilang tinggi dan bisa memberikan cuan atau keuntungan yang besar. 

Ciri-Ciri Saham Blue Chip

Ciri-Ciri Saham Blue Chip

Apa itu saham blue chip? Penjelasan di atas mungkin hanya menjawab sebagian dari pertanyaan ini. Perlu dikupas lebih jauh seperti apa karakteristik atau ciri-ciri saham blue chip agar lebih mudah untuk dikenali. 

Saham blue chip ini memiliki perbedaan yang mencolok dengan jenis saham lain di bursa. Berikut adalah beberapa ciri saham blue chip yang penting untuk diketahui:

1. Harganya Mahal

Ciri yang pertama adalah harga saham blue chip ini biasanya cenderung mahal.

Rata-rata harga 1 lot saham blue chip memang tinggi karena sebanding dengan nilai keuntungan yang juga tinggi. Jadi tak rugi sebenarnya untuk mengeluarkan modal besar membeli saham blue chip. 

Baca : Pengertian Investasi

2. Merupakan Pemain Lama

Umumnya, saham blue chip berasal dari bidang industri yang sudah bermain lama.

Sesuai dengan pendapatan dan keuntungannya yang stabil, pemain dalam industri tersebut pasti sudah berpengalaman. Bukan pemain baru yang masih coba-coba. 

3. Likuiditas Tinggi

Saham blue chip adalah jenis saham yang punya likuiditas tinggi. Saham ini beredar di Bursa Efek Indonesia dalam jumlah besar dan dimiliki oleh banyak orang.

Jadi lebih mudah untuk diperjualbelikan dan tidak mudah dimanipulasi atau istilahnya digoreng. 

4. Nilai Kapitalisasi Pasar Besar

Jenis saham yang satu ini punya nilai kapitalisasi pasar yang terbilang besar. Nilainya mencapai lebih dari Rp10 triliun. Tak heran jika jenis saham ini disebut sebagai penggerak IHSG. 

5. Konsisten Membagi Dividen

Memiliki pendapatan dan keuntungan yang stabil, perusahaan dengan saham blue chip selalu konsisten dalam membagi dividen.

Jadi tak rugi investor yang memegang jenis saham seperti ini. Nilai dividennya selalu stabil bahkan cenderung meningkat. 

6. Performa Positif

Saham ini memiliki performa yang positif. Kinerjanya memang selalu bagus setiap saat karena perusahaannya sudah stabil. Biasanya perusahaan dengan saham seperti ini tidak memiliki utang atau hanya memiliki sedikit utang. 

Baca Juga: Pengertian Saham

Contoh Saham Blue Chip

Contoh Saham Blue Chip

Kira-kira apa saja contoh saham blue chip? Ada banyak jenis saham blue chip yang beredar di BEI saat ini. Berikut adalah daftar saham bluechip yang dinilai paling populer di kalangan investor:

  • Bank Central Asia – BBCA
  • Bank Rakyat Indonesia – BBRI
  • Unilever Indonesia – UNVR
  • Bank Mandiri (Persero) Tbk – BMRI
  • PT. Astra International Tbk – ASII
  • PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. – BBNI

Ada juga beberapa jenis saham blue chip syariah yang bisa dijadikan pilihan. Berikut adalah daftar saham bluechip syariah yang paling banyak diburu:

  • Telekomunikasi Indonesia – TLKM
  • PT Perusahaan Gas Negara – PGAS
  • PT Japfa Comfeed Indonesia – JPFA
  • PT Adaro Energy – ADRO
  • PT Indofood CBP Sukses Makmur – ICBP

Tertarik untuk membeli jenis saham seperti ini? Cara beli saham bluechip sangatlah mudah sama halnya seperti jenis saham yang lain.

Apalagi sekarang sudah ada banyak platform atau aplikasi yang membuat pembelian saham jadi jauh lebih mudah dan fleksibel. 

Saham blue chip adalah jenis saham yang layak untuk dijadikan aset investasi jangka panjang. Jenis saham ini stabil dan bisa memberikan dividen secara konsisten.

Modal besar yang dikeluarkan saat membeli saham akan seimbang dengan imbal hasil yang bisa didapatkan. Baca ulasan investasi lainnya di web kami theinsidemag.com.

X CLOSE
Advertisements
ADVERTISEMENT
X CLOSE
Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Leave a Reply

Your email address will not be published.