Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Teks Iklan

5 min read

Teks Iklan

Teks Iklan adalah salah satu media untuk mempromosikan barang/jasa. Teks iklan merupakan media yang sangat bermanfaat karena bisa meningkatkan daya tarik jual/beli.

Anda mungkin sering melihat teks iklan di berbagai media, baik itu cetak, elektronik maupun digital.

Ada yang beranggapan itu hanya sebatas informasi belaka, namun tak sedikit yang kemudian tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang apa yang disampaikan pada iklan tersebut.

Apa sebenarnya iklan berbentuk teks itu dan apa saja unsur hingga seperti apa pengaplikasiannya yang tepat?

Sejak zaman dahulu iklan sudah menjadi bagian dari promosi sebuah produk atau jasa.

Dulu biasanya hanya mengiklankan melalui mulut ke mulut, lalu berkembang menjadi tulisan yang ditempel pada berbagai media seperti kayu, hingga di zaman modern dimana iklan bisa ditempatkan dimana saja.

Intinya iklan dalam bentuk teks ini sangat mumpuni untuk meningkatkan performa sebuah bisnis.

Pengertian Teks Iklan

Pengertian Teks Iklan

Teks Iklan adalah salah satu media promosi yang sangat efektif untuk mempromosikan barang/jasa kepada masyarakat yang dibuat seunik mungkin dengan tujuan agar masyarakat tertarik mengenali, membeli, atau menikmati barang/jasa tersebut.

Secara umum teks iklan disebut sebagai suatu corong promosi yang dinilai sangat berdampak untuk menjual produk apapun kepada khalayak ramai.

Loading...

Dikemas dengan kata-kata yang menarik bertujuan untuk membuat orang penasaran kemudian ingin lebih kenal dengan apa yang diiklankan, lalu berujung pada pembelian dari produk tersebut, baik barang maupun jasa.

Pengertian lain dari jenis iklan berupa teks ini adalah media yang berguna untuk menginformasikan tentang sebuah produk tertentu sehingga orang jadi terbujuk rayuan promosi dan akhirnya menjadi salah satu konsumennya.

Dan dampak jangka panjangnya adalah testimony dari konsumen yang puas akan meningkatkan penjualan secara terus menerus.

Syarat Iklan

Syarat Iklan

Adapun syarat-syarat dalam membuat iklan adalah:

  • Sesuai fakta (jujur) dan objektif.
  • Singkat, jelas, padat, mudah dipahami.
  • Tidak menyinggung pihak lain.
  • Tepat sasaran.
  • Kata-kata sopan, menarik, logis.

Struktur Teks Iklan

Struktur Teks Iklan

Ada tiga bagian penting dalam sebuah iklan berbentuk teks, yaitu judul, nama produk yang ditawarkan dan penjelasan tentang produk tersebut.

Ketiganya menjadi satu kesatuan struktur yang tak terpisahkan dalam sebuah informasi iklan.

1. Judul

Rangkaian kata yang isinya melingkupi tentang nama produk dan imbasnya pada kehidupan masyarakat.

Biasanya judul ini ditempatkan pada bagian atas sebuah iklan dengan ukuran teks lebih besar ketimbang isi dari iklan. Tapi tak semua iklan menggunakan judul.

2. Identitas produk

Bagian ini berisikan nama dari produk yang sedang dipromosikan, baik itu berbentuk barang ataupun jasa. Sehingga membuat orang lebih paham dan kenal apa sebenarnya produk tersebut.

Pada identitas ini juga biasanya diberikan foto pendukung yang memperjelas identitas.

3. Penjelasan

Deskripsi yang disampaikan biasanya berisi secara lengkap tentang manfaat dari produk tersebut bagi masyarakat atau target konsumen yang diinginkan, cara memperolehnya seperti apa, hingga identitas dimana bisa mendapatkan produk tersebut.

Ada yang sekaligus mencantumkan harga, namun adapula yang merahasiakannya dengan cara promosi menarik.

Fungsi Teks Iklan

Fungsi Teks Iklan

Iklan yang berbentuk teks ini memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah :

1. Media Informasi

Yaitu memberikan informasi terkini tentang sebuah produk yang dipromosikan.

Baik itu produk baru dari sebuah perusahaan atau bisnis, atau produk yang sudah ada sebelumnya namun dengan tampilan baru, sehingga masyarakat jadi tahu dan mengerti.

2. Media Pengingat

Lebih tepatnya mengingatkan masyarakat bahwa produk ini penting untuk dimiliki karena memiliki banyak keuntungan dari berbagai sisi.

Karena terkadang banyak yang lupa bahwa dia membutuhkan sesuatu, ketika melihat iklan maka dia jadi ingat dan segera ingin membeli dan memilikinya.

3. Media Mengajak

Membuat masyarakat tertarik membeli dengan cara yang menarik dari segi pendekatan persuasif yaitu melibatkan sisi humanism atau sisi sosial kemasyarakatan yang sangat dekat dengan kehidupan mereka.

Ciri-Ciri Teks Iklan

Ciri-Ciri Teks Iklan

Untuk membuat sebuah teks iklan yang baik harus memiliki ciri yang jelas dan baik, yaitu :

1. Mempunyai Target/Sasaran yang Jelas

Sebuah iklan yang baik harus memiliki target konsumen yang jelas. Baik itu target prioritas dan sekunder.

Hal ini akan menjadi tolak ukur untuk menentukan media apa yang dipakai, harga yang ditetapkan, hingga jangkauan distribusi dari sebuah produk yang diiklankan.

2. Tidak Bertele-tele

Fokus merupakan hal penting dalam sebuah iklan, dimana promosi hanya tertuju pada produk yang diiklankan, tidak melebar ke produk atau promosi lainnya sehingga siapa saja yang melihat langsung paham inti dari promosi tersebut.

3. Punya Daya Tarik

Daya tarik yang dimaksud bisa diciptakan melalui rangkaian kata yang mudah diingat seperti slogan iklan sejumlah produk yang sampai saat ini masih lekat diingatan banyak orang, juga tampilan dari iklan itu sendiri, baik warna, background, hingga jenis tulisan yang dipakai.

4. Menarik

Orang akan membaca sebuah iklan jika dia menilai bahwa ada yang menarik dari iklan tersebut. jadi mengupayakan kemasan iklan menarik adalah kunci keberhasilan promosi.

5. Unsur Komunikasi

Dalam iklan harus terdapat beberapa unsur komunikasi penting yaitu siapa yang membuat iklan, lalu isi dari iklan itu sendiri yang terdiri dari beberapa kalimat namun biasanya maksimal 10 kata saja.

Namun mengandung semua maksud dari promosi produk, kemudian unsur media yang dipakai apakai cetak, elektronik atau media sosial.

Yang tak kalah penting adalah konsumen sebagai target dari iklan, dimana komunikasi yang dibangun harus tepat sasaran untuk konsumen.

6. Slogan Yang Tepat

Slogan merupakan rangkaian kata yang mudah diingat oleh siapa saja yang membaca, sehingga ketika mereka ingin membeli produk maka mereka akan selalu ingat slogan tersebut.

Makanya butuh ketelitian dan kajian khusus sebelum membuat sebuah slogan yang menarik.

Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

Dalam sebuah iklan terutama yang berbentuk teks, harus diperhatikan kaidah bahasa yang digunakan, sehingga benar-benar tepat pada sasaran.

Apa saja kaidah kebahasaan yang penting dalam iklan?

1. Fakta

Teks dalam sebuah iklan harus mengandung fakta yang bisa dibuktikan keabsahannya. Baik itu detail produk mulai dari nama, komposisi, ukuran, bentuk, hingga manfaatnya.

Termasuk juga nama perusahaan yang memproduksinya, harus jelas dan bisa dikunjungi dengan alamat yang benar-benar ada.

2. Positif

Yang perlu ditekankan adalah memberikan kalimat yang sehat, tanpa menjelekkan produk lain yang sejenis.

Karena yang namanya dunia bisnis pasti penuh dengan persaingan, jadikanlah itu sebagai salah satu upaya memastikan produk yang ditawarkan lebih baik dengan segala keunggulan yang dimilikinya.

3. Persuasif

Ini merupakan salah satu kaidah bahasa penting dalam iklan, yaitu mengajak konsumen untuk membeli produk tersebut dengan cara yang halus dan tepat.

Sehingga siapapun yang membaca jadi ingin lebih mengenal dan mencoba menggunakan produk tersebut tanpa paksaan.

4. Berima

Merupakan seni dalam membuat kalimat iklan, dimana ada pengulangan pada pengucapan kata yang sama.

Selain jadi daya tarik tentu akan membuat orang semakin menyukai iklan tersebut dan berujung sebagai konsumen produk yang ditawarkan.

5. Imperatif

Memasukkan kata-kata ajakan halus juga sangat penting agar konsumen lebih bersemangat untuk ikut andil dalam pembelian produk.

Contoh yang biasa dipakai adalah ayo pakai, jangan lewatkan kesempatan, nikmati kemudahan, atau wujudkan mimpimu dengan. Dan sejumlah bahasa imperatif lainnya.

6. Ringkas

Dalam membuat iklan harus benar-benar ringkas tapi kaya akan makna. Jangan terlalu panjang dan bertele-tele karena hanya akan membuat orang malas membaca.

Jenis Teks Iklan

Jenis Teks Iklan

Iklan yang dibuat dengan mengandalkan teks memiliki banyak jenis, baik dari segi isi, media yang digunakan, hingga tujuan dari iklan itu sendiri.

Adapun jenis-jenis teks iklan adalah sebagai berikut ini:

1. Dari Segi Isi

Pertama adalah iklan jenis pengumuman yang berisi informasi tentang suatu hal, contohnya iklan berita pernikahan, berita duka meninggalnya seseorang, atau iklan tentang reuni sebuah sekolah.

Kedua adalah jenis penawaran atau perdagangan contohnya penawaran produk makanan, sepatu, tas dan lain-lain, atau penawaran jasa tertentu.

Ketiga adalah jenis iklan layanan untuk masyarakat yang berisikan himbauan untuk melakukan sesuatu dari pemerintah, atau larangan melakukan hal-hal tertentu.

Contoh iklan hemat listrik, iklan menjauhi narkoba, atau iklan pentingnya cuci tangan sebelum makan.

2. Dari Media Yang Dipakai

Pertama adalah iklan yang menggunakan media cetak atau koran, Anda bisa melihat halaman iklan di berbagai koran tentang banyak hal, mulai dari kehilangan hingga mencari pekerjaan.

Biasanya ada tiga jenis iklan koran yaitu iklan baris yang dihitung berdasarkan jumlah baris yang dipakai, iklan kolom dihitung berdasarkan jumlah kolom koran yang dipakai dan iklan display.

Kedua adalah iklan pakai media elektronik seperti radio atau televisi.

Beberapa contohnya adalah jenis spot yaitu iklan dengan naskah tertentu yang dibacakan saat jeda sebuah program.

Ada juga jenis sponsor yang merupakan iklan langsung dari sebuah perusahaan yang menjadi sponsor media elektronik tersebut.

3. Dari Segi Tujuan

Ada dua jenis yaitu iklan komersil yang merupakan iklan untuk mempromosikan sebuah produk atau barang melalui media tertentu.

Ada juga iklan non komersil yang merupakan informasi penting tentang sesuatu contohnya iklan larangan merokok, atau larangan menggunakan ponsel saat berkendara.

Tujuan Teks Iklan

Tujuan Teks Iklan

Berikut ini tujuan dari teks iklan ada beberapa yaitu:

  1. Menginformasikan tentang suatu hal atau produk kepada masyakarat, sehingga masyarakat jadi lebih paham dan memiliki keinginan untuk membeli sebuah produk yang ditawarkan, atau melakukan hal yang diinformasikan.
  2. Membuat orang terpengaruh pada produk atau jasa atau informasi yang diberikan pada iklan itu. Sehingga ada kecenderungan menjadi konsumen yang berimbas pada keuntungan jangka panjang bagi perusahaan yang membuat iklan tersebut.

Contoh Teks Iklan

Contoh Teks Iklan

Berikut ini beberapa contoh iklan dalam bentuk teks yang sudah memenuhi unsur, fungsi, hingga kaidah bahasa yang dibutuhkan untuk sebuah iklan bermutu.

1. Iklan Sewa Mobil

Perlu kendaraan untuk bisnis atau liburan, pakai sopir atau tidak bisa diatur, banyak pilihan kendaraan. Hubungi kami di 08123456789, semua masalah traveling bisa diatasi dengan mudah.

2. Iklan Makanan

Kerupuk kulit khas Garut, rasanya nendang dengan bumbu super nikmat. Rasakan kerenyahan di setiap gigitan. Mau coba? Beli saja langsung di toko oleh-oleh ABC terdekat di kotamu, atau pesan langsung ke nomor 09876544321.

3. Iklan Jasa

Customer service: “Halo ada yang bisa saya bantu,”
Konsumen : “Saya butuh tiket pesawat Jakarta-Bali, ada?”
Customer Service : “Ada pak, akan saya carikan,”
Konsumen : “Tak salah saya langganan Travel DDD, pasti respon cepat dan hasilnya bikin puas,”
Customer Service : “Terima Kasih Pak,”

4. Iklan Popok Bayi

Popok Smile membuat bayi nyaman tanpa iritasi kulit. Meringankan kerja bunda dan membuat anak aktif sepanjang hari. Yuk beli di toko terdekat, harga murah tapi tidak murahan.

Contoh Iklan dan Gambarnya

Adapun untuk contoh-contoh teks iklan beserta gambarnya adalah sebagai berikut:

Contoh Iklan dan Gambarnya

Bicara tentang iklan dalam bentuk teks memang tak ada habisnya, karena fungsi iklan tersebut sangat penting di tengah masyarakat khususnya para pebisnis dan pemerintah.

Baik dalam hal mempromosikan sesuatu atau menginformasikan hal-hal penting, agar siapa saja yang jadi target iklan bisa merasakan dampaknya secara nyata dan tepat.

Itulah tadi materi teks iklan secara jelas dan lengkap dari mulai pengertian iklan, ciri-ciri iklan, manfaat iklan, contoh iklan hingga tujuan iklan.

Semoga materi dari kami theinsidemag.com dapat bermanfaat! Silakan dibagikan dan jangan lupa lampirkan contoh di komentar 🙂

Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Pengertian Puisi

Kusuma
5 min read

Pengertian Poster

Kusuma
6 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *