Kusuma Hamba Allah pengejar surga yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Senam Lantai

3 min read

Senam Lantai

Senam lantai dewasa ini mulai dikenal oleh masyarakat luas, hal ini disebabkan gerakan-gerakannya yang unik seperti akrobatik.

Tak heran senam lantai menjadi salah satu olahraga yang banyak ditemui dalam perlombaan olahraga, apalagi senam ini dilakukan dengan menggunakan alat yang sangat minim.

Dimana diperlukan kemampuan tubuh yang bagus untuk bisa melakukan senam tersebut.

Walaupun sulit dan beresiko tinggi, namun apabila dilakukan dengan benar senam lantai bisa dilakukan oleh siapapun.

Selain itu terdapat beragam manfaat yang akan dirasakan oleh tubuh, sehingga jangan ragu untuk melakukan senam ini.

Pengertian Senam Lantai

Pengertian Senam Lantai

Adapun untuk pengertiannya adalah:

Senam lantai merupakan salah satu cabang olahraga yang dilakukan di atas lantai, dimana latihannya menggunakan alat matras sebagai pengaman agar tidak cidera.

Senam lantai umumnya dilakukan dengan gerakan-gerakan yang melatih tubuh, sehingga tak heran para atlet memiliki tubuh yang bagus dan juga lentur.

Dibutuhkan latihan yang rutin serta konsisten untuk melakukan ini, hal ini dikarenakan senam tersebut cenderung lebih susah dari pada senam lainnya.

Diperlukan pembimbing atau instruktur agar latihan menjadi lebih aman, memang senam lantai sangat beresiko apabila dilakukan sendiri terutama bagi anda seorang pemula.

Sejarah Singkat Senam Lantai

Sejarah Singkat Senam Lantai

Sejarah senam ini berasal dari negeri Yunani, akan tetapi untuk senam lantai sendiri berawal dari negeri Tirai Bambu, yaitu China.

Sejak tahun 2700 SM para biara di Cina Kuno sudah mengenal bentuk-bentuk sederhana dari senam tersebut.

Para biara Cina Kuno mengenal gerakan tersebut dengan bela diri dan pengobatan. Catatan peninggalan sejarah yang membuktikan warisan kong hu cu dan muridnya.

Di dalam kitab ini banyak menceritakan gerakan sederhana yang bertujuan untuk pengobatan.

Adapula yang mengatakan sejarah senam ini dari India, kemungkinan karena negara ini dikenal sebagai negara yang mempunyai gerakan khusus untuk pengobatan dan teknik pernafasan. Yoga adalah salah satunya.

Jika dilihat dari gerakan, Yoga memang mirip dengan gerakan-gerakan seperti kayang, apalagi dalam olahraga ini lebih memprioritaskan kelenturan tubuh.

Jaman dahulu orang India selalu mengkaitkan hal ini dengan pengobatan dan penyembahan kepada dewa. Sesuai dengan kepercayaan mereka. Nah, itulah tadi sejarah singkat mengenai senam.

Manfaat Senam Lantai

Manfaat Senam Lantai

Inilah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan setelah kita melakukannya :

1. Membuat Tubuh Lebih Fleksibel

Manfaat yang didapat dari senam lantai sangatlah banyak, salah satunya adalah dapat membuat tubuh menjadi lebih lentur dan juga fleksibel.

Hal ini disebabkan oleh beragam gerakan senam lantai yang membutuhkan kelenturan, sehingga dapat membuat tubuh menjadi lentur bagi yang melakukan olahraga ini secara teratur.

Bukan hanya itu saja senam ini juga mampu membuat tubuh menjadi lebih ideal, seperti berotot pada laki-laki dan lebih menawan bagi perempuan.

Tak heran banyak remaja yang melakukan hal serupa untuk mendapatkan tubuh yang bagus, namun sayangnya masih banyak yang melakukannya dengan sembarangan.

Hal ini tentunya sangat beresiko pada dirinya karena senam lantai tidak mudah.

2. Membantu Pertumbuhan Tubuh

Di dalam olahraga ini banyak sekali gerakan peregangan, hal ini bermanfaat bagi sebuah pertumbuhan.

Dimana seseorang bisa memiliki tubuh yang tinggi dan juga ideal, tubuh yang tinggi bisa didapatkan dengan mudah melalui gerakan senam lantai yang rutin dilakukan.

Sangat cocok untuk anda yang sedang dalam masa pertumbuhan, sehingga membuat tubuh tumbuh tinggi dengan sangat cepat.

Senam ini tentunya lebih aman dan efektif dalam meninggikan bada ketimbang obat-obatan, dimana obat peninggi badan lebih berbahaya dan banyak memiliki efek samping yang terkandung di dalamnya.

3. Kesehatan

Senam lantai termasuk ke dalam salah satu jenis olahraga, tentunya senam ini juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Anda bisa lebih kuat dan juga bugar sehingga mampu menjalani hari dengan semangat.

Tubuh anda juga tidak akan cepat lelah saat melakukan banyak aktivitas sekaligus.

Selain bisa menjaga kesehatan tubuh senam lantai juga aman untuk dilakukan di rumah, namun tetap harus ada instruktur yang membantu Anda dalam melakukan ini.

Tentunya sangat cocok dilakukan oleh semua kalangan baik muda maupun orang dewasa dalam menjaga kesehatan tubuh.

Contoh Senam Lantai

Contoh Gerakan Senam Lantai

Berikut ini adalah beberapa gerakan yang harus Anda tahu :

1. Kayang

Cara Melakukan Kayang

Kayang merupakan salah satu gerakan dasar yang sangat sulit dilakukan dalam olahraga ini, dimana diperlukan kelenturan serta kekuatan dalam tubuh anda.

Kayang sendiri dilakukan dengan cara berdiri tegak lalu membalikkan diri ke arah belakang hingga tangan menyentuh matras, disini diperlukan kelenturan yang sangat bagus pada bagian pinggang.

Bagi seorang pemula melakukan kayang hampir mustahil untuk dilakukan sendiri, dibutuhkan seorang instruktur yang akan membantu.

Dimana pertama kali anda hanya harus berbaring di atas matras, setelah itu instruktur akan menarik bagian pinggang hingga kaki dan tangan menyentuh matras sedangkan tubuh terangkat ke atas.

2. Handstand dan Headstand

Contoh Gerakan Handstand dan Headstand

Handstand merupakan gerakan mengangkat semua tubuh ke atas hanya dengan menggunakan tangan, disini diperlukan kekuatan tangan serta konsentrasi yang tinggi untuk menjaga keseimbangan yang dimiliki.

Gerakan tersebut harus membuat tubuh tegak lurus dari tangan sampai ujung kaki, tentunya sangat sulit bahkan untuk seorang ahli sekalipun.

Selain handstand terdapat juga gerakan headstand, gerakan headstand hampir mirip dengan handstand.

Dimana headstand adalah mengangkat seluruh tubuh tegak ke atas, namun menggunakan tangan serta bagian kepala.

Dengan begini konsentrasi yang digunakan untuk menjaga keseimbangan tidaklah terlalu penting, melainkan kekuatan tangan dan kepala harus bisa mengangkat seluruh tubuh.

3. Roll Depan dan Belakang

Contoh Gerakan Roll Depan dan Belakang

Gerakan selanjutnya dalam Senam lantai adalah roll, gerakan ini tentunya cukup umum didengar oleh masyarakat awam sekalipun.

Gerakan ini cukup mudah untuk dilakukan yaitu hanya dengan menggulingkan seluruh tubuh hingga berbalik lalu berdiri secara sempurna.

Di dalam latihan senam lantai terdapat beberapa macam gerakan roll, mulai dari roll ke depan, roll ke belakang, hingga double roll.

Dimana masing-masing gerakan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda, yaitu roll ke depan cenderung mudah di lakukan, sedangkan roll ke belakang diperlukan latihan beberapa kali.

Hingga yang paling sulit untuk dilakukan adalah double roll.

4. Lompatan

Contoh Gerakan Lompat Kangkang

Dalam senam lantai terdapat gerakan lompatan, di dalamnya terbagi menjadi beberapa macam lompatan. Mulai dari lompat harimau, lompat jongkok, hingga lompat kangkang.

Masing-masing lompatan memiliki fungsi yang berbeda-beda, namun fungsi utamanya adalah untuk membuat tubuh menjadi lebih tinggi dan juga lincah.

Dalam Senam lantai terdapat beragam gerakan menarik lainnya yang bisa dicoba, namun harus tetap mementingkan keselamatan dengan adanya instruktur yang mendampingi.

Terlebih lagi senam lantai adalah cabang olahraga yang sangat rentan terhadap cidera. Demikian dari kami theinsidemag.com semoga selalu paham akan materi dari web ini!

Kusuma Hamba Allah pengejar surga yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

2 Replies to “Senam Lantai”

  1. Alhamdulillah, penjelasan yang sangat lengkap.

    1. Alhamdulillah, jika bermanfaat kami ikut senang:)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *