Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Seni Rupa Murni

3 min read

Seni Rupa Murni

Seni Rupa Murni adalah seni yang dikembangkan untuk dinikmati keindahannya. Seni rupa murni mengutamakan sifat estetika dibandingkan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Berbeda halnya tentu dengan seni rupa terapan dimana karya tersebut melebih mengedepankan manfaat dan fungsi dibanding keindahannya.

Sekilas mengenai seni rupa murni, sudahkah kamu tahu contohnya? Contohnya adalah lukisan, kaligrafi, dan patung. Seni murni mutlak tidak dimanfaatkan sebagai alat bantu lain.

Di dalam materi seni budaya sudah barang tentu kita akan membahas materi ini. Sudah jelas pula, ini akan menjadi hal-hal yang kamu pahami lebih lanjut.

Untuk itu, simak sampai bawah ya mengenai materi seni rupa murni beserta contoh dan penjelasannya!

Pengertian Seni Rupa Murni

Pengertian Seni Rupa Murni

Seni Rupa Murni (fine art) adalah seni yang dikembangkan untuk dinikmati keindahannya. Seni murni mengutamakan sifat estetikanya dibandingkan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Di dalam pembuatannya, seni rupa murni berfokus pada nilai keindahan atau estetisnya saja, dan tidak memperdulikan nilai-nilai praktis dari karya yang dibuat.

Menurut sejarah, 5 seni murni terbesar adalah lukisan, patung, arsitektur, musik dan puisi dengan seni-seni minor termasuk drama dan tari.

Akhir-akhir ini, seni murni biasanya masuk ke dalam bentuk seni visual dan seni perform. Bagaimanapun, dalam beberapa lembaga-lembaga belajar atau museum seni murni.

Loading...

Baca juga: Pengertian Seni

Fungsi Seni Murni

Fungsi Seni Murni

Fungsinya adalah sebagai benda hiasan/pajangan. Untuk beberapa penjelasan lebih lanjut mengenai fungsinya adalah sebagai berikut ini.

1. Untuk Memperindah Sebuah Media

Jenis seni rupa ini diterapkan untuk memperindah sebuah media yang mana awalnya terlihat biasa saja menjadi luar biasa.

Contoh sederhananya adalah ketika kertas polos dan tampak tidak menarik diberikan gambar diatasnya. Gambar ini tentu akan memperindah kertas polos tadi.

2. Menyampaikan Sebuah Pesan Penting

Fungsi dari aliran seni rupa ini yang berikutnya adalah untuk menyampaikan pesan penting yang akan disampaikan oleh seniman kepada penikmat lukisan atau guratan yang dibuatnya.

Biasanya, kalau jiwa-jiwa seni sudah langsung bisa membaca, namun ada juga kesan yang disampaikan hanya tersirat saja.

3. Menyalurkan Kreatifitas Seniman

Fungsi ini adalah untuk menyalurkan kreatifitas seniman, dimana seluruh manusia jelas memiliki kreatifitas yang tidak terbatas.

Salah satu cara yang paling baik untuk menyalurkan kreatifitas tersebut yaitu melalui seni rupa yang menuangkan keindahan.

Berikut adalah beberapa fungsi dari seni murni yang sudah wajar kamu ketahui. Setelah mengetahui fungsinya, sekarang saatnya kamu mengetahui materi lain seputar seni murni dibawah ini.

Baca juga: Apresiasi Seni Rupa

Jenis Seni Rupa Murni

Jenis Seni Rupa Murni

Adapun berikut adalah ragam jenis seni murni yang harus kamu tahu:

  1. Lukisan.
  2. Patung.
  3. Relief.
  4. Seni Fotografi.
  5. Seni Grafis.
  6. Topeng.
  7. Kaligrafi.
  8. Ukiran.
  9. Mozaik.
  10. Kerajinan dari Keramik.

Itulah merupakan beberapa jenis-jenis dari fine art diatas. Seharusnya, secara sederhana kamu sudah mampu dan paham akan hal-hal tersebut. Hal diatas juga akan sering kamu temui di pameran seni rupa.

Baca juga: Seni Rupa 2 Dimensi

Unsur-Unsur Seni Rupa Murni

Unsur-Unsur Seni Rupa Murni

Sama halnya dengan unsur-unsur seni rupa sebenarnya, berikut adalah unsur seni murni:

  • Garis terbentuk melalui goresan atau tarikan dari titik yang satu ke titik yang lain.
  • Bidang adalah garis yang dipertemukan ujung pangkalnya.
  • Bentuk terjadi melalui penggabungan unsur bidang.
  • Warna untuk memberikan kesan tertentu.
  • Tekstur adalah permukaan suatu benda, ada yang halus dan ada yang kasar.
  • Gelap Terang untuk sisi pencahayaan suatu karya seni.
  • Ruang adalah beberapa dinding yang berjarak.

Itulah merupakan unsur-unsur dan penjelasan singkatnya. Semoga kamu memahami hal tersebut ya!

Baca juga: Seni Rupa 3 Dimensi

Contoh Seni Rupa Murni dan Gambarnya

Berikut adalah beberapa contoh dan gambarnya beserta penjelasan singkat.

1. Seni Fotografi

Seni Fotografi

Fotografi sangat digandrungi oleh kaum millenial lho. Seni fotografi adalah seni dengan cara prosesnya menggunakan media cahaya.

Mungkin, istilah umumnya adalah metode untuk menghasilkan foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya pada media peka cahaya, alat paling populer adalah kamera.

2. Seni Koreografi

Seni Koreografi

Koreografi (rancangan tari) atau disebut juga komposisi tari adalah seni merancang struktur sehingga menjadi suatu pola gerakan-gerakan.

Koreografi tradisonal dengan gaya yang epic dapat kamu lihat di beberapa tari tradisional. Hasil dari pola gerakan yang terstruktur adalah koreografi.

Untuk orang yang merancang koreografi disebut dengan koreografer.

3. Seni Film

Seni Film

Kamu mungkin penggemar film, baik itu produksi lokal maupun internasional. Film merupakan gambar hidup atau bisa disebut movie.

Secara kolektif film sendiri disebut dengan ‘sinema’, gambar hidup adalah bentuk seni. Film dihasilkan dari rekaman orang dan benda dengan kamera dan atau oleh animasi.

Kalau dari saya sendiri sih, lebih suka film action-adventure semacam Jumanji. Kalau kamu lebih suka film yang mana?

Baca juga: Prinsip Seni Rupa

4. Seni Keramik

Seni Keramik

Seni keramik merupakan kegiatan dalam mengolah material keramik untuk menciptakan karya seni dari yang bersifat tradisional sampai yang bersifat kontemporer.

Kriya keramik dibedakan pula berdasarkan prinsip fungsionalitas dan produksinya. Keramik tertua yang pernah ditemukan manusia yaitu Venus of Dolni Vestonice.

5. Seni Pertunjukan

Seni Pertunjukan

Karya seni pertunjukan melibatkan aksi kelompok atau individu di waktu dan tempat tertentu. Umumnya melibatkan 4 unsur yaitu waktu, tubuh seniman, hubungan dengan penonton dan ruang.

Seni pertunjukan yang kamu suka apa selain drama musikal?

6. Seni Instalasi

Seni Instalasi

Seni instalasi sendiri menggunakan cara memasang, menyatukan, mengkonstruksi benda-benda sehingga membentuk sesuatu yang bagus, cantik, keren.

Biasanya berbentuk 3 dimensi yang memperhitungkan unsur ruang, cahaya, suara, waktu, gerak, dan interaksi para pengunjung sebagai konsep akhirnya.

7. Seni Patung

Seni Patung

Seni patung adalah seni yang dibuat dengan cara dipahat, dicetak, modeling (contoh dengan tanah liat), bisa berbentuk manusia, hewan, tumbuhan, atau bentuk lainnya.

Intinya hasil karya seni patung akan berwujud 3 dimensi. Salah satu contohnya adalah patung GWK di Bali.

8. Seni Grafis

Seni Grafis

Seni grafis merupakan seni yang dalam proses pembuatan karyanya melalui teknik cetak dan biasanya diatas kertas. Dengan tujuan untuk membuat salinan karya dalam jumlah banyak (proses cetak).

Disebut dengan teknik matrix karena cetakan dibuat dari permukaan sebuah bahan. Matrix yang digunakan biasanya: plat logam, tembaga atau seng untuk engraving atau etsa (batu litografi); papan katu untuk cukil kayu (woodcut).

9. Seni Lukis

Seni Lukis

Seni lukis adalah seni yang cara pembuatan lukisannya dengan menggunakan cat dan kuas atau dengan alat-alat lain yang dituangkan kedalam kanvas, papan, kertas, dan lainnya sebagai media.

Mengolah medium 2 dimensi atau 3 dimensi untuk menciptakan kesan. Salah satu seni yang paling terkenal adalah lukisan monalisa.

Itulah merupakan beberapa penjelasan mengenai materi seni budaya yang menjabarkan pengertian, fungsi, jenis, prinsip, unsur beserta contoh dari seni rupa murni.

Semoga beberapa penjelasan diatas dapat bermanfaat bagi wawasan pengetahuanmu. Semangat menjadi orang yang intelektual, salam dari kami theinsidemag.com untuk kaum literasi!

Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Alat Musik Daerah

Kusuma
5 min read

Rumah Adat Jambi

Kusuma
3 min read

Rumah Adat Riau

Kusuma
3 min read

One Reply to “Seni Rupa Murni”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *