Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Seni Rupa Terapan

3 min read

Seni Rupa Terapan

Seni Rupa Terapan adalah karya seni rupa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dimana mengandung nilai fungsi tertentu disamping nilai seni yang dimilikinya.

Itulah sedikit pengertian singkat mengenai seni rupa terapan. Lalu, sejauh manakah kamu mengetahui mengenai karya seni rupa terapan?

Oke, begini ya teman-teman semua, sejatinya di antara masyarakat banyak yang belum mengetahui dan mengerti tentang apa yang dimaksud dengan sebuah karya seni ini. Kamu juga kan? 😀

Beberapa orang hanya menganggap seni itu untuk pajangan saja. Padahal, seni rupa sendiri memiliki banyak jenis termasuk seni rupa terapan dan seni rupa murni.

Menonjolkan keindahan adalah ciri seni rupa murni, berbeda dengan karya seni rupa terapan yang menonjolkan fungsi dan manfaatnya di dalam keindahan. Untuk itu, mari simak penjelasan lengkap mengenai materi seni budaya dibawah ini secara seksama ya!

Pengertian Seni Rupa Terapan

Pengertian Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan (applied art) adalah karya seni rupa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari yang mana mengandung nilai fungsi tertentu di samping nilai seni yang dimilikinya.

Secara sederhana, applied art adalah seni rupa yang menitikberatkan bukan hanya pada keindahan saja (seperti seni rupa murni) namun juga pada fungsi dan manfaat dari karya itu sendiri.

Bisa disebut, karya ini adalah sebuah karya yang multifungsi. Seni ini, memiliki sejarah yang cukup panjang dalam kehidupan manusia. Bahkan, seni ini sudah ada di jaman dahulu.

Meskipun sangat sederhana, namun penciptaan karya seni rupa ini dapat membuat kita percaya bahwa seni adalah bagian dari manusia itu sendiri. Sampai saat ini, kesenian tersebut terus dikembangkan.

Loading...

Baca juga: Pengertian Seni

Fungsi Seni Rupa Terapan

Fungsi Seni Rupa Terapan

Fungsi dari karya seni rupa terapan terbagi menjadi 2, yaitu fungsi estetis dan fungsi praktis. Berikut penjelasan singkatnya.

1. Fungsi Estetis

Fungsi estetis adalah fungsi yang hanya ditujukan sebagai benda hias, fungsi ini benar-benar menonjolkan keindahan. Contohnya: Karya batik atau tenun (hiasan dinding), benda kerajinan dan vas bunga.

2. Fungsi Praktis

Fungsi praktis adalah fungsi yang tujuan utamanya adalah sebagai benda pakai. Contohnya: perabotan rumah tangga, meja, kursi dan tekstil.

Baca juga: Aliran Seni Rupa

Macam-Macam Seni Rupa Terapan

Jenis Seni Rupa Terapan

Berikut adalah macam-macam seni rupa terapan yang ada di sekitar kita:

1. Dekorasi

Dekorasi adalah macam seni rupa terapan yang fungsinya untuk menghias sebuah ruangan menjadi lebih indah. Biasanya, kita banyak menjumpai dekorasi pada acara pertunjukan, pernikahan, pameran seni rupa dan acara yang lainnya yang memuat banyak dekorasi kreatif.

2. Arsitektur

Arsitektur adalah jenis macam-macam seni rupa terapan yang berbentuk bangunan. Contohnya: rumah, tempat ibadah, kantor dan bangunan lainnya.

3. Seni Kriya

Seni kriya atau seni ketrampilan tangan, memiliki fungsi untuk mengolah bahan baku yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar. Bahan baku diubah menjadi benda bernilai pakai.

4. Ilustrasi

Seni ilustrasi adalah karya berbentuk gambar atau foto, fungsinya untuk menjelaskan suatu naskah. Karya ilustrasi ini sering digunakan dalam buku pelajaran di sekolah dasar.

Dengan adanya foto atau gambar ilustrasi akan mempermudah pembaca dalam memahami isi sebuah bacaan atau cerita yang ada didalamnya.

5. Seni Grafis

Seni grafis adalah seni yang proses pembuatannya menggunakan teknik cetak, biasanya menggunakan kertas. Karya seni grafis memiliki fungsi sebagai alat komunikasi.

Baca juga: Apresiasi Seni Rupa

Jenis Seni Rupa Terapan

Berikut adalah jenis-jenis seni rupa terapan yang ada di kehidupan manusia:

1. Berdasarkan Fungsinya

Berikut adalah 2 fungsi yang dapat diketahui dan terkandung di dalam sebuah karya:

a. Fungsi praktis atau kegunaan.
b. Fungsi estetis atau keindahan pada karya seni.

2. Berdasarkan Bentuknya

Ada dua, yaitu sebagai berikut:

  • Seni Rupa 2 Dimensi (2D) merupakan karya seni yang mempunyai 2 unsur saja yaitu panjang dan lebar.
  • Seni Rupa 3 Dimensi (3D) merupakan karya seni yang memiliki 3 unsur (panjang, lebar dan tinggi).

3. Berdasarkan Wujudnya

Berdasarkan wujudnya, tentu di Indonesia sangat banyak sekali baik dilihat dari segi seni tradisional maupun seni modern-nya.

Contohnya: rumah adat, senjata tradisional, transportasi tradisional, serta karya seni lainnya yang khas dari daerah masing-masing.

Baca juga: Prinsip Seni Rupa

Contoh Seni Rupa Terapan

Contoh Seni Rupa Terapan

Adapun, berikut adalah contoh-contohnya beserta penjelasan singkat:

1. Peralatan Rumah Tangga

Peralatan rumah tangga ini merupakan salah satu contoh dari karya seni terapan. Contoh peralatan rumah tangga yang juga sebagai seni adalah kursi, meja dan tempat tidur.

Sudah pasti, semua peralatan itu memiliki fungsi namun juga diperindah dengan seni untuk mempercantik rumah. Peralatan tersebut dihias dan ditata sesuai keinginan yang punya rumah.

2. Pakaian

Contoh seni rupa terapan yang paling bisa dikenal adalah pakaian. Pakaian jelas digunakan manusia sebagai bahan sandang di kehidupan sehari-hari.

Saat ini pakaian bukan hanya sekedar kebutuhan sandang, dengan beragam model dari bentuk hingga gambar yang menghiasi ini sangat mempercantik modelnya dan bisa disebut sebagai karya seni rupa ini.

3. Poster

Poster juga termasuk salah satu contoh dari karya seni rupa. Meskipun bentuk poster hampir sama seperti lukisan berupa gambar dua dimensi, namun poster bukan merupakan seni rupa murni.

Poster juga memiliki tujuan yaitu untuk mengajak atau menghimbau masyarakat luas. Tujuannya ini yang membuat poster menjadi seni rupa terapan.

Baca juga: Pengertian Poster

4. Arsitektur Bangunan

Bangunan-bangunan yang kamu lihat dan sekarang kamu tempati juga merupakan salah satu contoh seni karya ini. Arsitektur yang ada pada bangunan tersebut merupakan seni keindahan yang terlihat.

Ada banyak sekali bangunan yang terkenal di dunia yang mana arsitekturnya membuat decak kagum. Contoh saja hotel masa kini dan beberapa garapan bangunan ala Ridwan Kamil yang sangat bagus.

5. Perhiasan

Perhiasan juga salah satu bentuk karya lho. Sederhananya perhiasan sendiri masuk ke dalam ketagori contoh karya yang mengedepankan nilai keindahan dariada kegunaan.

Bahkan, tidak jarang sebuah berlian, emas dan lainnya hanya dijadikan pajangan. Namun, lebih banyak yang memakai sebagai benda penghias di diri manusia.

6. Alat Transportasi

Alat transportasi di dunia ini ada banyak sekali, baik alat transportasi modern maupun tradisional. Alat ini bukan hanya sebagai pengangkut penumpang, namun juga sebagai karya seni.

Contohnya: mobil-mobil mewah yang dirancang dengan nilai estetika tinggi. Alat transportasi banyak juga yang seninya luar biasa di darat, laut dan udara.

7. Barang Elektronik

Barang-barang elektronik juga merupakan salah satu contoh karya seni ini. Sederhananya, adalah beberapa handphone atau HP.

HP sendiri dirancang dengan berbagai macam desain yang mumpuni. Sebut saja merk apple, samsung, xiaomi dan beberapa merk lainnya yang sangat bagus dalam segi keindahan.

Kadang, desain yang sangat mumpuni ini membuat harga HP menjadi lebih mahal. Luar biasa bukan?

8. Senjata Tradisional

Senjata tradisional ini juga masih banyak digunakan di suku-suku pedalaman Indonesia. Tentunya, senjata juga memiliki banyak nilai seni keindahan tersendiri.

Contoh saja seperti keris yang diukir sedemikian rupa sehingga membuatnya menjadi lebih indah. Senjata tradisional juga telah memiliki seni sejak zaman dahulu.

Baca juga: Unsur-Unsur Seni Rupa

Itulah merupakan beberapa materi contoh karya seni rupa terapan dan berbagai penjelasannya yang sudah kami rangkum secara saksama di theinsidemag.com ini.

Semoga materi diatas dapat bermanfaat dan membantumu dalam memahami tentang bagaimana materi ini berkesinambungan dengan materi lainnya. Salam literasi!

Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Alat Musik Daerah

Kusuma
5 min read

Rumah Adat Jambi

Kusuma
3 min read

Rumah Adat Riau

Kusuma
3 min read

2 Replies to “Seni Rupa Terapan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *