Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Teks Biografi

8 min read

Teks Biografi

Teks Biografi adalah salah satu teks yang berisi tentang kisah suatu tokoh dalam menjalani kehidupannya, baik itu berupa kelebihan, masalah dan kekurangan yang dituliskan seseorang agar cerita dari tokoh tersebut bisa dijadikan tauladan bagi banyak orang.

Selain mengenai biografi, kamu tentu juga kenal bukan dengan teks autobiografi? Penjelasannya akan kami bahas lebih lanjut, maka dari itu kita simak terlebih dahulu materi kali ini.

Mungkin kamu pernah membaca buku biografi seorang tokoh, baik tokoh nasional atau tokoh-tokoh terkenal lainnya. Kalau saya, pernah membaca biografi tentang B.J Habibie.

Selain dalam bentuk buku, biografi pun ada yang lebih sederhana, yaitu dalam bentuk teks. Sehingga disebut dengan teks biografi, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Teks Biografi

Pengertian Teks Biografi

Teks biografi merupakan sebuah tulisan yang membahas tentang cerita hidup atau kehidupan seseorang semasa masih hidup di dunia. Biografi sendiri ada yang ditulis panjang dan ada yang singkat.

Biografi singkat mengulas mengenai peran untuk lingkungan dan berbagai fakta dalam hidup seseorang.

Begitu juga sebaliknya tentang biografi panjang, penulis akan mengulas selengkap mungkin dan lebih jelas daripada jenis sebelumnya.

Fyi, menurut KBBI definisi dari biografi merupakan riwayat hidup (seseorang) yang ditulis oleh orang lain. Di kutip dari bebera sumber definisi teks biografi adalah teks yang berisikan riwayat/pengalaman hidup seseorang semenjak lahir sampai tutup usia yang dituliskan oleh orang lain.

Ciri-Ciri Teks Biografi

Ciri-Ciri Teks Biografi

Adapun berikut adalah 3 ciri khusus atau karakteristik mengenai teks biografi:

  1. Harus menginformasikan kepada orang lain berdasarkan fakta di lapangan serta diceritakan dalam bentuk narasi.
  2. Teks ini membawa suatu kenyataan mengenai pengalaman hidup pada tokoh dalam biografi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan hingga meraih keberhasilan. Sehingga bisa dijadikan teladan bagi pembaca.
  3. Tersusun dari struktur yang jelas, yaitu terdiri atas orientasi, masalah, dan reorientasi.

Tujuan Teks Biografi

Tujuan Teks Biografi

Ditulisnya biografi seseorang pasti memiliki maksud tertentu agar dapat menjadi motivasi atau pembelajaran bagi orang lain. Nah, berikut beberapa tujuan teks biografi:

  • Pembaca diharapkan bisa tahu dan memperoleh pelajaran hidup dari seorang tokoh.
  • Tokoh yang dibahas dalam teks biografi diharapkan dapat menginspirasi orang lain.
  • Supaya pembaca bisa mengambil nilai positif serta meneladani tokoh yang diulas.
  • Menambah wawasan bagi pembaca karena bisa tahu tentang informasi yang orang lain belum mengetahuinya.
  • Pembaca bisa termotivasi dalam menjalankan kehidupannya dari contoh seorang tokoh.
  • Pembaca dapat mengambil hikmah dari cerita seorang tokoh, sehingga bisa dijadikan contoh.

Struktur Teks Biografi

Struktur Teks Biografi

Ada berapa sih struktur dari teks biografi? Berikut ya, penjelasan lengkap dan singkatnya.

1. Orientasi

Orientasi yaitu suatu bagian yang menjelaskan atau memberikan informasi terkait pengenalan tokoh-tokoh di dalam teks. Bagian ini berisi tokoh dalam kisah/cerita pada biografi tersebut.

2. Permasalahan atau Peristiwa yang Terjadi

Pada bagian peristiwa, aspek di dalamnya berupa hal-hal yang telah terjadi dalam kehidupan seorang tokoh. Teks akan membahas berbagai masalah yang dihadapinya, serta tantangan untuk meraih tujuan/kesuksesan.

3. Reorientasi

Reorientasi adalah bagian penutup pada teks jenis biografi, isinya berupa bagaimana pandangan penulis terhadap tokoh dalam teks. Perlu diketahui sebelumnya bahwa bagian reorientasi bersifat opsional. Hal itu berarti bagian penutup tidak harus dicantumkan saat membuat teks.

Kaidah Kebahasaan Teks Biografi

Kaidah Kebahasaan Teks Biografi

Kamu dapat mengetahui tentang teks jenis ini melalui kaidah kebahasaan yang digunakannya. Teks jenis biografi pada umumnya memakai kaidah dominan seperti jenis kata.

Misalnya yaitu kata ganti, hubung, kerja simpel, keterangan, dan sifat. Adapun kaidah kebahasaan di antaranya:

1. Kata Hubung

Kata hubung yaitu kata yang berfungsi untuk menghubungkan antar kata dengan kata yang lain pada suatu kalimat/kata. Contoh kata hubung yaitu tidak hanya itu, walaupun seperti itu, namun, serta maka dari itu.

2. Kata Rujukan

Kata rujukan memiliki arti berupa suatu kata untuk mengatakan kepada orang lain yang sudah dikatakan atau dibahas sebelumnya. Kata rujukan sendiri dibagi menjadi:

  • Rujukan orang : mereka, ia, -nya, dia, beliau
  • Rujukan tempat : di sini, di situ, di sana
  • Rujukan permasalahan atau benda : itu, tersebut, ini

3. Kejadian, Tempat, dan Waktu

Kata-kata yang ada dalam teks biografi yang berfungsi untuk menunjukkan waktu, kejadian, maupun tempat yang sedang atau dialami seorang tokoh dalam teks.

4. Kata Kerja

Kata kerja atau sebutan lainnya berupa verba adalah kata-kata yang membahas tentang sebuah masalah yang dikerjakan tokoh. Kata kerja ini pun terdiri atas 2 bentuk, kedua bentuk ini berlandaskan pada:

  • Bentuk
    Kata kerja berlandaskan bentuk merupakan kata yang masih berwujud sesuai aslinya. Hal itu berarti kata tersebut belum mengalami derivasi baik awalan, sisipan, maupun akhiran. Contohnya seperti ambi, beli, asil, dll.
  • Imbuhan
    Kata kerja berimbuhan berarti kata kerja dengan penambahan seperti sisipan, akhiran, atau awalan.

Tips Membuat Teks Biografi

Tips Membuat Teks Biografi

Dalam membuat sebuah teks biografi tentu kamu tidak boleh asal-asalan, ada beberapa kaidah dan struktur yang harus kamu ikuti agar teks yang kamu buat dapat dikategorikan sebagai teks biografi.

Untuk itu, kami memberikan beberapa tips dalam membuat teks biografi. Mau tahu lebih lanjut? Yuk, simak dan pahami tips yang kami berikan.

1. Penulis Harus Menentukan Siapa yang Hendak Dijadikan Subjek Penulisannya

Kamu harus menentukan pilihan seseorang terlebih dahulu untuk dijadikan subjek, termasuk tentang nilai atau bisa juga konsistensi dalam kehidupannya.

Perlu diketahui bahwa spektrum penulisan pada teks ini sangat luas, bukan hanya seorang yang populer saja melainkan nilai pada tokoh tersebut.

Untuk masalah tersebut, kamu dapat memutuskannya sendiri untuk memilih seorang tokoh yang hendak dibuat teks jenis biografi.

Nilai pada seseorang memang sangat penting, apalagi pada usaha maksimal seseorang tokoh.

2. Kamu Perlu Melakukan Riset yang Mendalam agar Tulisan Biografi yang Dihasilkan Maksimal

Langkah setelah menentukan subjek tulisan yaitu melakukan riset mendalam. Riset sendiri terdiri atas 3 jenis, yaitu wawancara, riset, serta reportase.

Langkah pada fase ini sangat penting untuk dilakukan, karena akan menentukan langkah-langkah penulisan selanjutnya.

Apalagi ketika hendak menulis teks ini, kamu memang sangat disarankan untuk melakukan riset terlebih dahulu.

Hal itu dikarenakan riset merupakan fondasi dalam penulisan biografi seorang tokoh. kamu bisa membuat biografi menarik jika melakukan riset dengan serius.

Biografi tokoh akan kehilangan informasi penting, logika, perasaan, dan hal lainnya tanpa melakukan riset sebelum memulai. Maka tips ini juga perlu untuk dipertimbangkan. Apalagi mengumpulkan informasi background tokoh tersebut.

Informasi mengenai latar belakang tokoh perlu digali dari berbagai sumber. Adapun background tersebut misalnya seperti pendidikan, keluarga, karir, prestasi yang pernah diraih tokoh, serta hal lainnya.

3. Perlu Kejelian ketika Menentukan Judul untuk Tulisan Biografi

Penentuan judul dalam tulisan biografi juga penting untuk dilakukan ketika kamu menulis biografi. Judul sendiri mempunyai peran dalam hubungan tentang sisi mana yang hendak dipilih untuk membuat teks.

Perlu diingat, sebuah judul tidak diharuskan untuk mengangkat seluruh sisi, jadi kamu sebaiknya mengambil sisi-sisi menonjol bernilai positif, sehingga bisa dijadikan contoh oleh pembaca di luar sana.

Hal itu agar kamu bisa fokus dalam bab tertentu, supaya menarik dan mudah ditulis.

4. Membuat Kerangka Teks Biografi sesuai Struktur

Teks yang kamu buat harus dibuat sesuai struktur yang sudah disebutkan di atas. Perlu diingat juga bahwa struktur tidak harus memiliki bagian penutup berisi pandangan penulis terhadap tokoh.

Penutup memang opsional, namun kamu bisa menambahkannya untuk semakin melengkapi tulisan.

5. Kembangkan Narasi sesuai Kerangka untuk Membuat Teks

Kerangka yang dibuat sebelumnya dapat kamu jadikan patokan sebagai ide untuk mengembangkannya dan dijadikan paragraf secara rinci serta berurutan.

Hal ini dilakukan supaya tidak ada informasi yang kurang atau tidak lengkap ketika menuliskannya.

Kembangkan narasi mengenai tokoh seolah kamu mengetahui seluruh informasi tentang tokoh, namun tetap pastikan tulisan mengandung fakta.

Sehingga tulisan murni dari apa yang telah terjadi pada tokoh, bukan hanya karangan belaka.

Contoh Teks Biografi Singkat

Contoh Teks Biografi Singkat

Setelah memahami mengenai teori teks biografi tentu kamu harus membaca atau mengetahui salah satu contoh biografi sebagai pembelajaran.

Untuk itu, tidak tanggung-tanggung kami memberikan contoh biografi singkat dan lengkap yang mana tertera juga lho struktur biografinya. 

1. Contoh Biografi Orang Tua

Contoh Biografi Orang Tua

Sosok Tangguh Seorang Ayah

Ayahku merupakan seorang yang gagah, pemberani, dan selalu menyayangi seluruh keluarga kecil kami. Bagas Widodo adalah nama lengkap ayahku, beliau lahir di Solo pada 24 April tahun 1969. Masa muda ayahku dihabiskan untuk bekerja sebagai pelaut, beliau pun memutuskan merantau.

Ayahku memang orang yang kuat dan pemberani, ganasnya ombak mampu dihadapinya dengan kegigihan dan semangat untuk mencari rezeki. Pekerjaan tersebut dilakukannya kurang lebih selama 12 tahun sebagai pelaut yang tangguh.

Setelah itu, beliau memutuskan tidak bekerja di laut lagi, melainkan ingin menekuni bisnis properti. Usahanya pun bahkan berkembang dengan pesat, hingga mampu untuk mengekspor barang ke luar negeri. Bisnis ayahku ini memiliki karyawan produktif sebanyak 100 orang.

Sehingga hal itu mampu mengurangi tingkat pengangguran. Ayahku adalah seorang pebisnis yang cerdas, apabila terdapat masalah dalam bisnisnya, maka beliau bisa mengatasi masalahnya. Hal itu dilakukan dengan cara cepat dan efektif.

Sehingga tidak mengherankan jika ayah sering memperoleh proyek besar. Tidak hanya sukses di bidang bisnis, ayahku juga seorang yang penyayang bagi anak-anak dan keluarganya. Ayahku bahkan sering memberikan motivasi mengenai sekolah dan kehidupan. Sungguh ayah yang bijak.


2. Contoh Biografi Tokoh Bu Susi Pudjiastuti

Contoh Biografi Tokoh Bu Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti: Wanita Luar Biasa

Susi Pudjiastuti memutuskan untuk berjualan ikan setelah berhenti dari sekolah menengah pertama. Kini ia pun dikenal sebagai salah satu wanita dengan kesuksesan di bidang bisnis asal Indonesia. Sektor usaha miliknya sebagian besar lebih banyak di bidang perikanan, hasil-hasil laut, serta transportasi udara.

Bisnis pertama yang dijalaninya yaitu sebagai pengepul ikan pada saat tahun 1983 di wilayah Pangandaran, Jawa Barat. Pengepul dipilih dengan berbekal modal dari menjual perhiasaan miliknya. Kemudian Susi Pudjiastuti mendirikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product tahun 1996.

PT miliknya mempunyai produk andalan berupa lobster dan diekspor sampai ke luar negeri. Produk-produk yang dihasilkan dijual mulai dari kawasan Asia sampai ke Amerika. Susi akhirnya memberanikan diri melakukan pinjaman uang untuk membeli pesawat.

Hal itu berani dilakukannya karena demi menjaga produk-produk hasil lautnya, agar tetap segar ketika sampai ke pelanggannya. Pinjaman senilai 20 miliar rupiah didapatkannya ketika tahun 2004, adapun pesawat yang dibeli yaitu Cessna Caravan.

Selain itu, Susi Pudjiastuti juga mendirikan sebuah perusahaan jenis transportasi udara yang diberi nama PT ASI Pudjiastuti Aviation. Usaha itu pun berkembang pesat. Terbukti dengan jumlah pesawat telah mencapai puluhan pesawat karena sebelumnya hanya 1 pesawat saja.

Pesawat-pesawat miliknya ada yang disewakan, mengangkut penumpang, atau hasil laut. Selain berprofesi sebagai pebisnis sukses dalam bidang hasil laut, Susi juga pernah menjabat menjadi Menteri Perikanan dan Kelautan pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo yang pertama.


3. Contoh Teks Biografi Tokoh B.J Habibie

Contoh Teks Biografi Tokoh B.J Habibie

B.J Habibie: Sosok Jenius Asal Indonesia

Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang lebih akrab dikenal dengan nama B.J Habibie, adalah seorang tokoh yang sangat populer di Indonesia hingga dunia. Beliau lahir pada tanggal 25 di bulan Juni tahun 1936. Pare-Pare merupakan tanah kelahiran tokoh ini.

Beliau memiliki seorang istri bernama Ainun Besari. Lalu beliau sempat menjadi presiden dan menjadi sosok sangat berpengaruh bagi negara Indonesia, meskipun masa kepemimpinannya tidak dalam waktu yang lama. Ainun pun bahkan selalu mendampingi Habibie sepanjang hidupnya.

Sehingga tidak mengherankan jika Habibie adalah sosok seorang politikus handal, karena ada sosok Ainun juga di balik kesuksesannya. Selain itu Habibie dikenal sebagai bapak teknologi Indonesia. Hal itu karena kepandaiannya dalam masalah teknologi, khususnya pesawat terbang.

ITB adalah tempat B.J Habibie melaksanakan pendidikan perguruan tingginya, kemudian melanjutkan studinya di negara Jerman. Bahkan ketika berada di sana, banyak orang kagum atas kepandaian yang dimiliki Habibie.

Apalagi dalam masalah pesawat terbang, bisa dibilang jika Habibie adalah salah satu ahli dalam hal itu. Sehingga sosok Habibie mampu memberikan semangat bagi pemuda Indonesia bahwa mereka mampu bersaing di dalam bidang teknologi pesawat.

4. Contoh Biografi Seorang Penulis Bernama Tere Liye

Contoh Biografi Seorang Penulis Bernama Tere Liye

Tere Liye: Penulis Populer Indonesia

Tere Liye bukanlah nama yang asing di telinga penikmat novel karya-karya anak bangsa, karena ia merupakan seorang penulis terkenal serta sudah banyak menghasilkan karya. Bahkan ia dapat dikatakan penulis terproduktif sekarang.

Pasalnya penulis satu ini selalu menghasilkan karya-karya baru setiap tahunnya. Tere Liye lahir di daerah pedalaman Sumatera, 21 Mei 1979. Tere Liye mempunyai gaya tulisannya yang tidak biasa dalam setiap novel karyanya. Hampir seluruh tema pernah ia tulis, mulai dari ekonomi, percintaan, politik, pendidikan, agama, serta tema-tema lainnya.

Novel karya Tere Liye selalu dinantikan dan diburu para penikmat novel di Indonesia setiap merilis karya terbarunya. Padahal ia tidak mempunyai jejak sebagai penulis novel, jika melihat background pendidikannya. Ia sendiri merupakan sarjana ekonomi dari Universitas Indonesia.

Orang tuanya pun seorang petani biasa di kampungnya. Namun bakat novelis dalam dirinya tidak perlu diragukan lagi. Terbukti bahwa beberapa judul novel miliknya sudah ada yang diangkat ke layar lebar. Adapun karya tersebut adalah Bidadari-Bidadari Surga dan Hafalan Sholat Delisa.

Ternyata novelis ini seorang karyawan perusahaan swasta, hal yang membuat banyak orang kagum karena penulis bukan pekerjaan utamanya. Apalagi ketika diketahui bahwa menulis sebenarnya hanyalah sebuah hobi yang digemari. Pembaca dapat mendapatkan banyak hal melalui tulisannya.


5. Contoh Teks Biografi dan Strukturnya

Contoh Teks Biografi dan Strukturnya

Albert Einstein: Tokoh Fisika yang Banyak Berkontribusi untuk Ilmu Pengetahuan

Orientasi:

Pasangan Hermann Einstein dan Pauline mempunyai seorang anak bernama Albert Einstein yang lahir di Jerman pada 14 Maret 1875. Einstein dijuluki orang-orang sebagai Bapak Fisika Modern, beliau wafat pada 18 April 1955.
Urutan Peristiwa:

Ia pun menjadi seorang fisikawan yang biasa dijuluki sebagai Bapak Fisika Modern, sayangnya Albert Einstein sudah tiada beberapa tahun silam yakni di Amerika Serikat pada tahun 1955 tanggal 18 April.

Einstein sering dianggap orang lain sebagai anak dengan keterbelakangan mental dan autisme, hal itu karena ia lamban dalam kemampuan bicaranya. Bahkan cenderung anak pendiam serta suka menyendiri daripada bermain bersama teman sebayanya.

Einstein mulai muncul ketertarikan dengan ilmu bidang fisika sejak berusia 5 tahun, yaitu pada saat menerima hadiah berupa kompas dari ayahnya dan membuatnya terpesona melihat benda itu.

Sehingga ia mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi tentang alam semesta ini. Setelah itu ia pun mulai suka dan mendalami fisika dengan mempelajarinya.

Reorientasi:

kamu pun dapat mengambil banyak hal tentang kehidupan fisikawan satu ini, terutama mengenai sikap pantang menyerah ketika mengalami kegagalan. Orang-orang menganggapnya sebagai orang paling jenius serta menjulukinya Bapak Fisika Modern, yang melekat dengannya hingga sekarang.

Setelah menyimak ulasan di atas terkait teks biografi, kamu bisa mengetahui bahwa tulisan dalam teks dibuat berdasarkan kisah nyata serta bukan karangan fiksi.

Hal itu dilakukan agar para pembaca mengetahui kehidupan serta mengambil hal-hal positif tentang tokoh dalam biografi. Demikian dari kami theinsidemag.com semoga bermanfaat!

Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Teks Pidato

Kusuma
4 min read

Teks Negosiasi

Kusuma
3 min read

Teks Prosedur

Kusuma
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *