Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Sejarah Sepak Bola

4 min read

Sejarah Sepak Bola

Sejarah Sepak Bola adalah salah satu sejarah olahraga yang cukup populer untuk kita tahu. Bagaimana sih asal muasal sepak bola itu sendiri?

Sepak Bola merupakan salah satu cabang olahraga yang paling banyak digemari dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa sekalipun.

Bahkan nama bangsa Indonesia sendiri semakin harum berkat perjuangan atlet-atlet sepak bola berbakat yang mampu menembus dunia persepakbolaan hingga tingkat nasional bahkan dunia.

Bagi Anda penggemar sepak bola, kira-kira sudah tahu juga belum nih tentang sejarah sepak bola? Menyukai permainannya akan lebih baik jika memahami juga dong tentang sejarahnya!

Nah, bagi Anda yang ingin mengerti secara lebih detail lagi tentang olahraga sepak bola.

Berikut ini akan diberikan informasi terlengkap seputar sepak bola, mulai dari pengertian sepak bola itu sendiri, sejarah sepak bola, tujuan hingga teknik-teknik yang digunakan dalam permainan sepak bola.

Pengertian Sepak Bola

Pengertian Sepak Bola

Apakah yang dimaksud dengan sepak bola? Bisakah Anda menjawabnya? Sebelum mengetahui tentang sejarah sepak bola, terlebih dahulu harus mampu menyebutkan dari definisi sepak bola itu sendiri.

Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang menggunakan sebuah bola dengan bahan kulit atau karet yang dimainkan oleh dua tim dan masing-masing tim terdiri dari 11 pemain sebagai pemain inti dan beberapa pemain cadangan atau pengganti.

Sepak bola merupakan suatu permainan yang dilakukan dengan cara menendang bola dengan teknik tertentu dimana tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan.

Loading...

Pemenang dari permainan sepak bola ini adalah tim yang mampu memasukkan bola ke gawang lawan dengan jumlah terbanyak.

Dalam permainan sepak bola juga terdapat aturan batas waktu permainan dan juga beberapa aturan yang berlaku.

Cara menendangnya juga tidak boleh asal-asalnya, ada beberapa teknik khusus yang digunakan dalam menendang bola.

Dalam Bahasa Inggris, sepak bola disebut dengan Football, sedangkan orang Amerika Serikat menyebut permainan sepak bola ini dengan sebutan Soccer.

Istilah sepak bola terdiri dari dua kata yaitu sepak dan bola. Sepa artinya menendang dengan menggunakan kaki dan bola yang merupakan suatu alat permainan dengan bentuk yang bulat dan terbuat dari bahan karet atau kulit.

Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami tentang definisi sepak bola, selain definisinya secara umum, berikut beberapa pengertian sepak bola menurut para ahli yang penting untuk Anda tahu.

a. Agus Salim

Agus salim memberikan definisinya sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang memainkan bola dengan menggunakan kaki yang bertujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak mungkin dengan beberapa aturan tertentu yang telah disepakati sebelumnya.

b. Soekatamsi

Menurut Soekatamsi, sepak bola adalah suatu permainan beregu yang diperlombakan dimana masing-masing regunya terdiri dari 11 pemain dan sudah termasuk penjaga gawang.

c. Remmy Muchtar

Remmy Muchtar mendefinisikan sepak bola sebagai suatu permainan olahraga yang dilakukan dengan cara pengolahan bola dan gerak tubuh dalam permainan.

d. Luxbacher

Menurut Luxbacher, yang disebut dengan sepak bola adalah suatu permainan yang dipertandingkan oleh dua tim dimana masing-masing tim terdiri dari 11 pemain inti yang dilakukan dengan cara mempertahankan gawang agar tidak termasuki bola dari lawan permainan serta berusaha untuk memasukkan bola ke gawang lawan dengan sebanyak-banyaknya dalam durasi waktu tertentu.

e. Muhajir

Muhajir memberikan pendapatnya tentang pengertian sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan cara menyepak atau menendang bola yang memiliki tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan serta mempertahankan keamanan gawang sendiri agar tidak termasuki oleh bola dari lawan permainan.

Setelah membahas mengenai pengertian sepak bola, di bawah ini adalah sejarah sepak bola.

Sejarah Sepak Bola

Sejarah Sepak Bola

Menurut sejarah sepak bola, permainan ini telah dikenal di Tiongkok sejak abad ke 2 dan ke-3 sebelum Masehi yaitu pada masa Dinasti Han.

Saat itu, masyarakat Tiongkok menggunakan bola kulit dan menendangnya ke jaring kecil. Selain Tiongkok, sepak bola juga sudah dikenal oleh beberapa negara seperti Jepang, Roma, dan juga Yunani.

Sepak bola modern di Inggris mulai berkembang dengan memberlakukan beberapa aturan permainan.

Hingga akhirnya pada tahun 1904 terbentuknya FIFA yang merupakan badan pengendali internasional sepak bola yang didirikan pada tanggal 21 Mei 1904.

Tujuan Permainan Sepak Bola

Tujuan Permainan Sepak Bola

Bagi pecinta bola tentu sudah tahu apa tujuan dari permainan sepak bola ini, tidak lain adalah membobol gawang lawan sebanyak-banyaknya untuk dapat memenangkan permainan.

Secara lebih detailnya, tujuan dari permainan sepak bola ini adalah sebagai berikut:

  • Mambangun kerjasama antar tim agar sesama tim terjadi permainan yang solid dan tidak saling menyalahkan
  • Menghalau atau mencegah lawan agar tidak memasukkan bola ke gawang sendiri
  • Membangun dan menjaga sportifitas permainan agar tidak terjadi kecurangan permainan
  • Memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawan
  • Meningkatkan kebugaran jasmani dan kesehatan tubuh
  • Meraih prestasi dalam dunia olahraga khususnya olahraga sepak bola.

Perlu diketahui, baik juga ketika mengetahui sejarah sepak bola dan semua yang berkaitan dengan sepak bola.

Teknik Dasar Permainan Sepak bola

Setelah mengetahui sejarah sepak bola, ada bagusnya Anda memahami mengenai teknik permainan sepak bola ini.

Dalam melakukan permainan ini, terdapat beberapa teknik dasar permainan yang harus dikuasai pemain. Beberapa teknik dasar permainan sepak bola ini adalah sebagai berikut.

1. Teknik Menendang Bola

Kemampuan menguasai teknik dasar menendang bola merupakan salah satu hal terpenting yang harus dimiliki seorang pemain sepak bola.

Ini merupakan faktor yang paling dominan dan paling menentukan dalam keberhasilan meraih juara dalam pertandingan.

Beberapa teknik menendang bola dalam permainan sepak bola ini adalah sebagai berikut:

  • Menendang bola dengan kaki bagian luar
  • Menendang bola dengan kaki bagian dalam
  • Menendang bola dengan punggung kaki

2. Teknik Menghentikan Bola

Teknik yang kedua adalah teknik mengehentikan bola yang bertujuan untuk menahan, menghalau, atau menghentikan laju bola agar tidak masuk ke gawang sendiri.

Adapun beberapa teknik menghentikan bola adalah sebagai berikut:

  • Menghentikan bola dengan kepala
  • Menghentikan bola dengan dada atau perut
  • Menghentikan bola dengan kaki bagian paha
  • Menghentikan bola dengan telapak kaki
  • Menghentikan bola dengan punggung kaki
  • Menghentikan bola dengan kaki bagian dalam
  • Menghentikan kaki dengan kaki bagian luar.

3. Teknik Menggiring Bola

Teknik menggiring bola adalah suatu upaya dalam permainan sepak bola untuk membawa atau mendorong bola ke arah tertentu agar bola bergulir di tanah dan dikuasai oleh pemain Teknik menggiring bola ini adalah sebagai berikut:

  • Menggiring bola dengan kaki bagian luar
  • Menggiring bola dengan kaki bagian dalam
  • Menggiring bola dengan punggung kaki
  • Menggiring bola dengan kedua kaki secara bergantian.

4. Teknik Menyundul Bola

Permainan sepak bola tidak selalu hanya dengan menggunakan kaki, kepiawaian dan kekuatan kepala untuk menyundul bola juga diperbolehkan.

Teknik menyundul bola adalah suatu gerakan dengan cara mendorong bola menggunakan kepala yang dilakukan ketika posisi bola berada di udara.

Peraturan Dasar Permainan Sepak Bola

Peraturan Dasar Permainan Sepak Bola

Beberapa peraturan dasar permainan sepak bola adalah seperti di bawah ini:

  • Setiap tim terdiri dari 11 pemain
  • Standar ukuran lapangan permainan adalah panjang 100-120 meter, lebar 65-67 meter, lebar gawang 7,32 meter dan tinggi gawang 2,44 meter
  • Durasi permainan adalah 2 x 45 menit untuk dua babak permainan.

Itulah informasi seputar sepak bola terlengkap yang penting untuk Anda tahu, mulai dari sejarah sepak bola secara singkatnya, pengertian sepak bola secara umum dan menurut beberapa ahli, teknik dasar permainan beserta aturan dasar yang digunakan dalam permainan sepak bola.

Semoga apa yang telah kami sampaikan Anda dapat memahaminya dengan baik. Terimakasih dari kami theinsidemag.com semoga sukses selalu!

Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Sejarah Bola Voli

Kusuma
3 min read

Sejarah Bola Basket

Kusuma
3 min read

Sejarah Tolak Peluru

Kusuma
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *