Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Teks Autobiografi

7 min read

Teks Autobiografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh dirinya sendiri, terkadang juga ditulis bersama orang lain. Autobiografi juga ada yang menyebut sebagai otobiografi.

Jenis tulisan ini dibuat dan ditulis berdasarkan kisah perjalanan hidup seseorang, sesuai dengan apa yang telah diceritakannya.

Seharusnya kamu tidak asing dengan riwayat hidup seseorang. Apabila kamu sudah mengetahui tentang teks biografi, maka teks autobiografi pun isinya tidak jauh berbeda dengan teks itu.

Hanya saja ada beberapa perbedaan antara kedua jenis teks tersebut, di mana autobiografi ditulis sendiri atau bersama orang lain, namun biografi hanya dibuat orang lain.

Pengertian Teks Autobiografi

Pengertian Teks Autobiografi

Autobiografi juga sering disebut orang-orang dengan otobiografi, teks autobiografi merupakan tulisan riwayat dalam hidup seorang tokoh yang dibuatnya sendiri.

Namun terkadang penulis membuatnya bersama orang lain. Tulisan tersebut dibuat berdasarkan pada kisah perjalan selama hidupnya.

Tokoh dapat menceritakan banyak hal, dimulai ketika masa kecilnya sampai dengan masa-masa kejayaan berhasil menggapai kesuksesan.

Pengarang autobiografi pada umumnya mengandalkan berbagai dokumen dan sudut pandang dalam tulisannya.

Teks ini dapat berisi mengenai seperti apa lika-liku pada kehidupan seorang tokoh dalam melewati masa kegagalan, kebahagiaan, kesedihan, sampai dengan kehidupannya saat ini.

Perbedaan yang bisa Kamu ketahui antara biografi dan autobiografi yaitu, sudut pandang pertama berupa aku digunakan untuk autobiografi. Sedangkan sudut pandang ke-3 digunakan dalam tulisan biografi.

Ciri-Ciri Teks Autobiografi

Ciri-Ciri Teks Autobiografi

Lantas, setelah memahami tentang pengertiannya, berikut ini adalah karakteristik dari teks autobiografi:

  1. Mengisahkan perjalanan hidup seseorang berdasarkan fakta pengalaman atau ingatan yang dituangkan dalam bentuk tulisan oleh dirinya sendiri, atau bisa juga dibantu orang lain.
  2. Mengangkat cerita tentang perjalanan mencapai kesuksesan dari nol.
  3. Menampilkan berbagai informasi hal-hal positif saja. Bahkan sering dibuat sebagai bentuk pencitraan seorang tokoh politik.
  4. Tujuan penulisan autobiografi yaitu agar masyarakat secara luas lebih mengenal dan mengetahui tentang perjuangan selama hidupnya. Sehingga pembaca dapat mengambil hikmahnya, dsb.

Tujuan Teks Autobiografi

Tujuan Teks Autobiografi

Teks autobiografi dibuat sebenarnya untuk apa sih? Berikut adalah tujuan dari teks otobiografi:

  1. Mengenalkan diri sendiri kepada orang lain secara mendetail.
  2. Memberikan pelajaran, gambaran, serta berbagai kisah inspiratif kepada orang lain mengenai perjalanan seseorang dapat sukses di bidangnya serta sedang digeluti saat ini. hal itu bisa berupa karir, politik, bisnis, dan bidang lainnya.
  3. Sebagai bahan pencitraan seseorang.

Jenis-Jenis Autobiografi

Jenis-Jenis Autobiografi

Autobiografi sendiri memiliki berbagai macam jenis-jenis. Berikut adalah jenis-jenis teks autobiografi yang setidaknya harus kamu pahami ya.

1. Fiksi

Autobiografi fiksi ialah autobiografi yang bertujuan untuk membuat definisi suatu novel berisi tokoh fiktif, penulisannya sendiri dibuat seolah-olah tokoh tersebut membuat tulisan biografinya sendiri.

2. Palsu

Autobiografi jenis palsu menggambarkan jika seorang pengarang dianggap memiliki kehidupan penuh penderitaan dalam keluarga, banyak masalah di dalamnya yaitu berupa kekerasan maupun perilaku buruk.

3. Sebagai Kritik atas Totalitarianisme

Autobiografi satu ini sebagai salah satu dari penentang dan korban rezim totaliter yang memiliki kemampuan untuk menyampaikan kritik dengan sangat mencolok. Hal itu dilakukannya melalui tulisan berbentuk teks autobiografi.

4. Seseorang yang Tidak Populer

Seseorang menulis autobiografinya sendiri meskipun tidak populer, bertujuan sebagai rujukan untuk dibagikan ke masyarakat atau orang lain.

Struktur Autobiografi

Struktur Autobiografi

Adapun berikut adalah struktur teks autobiografi:

a. Judul

Judul pada umumnya berisi nama tokoh atau penjelasan di dalamnya.

b. Latar Belakang Keluarganya

Struktur ini membahas penjelasan meliputi bagian-bagian dalam keluarga. Misalnya seperti orang tua, saudara kandung, dan sebagainya. Bisa juga berupa uraian tanggal lahir orang tua atau urutan anak.

c. Background Mengenai Pendidikan

Struktur ke-3 ini mengisahkan tentang riwayat studi yang pernah ditempuh, bisa mulai dari sekolah tingkat dasar hingga perguruan tinggi dengan disebutkan nama tempatnya. Namun bisa juga berupa pendidikan terakhirnya saja.

d. Sesuatu yang Dicapai

Dalam hal ini bisa berupa prestasi, karya yang dihasilkan, maupun penghargaan/keberhasilan atas suatu hal.

e. Latar Belakang Karir

Riwayat karir seorang tokoh berisi perjalanan karir yang pernah dilakukannya.

Kaidah Kebahasaan Autobiografi

Kaidah Kebahasaan Autobiografi

Kaidah kebahasaan dalam teks autobiografi memiliki beberapa kaidah, yaitu sebagai berikut:

  1. Kata Penghubung atau Hubung
    Kata ini berfungsi sebagai penyambung antara satu kata dengan kata lainnya.
  2. Kata Kerja
    Kata kerja berarti sebuah kelompok kata yang memberikan penjelasan atas suatu hal yang dilakukan oleh tokoh dalam tulisan.
  3. Rujukan Kata
    Kata satu ini merujuk kata lainnya yang telah diungkapkan pada sebelumnya.
  4. Keterangan Waktu
    Kata ini mempunyai fungsi untuk menunjukkan suatu tempat, waktu, dan peristiwa yang terjadi pada tokoh.

Manfaat Teks Autobiografi

Manfaat Teks Autobiografi

Teks jenis autobiografi memiliki beberapa manfaat yang dapat Anda ambil, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Sebagai bentuk refleksi agar lebih baik lagi dalam memahami masa lalu.
  • Membantu membuat diri Anda lupa atau beranjak dari suatu kejadian yang buruk pada masa lalu.
  • Mengetahui mengenai bagaimana diri Anda dinilai oleh orang lain.
  • Menyadari perubahan yang terjadi di dalam diri sendiri dari tahun ke tahun.
  • Mengetahui kesalahan yang ada di masa lalu dan memperbaikinya.
  • Bisa menjadi nilai yang lebih mendalam mengenai permasalahan profesionalitas.

Cara Membuat Teks Autobiografi

Cara Membuat Teks Autobiografi

Dalam proses pembuatannya, teks ini memiliki beberapa urutan yang harus diperhatikan. Adapun urutan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Membuat garis besar dari kisah perjalanan hidup yang telah Anda alami untuk ditulis.
  2. Menentukan tujuan dari dilakukannya penulisan.
  3. Mengumpulkan informasi dan data.
  4. Pengalaman dituliskan dalam suatu konteks pelajaran bagi pembaca atau orang lain.
  5. Menyusun sebuah outline autobiografi untuk selanjutnya dikembangkan.

Contoh Teks Autobiografi

Contoh Teks Autobiografi

Banyak sekali contoh-contoh singkat dan lengkap mengenai teks autobiografi. Berikut kami lampirkan contoh autobigorafi dan juga strukturnya.

1. Autobiografi Diana

Aku bernama Diana, lengkapnya yaitu Diana Larasati. Aku dilahirkan ibuku di Yogyakarta pada tanggal 6 Juni 1996. Aku berasal dari keluarga sederhana, Ayahku seorang guru honorer bernama Adam Idris. Sedangkan ibuku yang bernama Dwi Permatasari mempunyai toko sembako.

Aku memiliki seorang adik yang bernama Hendra Sakti, dia berbeda 4 tahun denganku. Aku lulus dari SD lebih dari 6 tahun lamanya, tepatnya 7 tahun. Hal itu karena aku sempat tinggal kelas ketika duduk di kelas 4. Aku menjadi korban tabrak lari dalam peristiwa tersebut.

Ada sebuah kejadian yang menimpaku ketika pulang dari sekolah, dan aku menjadi korban tabrak lari dengan TKP di perempatan jalan dekat gang menuju rumah. Sehingga membuat aku diharuskan cuti selama berbulan-bulan.

Aku melakukannya demi pemulihan kondisi pasca tabrak lari, lenganku patah karena tertimpa sepedaku. Namun aku terus semangat dan pantang menyerah. Hal itu karena aku harus terus berjuang untuk mencapai target pendidikanku. Sampai aku kuliah di Oxford, Inggris.

Oxford sendiri adalah salah satu universitas bergengsi di dunia. Perjuanganku sangat panjang hingga bisa sukses mengenyam pendidikan di sana. Kini aku mempunyai beberapa prestasi yang patut dibanggakan. Tahun 2015 adalah tahun di mana aku resmi menjadi mahasiswa Oxford.

Aku adalah seorang wakil dari negara Indonesia dalam perlombaan bernama Physic & Astronomy Contest di London tahun 2016. Selain itu aku pun berhasil memenangkan kategori kontestan terbaik se-fakultas dalam kontes menyanyi, kemudian awal 2019 aku dinyatakan lulus dari Oxford.

Aku sekarang bekerja di Amsterdam dalam perusahaan produsen kincir angin. Aku juga cukup bersahabat dengan lingkungan tempatku bekerja saat ini, serta harapanku adalah bisa segera kembali untuk berkarya di Indonesia yang menjadi tanah kelahiranku.

2. Autobiografi Seorang Sahabat

Ardiansyah Saputra adalah sahabatku sejak kecil hingga sekarang. Dia memiliki hobi bermain bola dan kerap dipanggil dengan nama Iput oleh orang di sekitarnya. Iput lahir di Kediri, pada 31 Oktober dari pasangan orang tuanya yang bernama Intan Ardani dan Bagus Permata.

Iput memiliki seorang kakak perempuan yang telah menikah, serta tinggal dengan sang suami di Surabaya. Ia juga memiliki adik laku-laki bernama Dwiki Putra yang saat ini tengah berusia 7 tahun. ia masuk SD Negeri 1 Kediri tahun 2006 hingga 2012.

Kemudian Iput melanjutkan sekolah menengah pertamanya di SMPN 2 Kediri pada 2012 s.d. 2015. Lalu masuk SMAN 1 Kediri. Iput dan aku bahkan memilih ekstrakurikuler sama, yaitu Paskibraka serta aktif di OSIS. Iput bahkan sempat menjabat sebagai ketua dan aku wakilnya.

Dia tidak hanya aktif dalam kegiatan non pendidikan, kemampuannya pun tidak perlu diragukan lagi karena memenangkan juara 1 olimpiade sains se-Jawa Timur. Prestasi selatah itu adalah juara umum story telling dalam acara memperingati hari jadi Kediri tahun 2013, dan masih ada lagi lainnya.

Iput yang menjadi siswa serba bisa ini memiliki cita-cita mulia menjadi seorang dokter mata, dan kini sedang menempuh studinya di Fakultas Kedokteran UGM. Selain itu ia juga ingin mendirikan rumah sakit khusus penyakit mata dan memberikan pengobatan gratis bagi masyarakat kurang mampu.

Contoh Teks Autobiografi Singkat

Contoh Teks Autobiografi Singkat

Autobiografi Alam Syahreza

Nama lengkap saya adalah Alam Syahreza, lahir di Samarinda pada 11 Januari 1995. Saya seorang sarjana Teknik Sipil lulusan UI tahun 2018. Sejak memasuki masa awal perkuliahan, saya ikut kursus menggambar serta belajar sendiri untuk membuat animasi secara otodidak.

Setelah lulus dari kampus, saya pun memutuskan untuk memilih profesi bidang seni sebagai jalan hidup ke depannya. Saya pun menjadi animator sejak awal tahun 2019 di KyoAi, perusahaan animator terbesar di Jepang.

Contoh Teks Autobiografi Tokoh

Contoh Teks Autobiografi Tokoh

Mengenal Sosok Bill Gates Lebih Dekat

Willian Henry Gates III atau yang lebih akrab disapa Bill Gates oleh semua masyarakat di dunia. Pria kelahiran Seattle Washington ini lahir pada 28 Oktober tahun 1955. Ia adalah putra ke-2 dari 3 bersaudara, ayahnya bekerja sebagai pengacara dan profesi ibunya adalah guru.

Perlu diketahui sebelumnya bahwa Bill Gates melangsungkan pernikahan dengan Melinda French tanggal 1 Januari tahun 1994, serta memiliki 3 anak. Adapun nama anak-anaknya yaitu Rory John Gates, Jennifer Katharine, serta Phoebe Adele Gates.

Bill Gates dikenal karena kejeniusannya dalam menciptakan serta mendirikan perusahaan terkenal Microsoft. Bill Gates pernah tercatat pada majalah Forbes menjadi orang terkaya urutan pertama di seluruh dunia sejak tahun 1995 sampai dengan 2007.

Bersama istrinya, Bill Gates mendirikan sebuah yayasan bernama Bill and Melinda Gates Foundation. Yayasan ini adalah sebuah yayasan sosial berupa filantropi. Yayasan itu mengemban misi berupa pemberian beasiswa untuk perguruan tinggi bagi kaum minoritas.

Di samping itu, yayasan juga ingin melawan AIDS serta penyakit lainnya yang menyerang penduduk dunia. Gates menyatakan bahwa dirinya menyumbangkan 90% dari hartanya selama mendirikan perusahaan Microsoft. Hal itu dilakukannya melalui surat kabar di Washington DC tahun 1997.

Bill Gates sendiri merupakan sosok jenius yang sudah ditunjukkan sejak kecil. Tetapi ia cenderung mengalami kesulitan saat masa sekolah karena semangat berlebihannya.

Orang tua Bill Gates pun memutuskan untuk mengirimkan putranya ke sekolah yang berada di kota lain ketika memasuki usia 13 tahun. Sekolah tujuannya yaitu Lakeside School, suatu sekolah bergengsi khusus diperuntukkan laki-laki.

Bill Gates mengenal komputer untuk pertama kalinya di sekolah tempatnya mengenyam pendidikan. Namun hanya berbentuk sebuah mesin teletype yang menghubungkan komputer pembagian waktu dan telepon. ASR-33 adalah penyebutan untuk komputer serta kondisinya masih pasaran di luar.

Komputernya pun sama seperti mesin ketik menginput perintah dan selanjutnya akan dikirim menuju komputer. Lalu yang memerintahkan akan mendapatkan jawaban atas ketikan di atas gulungan pada teletype. Bill Gates berpendapat bahwa proses itu menghabiskan waktu lama.

Sehingga membuatnya ingin menguasai BASIC dengan cepat, serta coding bersama hacker-hacker do Lakeside. Lalu ia memutuskan belajar hal-hal tentang komputer. Bill Gates pun mempersiapkan program software pertama bersama Paul Allen, temannya ketika tahun 1975.

Program itu pun dipakai pada komputer mikro. Keduanya meyakini bahwa software adalah kunci untuk membuka masa depan dunia tentang teknologi. Kemudian hal inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya Microsoft.

Kedua teman itu pun melanjutkan pendidikan tinggi di kampus Harvard, yang pada saat itu mereka berhasil membuat perangkat lunak Altair BASIC untuk Altair 8800 saat 1970. BASIC tersebut adalah sumber inspirasi terbentuknya coding.

Pada perkembangan selanjutnya karya yang dihasilkan dinamai Microsoft Basic. Microsoft Basic sendiri diperuntukkan sistem operasi komputer MS DS. Kemudian MB ditingkatkan menjadi Microsoft Quickbasic yang diperjualkan tanpa adanya kompiler.

Pada awal tahun 1970-an, Bill Gates melakukan pengiriman surat terbuka untuk komunitas yang gemar terhadap komputer. Surat itu berisi tentang adanya pasar untuk menjual program software secara komersial.

Program software itu tidak layak diperbanyak atau digandakan maupun dilakukan penyalinan tanpa memperoleh izin dari penerbitnya. Namun komunitas yang gemar berkomputer diberikan pengaruh atas pemahaman terkait inovasi maupun pengetahuan wajib dibagikan komunitas.

Perusahaan Microsoft pun berdiri setelah itu, dan menjadi perusahaan paling sukses di dunia. Lahirnya perusahaan ini bahkan memimpin menuju pembukaan industri software komputer hingga sekarang. Microsoft berencana membeli sistem operasi komputer x86, asal Seattle Computer Company.

Namun rencana tersebut ternyata gagal, apalagi ditambah masalah penggugatan oleh perusahaan itu. Hingga akhirnya Bill Gates patut berbahagia berkat adanya pemakaian CD-ROM untuk penyimpanan data-data ketika memasuki dasawarsa 1980-an.

Penerbitannya pun telah disponsori oleh The New Payparus. Kabar tidak terduga pun datang pada awal tahun 2000, di mana Bill Gates melepaskan jabatan CEO dan mengundurkan diri. Kemudian seorang teman lamanya, Steve Ballmer, diberikan mandat jabatan itu.

Sementara itu, Gates sendiri tengah mempersiapkan diri untuk kembali menggeluti hobi lamanya berupa pembuatan software. Hal itu memang bukan hal mengejutkan, karena sejak dahulu ia memang menyukai hal tentang komputer seperti penjelasan yang ada di atas.

Selain itu ia menerima penghargaan yang diberikan oleh Ratu Elizabeth II berupa Knight Commander of the Order of the British Empire. Untuk saat ini, ia tengah berkonsentrasi pada yayasan yang telah didirikan bersama istrinya.

Autobiografi memang mengandung isi tentang kehidupan seseorang, sejak kecil sampai dengan saat ini. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa autobiografi mengisahkan suka duka dalam menghadapi kesulitan, kesedihan, kegagalan, dan sebagainya untuk bisa meraih kesuksesan.

Demikian dari kami mengenai teks autobiografi lengkap dengan contohnya semoga bermanfaat. Kami theinsidemag.com menerima saran dan kritik dengan senang hati :).

Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Teks Pidato

Kusuma
4 min read

Teks Negosiasi

Kusuma
3 min read

Teks Prosedur

Kusuma
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *