Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Sejarah Bola Voli

3 min read

Sejarah Bola Voli

Sejarah bola voli dimulai dari Amerika Serikat sebelum berkembang ke seluruh dunia. Bola voli sendiri merupakan olahraga yang mempertandingkan antar dua tim yang saling berlawanan.

Setiap tim terdiri dari 6 orang pemain inti untuk permainan bola voli lapangan. Sementara itu, dalam bola voli pantai jumlah pemainnya adalah 2 orang.

Bola voli merupakan olahraga yang diakui secara internasional. FIVB (Federation Internationale de Volleyball) merupakan induk organisasi olahraga bola voli sedunia.

Kemudian, pada setiap negara juga terdapat wadah olahraga bola voli. Indonesia sendiri mempunyai PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) sebagai wadah dari cabang olahraga ini.

Sejarah Awal Nama Bola Voli

Sejarah Awal Nama Bola Voli

Tahukah Anda? Bahwa permaian bola voli ini merupakan kombinasi dari 4 permainan bola besar. Keempat cabang olahraga bola besar tersebut adalah bola basket, baseball, tenis dan juga bola tangan.

Akan tetapi, pada masa awalnya olahraga ini belum populer dengan nama bola voli. Pada waktu itu, banyak orang yang menyebutnya Mintonette dan ditemukan oleh William G. Morgan.

Awal Mula Tercetus Bola Voli

Awal Mula Tercetus Bola Voli

Setelah pertemuan dengan Dr Naismith James, William G. Morgan menciptakan olahraga Mintonette. Beberapa dari Anda mungkin sudah tahu bahwa Dr Naismith adalah pencipta olahraga bola basket.

Keduanya sama-sama berprofesi sebagai seorang instruktur pendidikan jasmani. William G. Morgan sendiri menciptakan olahraga bola voli tepat empat tahun setelah bola basket diperkenalkan.

Loading...

Sejarah bola voli di masa awal mencatat bahwa olahraga ini diperuntukkan bagi siswa YMCA yang sudah tidak berusia muda lagi.

Alasan inilah yang melatar belakangi seorang William G. Morgan untuk mengatur tempo olahraga ini agar tidak secepat bola basket.

Peraturan Pertama Bola Voli

Peraturan Pertama Bola Voli

Peraturan bola voli tentu saja dibuat oleh sang penemunya yaitu William G. Morgan. Belia mendesain jaring setinggi 1,98 meter kemudian memasangnya di tengah lapangan.

Sementara itu, ukuran lapangannya adalah sebesar 7,6 meter x 15, 2 meter. Kemudian, untuk durasi waktu permainannya adalah 9 sesi dengan 3 kali kesempatan servis bagi setiap tim.

Perubahan Nama Bola Voli

Perubahan Nama Bola Voli

Akhirnya, olahraga Mintonette berganti nama menjadi bola voli pada tahun 1896. Perubahan nama ini ditandai dengan berlangsungnya simulasi pertandingan pertama di YMCA Training School.

Pada awal tahun 1896, William G. Morgan memenuhi undangan Dr. Luther Halsey Gulick. Kesempatan ini digunakan oleh Morgan untuk mendemonstrasikan permainan bola voli yang Ia ciptakan.

Selain melakukan simulasi, Morgan juga menjelaskan berbagai aspek tentang bola voli. Diantaranya adalah permainan ini bisa dilakukan di dalam maupun luar ruangan.

Permainan bola voli juga dapat dilakukan oleh banyak orang. Dikarenakan tidak ada batasan jumlah pemain.

Kemudian, yang paling utama adalah tujuan permainan ini yaitu mempertahankan dan menyebrangkan bola melewati net.

Sejarah Bola Voli di Dunia

Sejarah Bola Voli di Dunia

Seiring dengan berkembangnya zaman, olahraga bola voli telah banyak mengalami modifikasi pada aturan permainannya.

Contohnya adalah penggunaan teknik spike atau smash yang diperkenalkan pada tahun 1916. Selanjutnya, tiga tahun kemudian tepatnya pada tahun 1920 terciptalah peraturan mengenai 3 kali sentuhan.

Kemudian aturan mengenai skor akhir juga diubah dari 15 menjadi 21.

Mulai tahun 1900, permainan bola voli mulai melakukan ekspansi keluar Amerika Serikat tepatnya ke Kanada. Setelah itu, perkembangan olahraga yang satu ini terus meluas hingga seluruh penjuru dunia.

Akhirnya, dibentuklah federasi internasional bola voli atau Federation Internationale de Volleyball (FIVB). Dua tahun setelahnya tepatnya pada 1949, kejuaraan bola voli dunia resmi dihelat.

Sejarah Bola Voli di Indonesia

Sejarah Bola Voli

Olahraga bola voli pertama kali masuk ke Indonesia pada masa penjajahan Belanda tepatnya tahun 1928.

Akan tetapi, pada waktu itu bola voli hanya dimainkan secara khusus oleh orang Belanda dan juga para bangsawan.

Agar olahraga ini semakin berkembang di tanah jajahan, maka pemerintah kolonial mendatangkan guru-guru pendidikan jasmani dari Belanda.

Tidak hanya guru pendidikan jasmani, para tentara pun mempunyai peran yang penting dalam pengenalan dan pengembangan bola voli di Indonesia.

Sejarah bola voli di Indonesia mencatat bahwa para serdadu ini sering memainkan olahraga ini di asrama maupun lapangan terbuka. Bahkan saat itu, pertandingan bola voli antar bangsa Belanda kerap dilakukan.

Sejarah Terbentuknya PBVSI

Sejarah Terbentuknya PBVSI

Popularitas olahraga bola voli berkembang dengan sangat cepat di Indonesia. Dengan demikian, tidak butuh waktu lama beberapa klub bola voli mulai bermunculan di kota-kota besar.

Fenomena ini lalu direspon oleh pemerintah dengan didirikannya PBVSI.

PBVSI adalah singkatan dari Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia. Organisasi ini didirikan pada tanggal 22 Januari 1955 di Jakarta. Di prakarsai oleh Ikatan Perhimpunan Volleyball Surabaya (IPVOS) dan Persatuan Volleyball Indonesia Djakarta (Pervid).

PBVSI sendiri pertama kali diketuai oleh Wim J. Latumeten.

Bersamaan dengan didirikannya PBVSI, maka kejuaran bola voli tingkat nasional yang pertama pun segera terselenggara.

Semenjak berdiri, PBVSI makin aktif untuk mengembangkan kegiatan bola voli di Indonesia.

Lebih dari itu, organisasi ini juga terus melakukan pembinaan atlet bola voli dengan mengirimnya untuk berlatih ke luar negeri.

Pertandingan Bola Voli Pertama Diselenggarakan

Pertandingan Bola Voli Pertama Diselenggarakan

Menjelang diadakannya kejuaraan akbar Asian Games IV di tahun 1962, popularitas olahraga bola voli semakin melambung.

Tidak hanya sampai disini, pada tahun berikutnya tepatnya 1963 bola voli kembali dipertandingkan dalam Ganefo I.

Pertandingan bola voli yang dimainkan di ajang ini berlaku untuk semua kategori baik pria maupun wanita.

Sejarah bola voli nasional mencatat bahwa olahraga ini pertama kali dipertandingkan pada Oktober 1951.

Waktu itu, bola voli menjadi salah satu cabang olahraga yang diperlombakan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) II di Jakarta.

Sampai saat ini, olahraga bola voli selalu memiliki kompetisi rutin dan dipertandingkan dalam skala nasional hingga internasional.

Demikian yang dapat kami theinsidemag.com sampaikan mengenai sejarah bola voli di dunia dan di Indonesia, apabila ada kesalahan mohon maaf. Semoga membantu!

Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Sejarah Bola Basket

Kusuma
3 min read

Sejarah Tolak Peluru

Kusuma
3 min read

Renang Gaya Dada

Kusuma
5 min read

2 Replies to “Sejarah Bola Voli”

  1. tolong kasih tau siapa pendiri PBVSI?

    1. Halo kak Afifa, Pendiri PBVSI sendiri adalah Ikatan Perhimpunan Volleyball Surabaya (IPVOS) dan Persatuan Volleyball Indonesia Djakarta (PERVID) keduanya membentuk badan organisasi bola Voli di Indonesia kak. Yang mana pada tanggal 22 Januari 1955 dibentuklah PBVSI ini yang diketuai oleh Bapak Wim J. Latumeten. Sekian dari kami kak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *