Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Teks Eksplanasi

3 min read

Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi adalah salah satu materi bahasa Indonesia dalam menjelaskan unsur kejadian alam atau peristiwa lainnya.

Dari namanya mungkin sebagian dari Anda masih ada yang merasa asing namun sebenarnya teks eksplanasi adalah teks yang memiliki isi tentang proses bagaimana suatu peristiwa itu terjadi.

Kejadian yang terjadi di sekitar Anda bisa sudah sepantasnya untuk dibadadikan, baik dalam bentuk gambar maupun tulisan.

Hal ini terjadi agar nantinya sebuah peristiwa bisa dijadikan pelajaran bersama. Nah dengan teks eksplanasi inilah semua rentetan peristiwa bisa tergambar secara sempurna.

Lalu apa saja sih ciri-ciri teks eksplanasi, struktur dan bagaimana kaidahnya? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini!

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi  merupakan teks yang berisi tentang proses bagaimana dan mengapa suatu kejadian alam, peristiwa, ilmu sosial, budaya dan lain- lain bisa terjadi.

Pada umumnya sebuah peristiwa alam yang terjadi atau sebuah ilmu pengetahuan memiliki hubungan sebab akibat di dalamnya serta proses.

Secara etimologi ekspalanasi berasal dari kata bahasa Inggris yaitu Explanation. Arti dari explanation ini adalah keterangan atau penjelasan.

Sedangkan pengertian teks eksplanasi secara istilah yaitu suatu paragraf yang memuat informasi tentang suatu tahapan “mengapa” dan “bagaimana” yang meliputi berbagai peristiwa.

Peristiwa-peristiwa yang bisa dijadikan sebagai teks eksplanasi yaitu mengenai peristiwa alam, sosial, budaya, dan ilmu pengetahuan.

Tujuan dibuatnya Teks Eksplanasi adalah menjelaskan bagaimana sebuah fenomena bisa terjadi serta menjelaskan hubungan sebab akibat pada suatu peristiwa.

Loading...

Dengan ditulisnya sebuah peristiwa maka bisa dijadikan pembelajaran bagi yang lainnya. Dan bisa memetik hikmah di dalamnya.

Ciri-ciri Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi tidak sama dengan teks deskripsi atau teks lainnya. Untuk membedakannya teks ini memiliki ciri khusus yang dimilikinya.

Ciri-ciri teks eksplanasi adalah sebagai berikut:

  1. Strukturnya terdiri dari pernyataan umum
  2. Memiliki urutan sebab akibat dan interpretasi
  3. Informasi yang dituliskan merupakan informasi yang berdasarkan fakta atau faktual
  4. Factual tersebut bersifat keilmuan atau memiliki kandungan ilmu pengetahuan di dalamnya. Misalnya adalah sains.
  5. Bersifat informatif atau mengandung sebuah informasi di dalamnya dan tidak mempengaruhi pembaca untuk bisa percaya terhadap hal apapun yang dibahas di dalamnya.
  6. Memiliki squence markers, seperti: pertama, kedua, ketiga dan lain sebagainya.

Struktur Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi

`

Teks eksplanasi memiliki ciri khusus yang dimilikinya. Berdasarkan ciri yang dimilikinya, teks eksplanasi memiliki tiga struktur yang membangun agar menjadi satu kesatuan sebuah tulisan  yang utuh.

Tiga struktur tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Pernyataan Umum

Struktur pertama yang dimiliki teks eksplanasi adalah sebuah pernyataan umum. Berisi pernyataan umum mengenai topik yang sedang dijelaskan tersebut. Dijelaskan mengenai proses-proses terjadinya atau proses keberadaan sesuatu.

  1. Urutan Sebab Akibat

Pada bagian ini berisi mengenai bagaimana detail sebuah peristiwa bisa terjadi, proses bagaimana urutan sebuah peristiwa yang dijelaskan secara urut dan rinci dari awal hingga akhir.

  1. Interpretasi

Berisi tentang kesimpulan dari topik yang dibahas atau dijelaskan.

Kaidah Kebahasan

Di dalam menyusun sebuah teks eksplanasi , terdapat kaidah-kaidah yang memiliki peran sebagai fungsi dari teks eksplanasi tersebut.

Kaidah-kaidah tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  • Fokus pada hal yang bersifat generic atau umum, bukan partisipan manusia (nonhuman participants). Misalnya banjir, gempa, tsunami, udara, hujan, tanah dan lain sebagainya
  • Memungkinkan untuk banyak menggunakan istilah ilmiah
  • Di dalam teks ini akan lebih banyak menggunakan verba rasional (kata kerja aktif) dan verba material
  • Biasanya akan menggunakan kalimat konjungsi atau penghubung waktu atau kausal. Misalnya pertama, selanjutnya, jika, bila, kemudian, sehingga dan lain sebagainya.
  • Biasanya menggunakan kalimat pasif
  • Teks ini ditulis untuk membuat sebuah justifikasi bahwa sesuatu yang dijelaskan secara kausal tersebut merupakan sebuah benar adanya.

Bagian-Bagian Teks Eksplanasi

Dalam membentuk sebuah teks eksplanasi secara utuh maka akan dibentuk bagian-bagian yang didalamnya mendukung dari fungsi teks tersebut.

Bagian-bagian tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

Pembuka

Di dalam teks eksplanasi  pada bagian pembuka akan menjelaskan topik yang diangkat secara umum.

Isi

Pada bagian Isi , akan berisi runtutan proses peristiwa terjadi secara lengkap. Pada bagian ini akan dijelaskan bagaimana secara khusus dan rinci setiap tahapan peristiwa alam atau ilmu pengetahuan.

Penutup

Pada bagian ini berisi tentang kesimpulan dari topik yang dijelaskan.

Itulah merupakan beberapa bagian-bagiannya. Sangat lengkap bukan?

Contoh Teks Eksplanasi

Ini adalah sebuah contoh singkat pemaparan suatu kejadian atau peristiwa.

Gempa Bumi

Gempa bumi adalah suatu guncangan yang disebabkan oleh adanya suatu pergerakan lapisan batu bumi. Getaran ini berasal dari dasar permukaan bumi. Ada daerah-daerah tertentu yang sering mengalami guncangan gempa bumi. Daerah tersebut adalah daerah gunung berapi aktif dan daerah di sepanjang lautan luas.

Deretan Penjelasan Sebab Akibat

Karena adanya suatu gerakan atau pergeseran lapisan dasar bumi dan meletusnya gunung berapi yang begitu kuat, pada akhirnya menyebabkan gempa bumi. Tidak hanya itu, terjadinya gempa bumi sangatlah cepat dan efeknya sangat terasa begitu kuat terhadap lingkungan sekitar.

Getaran gempa bumi yang sangat kuat dan menyebar ke semua penjuru arah, yang pada akhirnya semua bangunan menjadi rata. Bahkan kejadian tersebut bisa membawa korban jiwa. Menurut penyebab terjadinya, ada 2 jenis untuk penggolongan gempa bumi yakni gempa vulkanik dan gempa tektonik.

Penyebab terjadinya gempa vulkanik adalah suatu gempa yang disebabkan gunung berapi yang memiliki ukuran besar meletus. Gempa vulkanik jarang terjadi jika dibanding dengan gempa tektonik. Sedangkan gempa tektonik adalah lunaknya lapisan kerak bumi yang bisa mengalami pergerakan maupun pergeseran.

Menurut teori tektonik plate, menerangkan bahwa ada beberapa lapisan buatan yang menjadi bagian dari bumi kita. Kebanyakan daerah yang berlapis kerak ini nantinya akan hanyut serta mengapung di suatu lapisan, sama seperti salju. Pergerakan lapisan ini begitu pelan, sehingga antara lapisan satu dengan lainnya bertabrakan dan terpecah-pecah. Hal yang demikianlah yang menjadi penyebab kenapa gempa bumi bisa terjadi.

Interpretasi

Tanpa mengenal musim, gempa bisa terjadi di waktu kapan saja. Walaupun begitu, gempa sering terjadi di area-area tertentu saja. Misalnya saja pada perbatasan plat pasifik. Karena sebagian besar area tersebut dikelilingi gunung berapi. Maka dari itu tempat tersebut dinamakan dengan lingkaran api.

(sumber contoh :www.moondoggiesmusic.com)

Nah demikian penjelasan secara rinci mengenai apa itu teks eksplanasi, bagaimana struktur dan kaidah penulisannya serta ciri-ciri yang dimiliki.

Setiap peristiwa alam yang terjadi di bumi ini tentu memiliki hikmah yang bisa dipetik bersama.

Jika tidak ada seseorang yang menceritakannya dalam bentuk tulisan maka ilmu pengetahuan yang terkandung didalamnya nantinya hanya akan berakhir sebagai dongeng belaka.

Dan anak cucu nantinya tidak bisa menjadikannya pelajaran dalam hidup. Mari menulis! Jika bukan dimulai dari diri sendiri lalu siapa lagi? Gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan karya.

Demikian dari kami theinsidemag.com apabila ada kesalahan dalam penulisan mohon dimaafkan. Terimakasih telah berkunjung!

Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Pengertian Puisi

Kusuma
5 min read

Pengertian Poster

Kusuma
6 min read

2 Replies to “Teks Eksplanasi”

  1. Brian Primas Krisnabel berkata:

    Nice Artikel 🙂 Lanjutkan Semangat teruss sukses

    1. Baik, terimakasih 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *