Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Teks Tanggapan Kritis

4 min read

Teks Tanggapan Kritis

Teks Tanggapan Kritis adalah teks yang berisikan kritik tajam terhadap suatu hal yang mengenai kesalahan. Bisa juga disebut teks tanggapan untuk suatu peristiwa dari berbagai sudut pandang.

Materi ini ada di dalam pelajaran Bahasa Indonesia, tentu kamu kesini untuk mempelajari hal-hal yang berkaitan tentang ini bukan?

InsyaaAllah disini kami akan memberikan penjelasan yang runtut mengenai pengertian, unsur-unsur, bentuk, fungsi, ciri-ciri, tujuan dan contoh teks tanggapan kritis.

Penasaran dan ingin segera mengetahui penjelasan materi tersebut? Hayuk, langsung saja kita cek dan belajar bersama-sama, usahakan baca dengan memindai ya gengs!

Pengertian Teks Tanggapan Kritis

Pengertian Teks Tanggapan Kritis

Teks tanggapan kritis adalah teks yang berisikan penyampaian tanggapan mengenai suatu peristiwa/kejadian, fenomena, isu atau hal lainnya dengan analisis yang mendalam dari berbagai sudut pandang.

Tentu, tanggapan ini disampaikan tergantung pada pendapat orang yang mengkritisi. Dengan begitu, pengkritisi bisa menyampaikan rasa setuju atau tidak setuju.

FYI, umumnya teks ini terjadi jika ada perdebatan antara A dan B. Dimana, A menyampaikan kritik kepada B karena apa yang telah disampaikan B kurang tepat.

Jika kamu dalam posisi tersebut, kamu harus menerima semua tanggapan yang diberikan oleh orang/teman kita saat mereka memberikan pendapat.

Karena, pada dasarnya setiap tanggapan atau kritik yang mereka berikan pasti ada alasan dan bisa membuat kita jauh lebih baik dari sebelumnya. 

Fungsi Teks Tanggapan

Fungsi Teks Tanggapan

Fungsi teks tanggapan kritis adalah sebagai berikut:

  • Memberikan kritik membangun yang bisa membantu hal diselesaikan atau menjadi lebih baik lagi.
  • Mengapresiasi sesuatu hal yang dilakukan oleh orang lain dengan cara yang mendetail dan jelas.
  • Memberikan saran dengan cara yang sistematis, terarah dan terbaik sehingga semua kritikan dapat dipertanggungjawabkan serta bersifat objektif.
  • Sebagai sarana dari hal yang ditanggapi agar sesama pemuji ataupun pengkritik bisa berdialog dengan baik melalui konteks, deskripsi dan penilaian yang diberikan oleh teks tanggapan.

Tujuan Teks Tanggapan

Tujuan teks tanggapan kritis adalah untuk memilih salah satu pernyataan, karena teks tanggapan ini berisi alasan yang mendukung dan yang menolak.

Teks tanggapan harus memiliki alasan dan tidak bersifat subjektif, dikarenakan teks ini diharapkan dapat membuat orang lebih baik lagi dalam segala hal yang telah dilakukannya.

Tujuan teks tanggapan kritis adalah untuk memilih salah satu pernyataan, karena teks tanggapan ini berisi alasan yang mendukung dan yang menolak.

Ciri-Ciri Teks Tanggapan Kritis

Ciri-Ciri Teks Tanggapan Kritis

Secara umum, berikut adalah ciri-ciri dari teks tanggapan kritis:

1. Penggunaan Kalimat Aktif

Kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya melakukan suatu perbuatan seperti apa yang dijelaskan pada predikatnya.

Maka dari itu, predikat dalam kalimat aktif merupakan kata kerja atau verba yang berimbuhan me(N)-, ber-, atau tidak berimbuhan awal.

2. Penggunaan Kalimat Deskripsi

Deskripsi berarti penggambaran, dalam hal ini bisa diartikan sebagai uraian atau pemaparan dengan kata-kata secara rinci dan jelas.

Kalimat deskripsi dalam teks tanggapan kritis biasanya terdiri dari beberapa kalimat yang menjelaskan fakta atau alasan atas penilaian yang disampaikan.

3. Penggunaan Kata Tugas

Kata tugas adalah kata yang terutama menyatakan hubungan gramatikal yang tidak bisa bergabung dengan afiks (imbuhan) dan tidak mengandung makna leksikal.

Simple-nya, kata tugas memiliki makna dalam kalimat, tetapi tidak memiliki makna dalam kamus. Contoh kata tugas ialah di, ke, dari, oleh (preposisi), karena, sehingga, bahwa, yang (konjungsi), pun, -lah, -kah.

4. Penggunaan Kalimat Penilaian

Di dalam teks tanggapan, kalimat penilaian ini bisa berupa pujian atau kritikan. Maka dari itu, kalimat penilaian ini termasuk ke dalam kategori kalimat opini/pendapat.

Struktur Teks Tanggapan Kritis

Struktur Teks Tanggapan Kritis

Struktur teks tanggapan kritis ada 3, yaitu evaluasi, deskripsi teks dan penegasan ulang. Untuk penjelasan lebih lanjut adalah seperti berikut ini.

1. Evaluasi

Evaluasi terdapat pada bagian awal teks tanggapan, di bagian ini pengkritisi memberi pernyataan umum tentang apa yang akan dikritisi.

Melalui bagian ini, pembaca teks tanggapan tersebut jadi paham dan tahu arah fokus permasalahan yang akan dibahas oleh penulis.

2. Deskripsi Teks

Deskripis teks adalah inti pembahasan dari teks tanggapan kritis. Bagian ini berisi opini penulis dari berbagai sudut pandang terhadap masalah yang dikritisinya.

Opini atau pendapat ini nantinya akan diperkuat dengan penjabaran fakta-fakta berupa informasi atau data.

3. Penegasan Ulang

Pada bagian akhir, ada struktur teks tanggapan yakni penegasan ulang yang mana isinya menyampaikan simpulan dari hasil mengkritis masalah dari berbagai sudut pandang. Terkadang, penulis juga bisa memberikan solusi berupa saran.

Unsur Teks Tanggapan Kritis

Unsur Teks Tanggapan Kritis

Pada saat membuat teks tanggapan, ada unsur-unsur yang harus di muat dalam teks tersebut. Adapun unsur teks tanggapan adalah sebagai berikut ini:

  1. Masalah yang dikritisi.
  2. Opini yang dapat berupa : Pujian, Kritikan, Saran.
  3. Argumen yang dapat berupa: Argumen untuk memperkuat pujian dan Argumen untuk memperkuat kritikan.
  4. Fakta.

Keempat unsur-unsur teks tanggapan diatas harus dipenuhi agar menjadi teks tanggapan valid dan bisa menjadi satu kesatuan utuh dari teks tanggapan.

Baca juga materi terkait:
1. Teks Prosedur
2. Teks Negosiasi

3. Teks Pidato
4. Teks Editorial
5. Teks Eksplanasi

Jenis-Jenis Teks Tanggapan

Jenis-Jenis Teks Tanggapan

Jenis teks tanggapan kritis terbagi menjadi beberapa model. Jenis model tanggapan tersebut adalah sebagai berikut ini:

  1. Model teks tanggapan pujian; merupakan model teks yang memberikan apresiasi sedalam-dalamnya terhadap suatu karya atau hal yang memang dianggap sangat baik dalam penilaian penanggapnya.
  2. Model teks tanggapan saran; merupakan alternatif yang lebih baik dalam situasi dan kondisi apapun dalam menanggapi dengan santun karena dapat memberikan kritik membangun, bukan hanya mengumbar kesalahan suatu karya atau hal saja.
  3. Model teks tanggapan kritik; model teks tanggapan yang menelaah secara teliti dan secara hati-hati juga bijaksana, sehingga kesalahan sekecil apapun dapat tampak dan ditanggapi. 

Tetapi, apapun modelnya pujian, kritikan, sanggahan atau yang lainnya harus disampaikan dengan cara yang santun dan memiliki saran juga, sederhananya harus solutif yakni mengkritik tapi juga membangun.

Bentuk Teks Tanggapan

Bentuk Teks Tanggapan

Jenis ataupun bentuk teks tanggapan adalah sama saja. Lalu, apa saja jenis-jenis teks tanggapan tersebut? Berikut adalah bentuk teks tanggapan secara umum:

    1. Kritik.
    2. Pujian.
    3. Sanggahan.
    4. Penolakan.
    5. Persetujuan.

Materi terkait yang harus kamu baca:
1. Teks Anekdot
2. Teks Hikayat
3. Teks Narasi
4. Teks Iklan
5. Teks Eksposisi

Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan

Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan

Kaidah kebahasaan teks tanggapan kritis adalah sebagai berikut:

  1. Menggunakan kalimat aktif, yang merupakan kalimat yang subjeknya melakukan suatu perbuatan, ditandai oleh verba (kata kerja) yang berimbuhan me(n)-, ber-. Contoh kalimatnya: Jackie melukiskan kebun bunga tersebut dengan apik.
  2. Menggunakan kalimat deskripsi, yakni kalimat yang menggambarkan sesuatu yang ada dengan pemaparan yang rinci dan jelas.
  3. Menggunakan kata tugasm yang mana menyatakan hubungan gramatikal yang tidak bisa digabungkan dengan imbuhan (afiks) dan tidak mengandung makna leksikal. Contohnya: ke, di, dari, oleh (preposisi), karena, sehingga, bahwa, yang (konjungsi), pun, -lah, -kah.
  4. Penggunaan kalimat penilaian dalam model tanggapan kritis.
  5. Menggunakan kalimat pujian dalam model tanggapan pujian.

Contoh Teks Tanggapan Kritis

Contoh Teks Tanggapan Kritis

Secara singkat, berikut kami berikan contoh teks tanggapan kritis beserta strukturnya yang mana bisa membantumu dalam memahami kompleksitas teks tanggapan.

UJIAN NASIONAL ONLINE, PERLU ATAU TIDAK?

Evaluasi

Wacana UN yang dilaksanakan secara online sudah diinformasikan ke masyarakat semenjak awal tahun 2020, tetapi kepastian akan hal tersebut masih belum jelas. Pemerintah telah merencakan Ujian Nasional online tetapi dalam tata cara pelaksanaanya harus melewati berbagai proses penyesuaian dan menuntut kesiapan infrastuktur teknologi di berbagai daerah.

Deskripsi Teks

Telah disampaikan bahwa proses UN Online akan diselenggarakan di laboratorium komputer sekolah dan jawabannya akan dikumpulkan oleh sebuah server melalui internet. Sekolah yang terpilih akan mendapatkan kesempatan uji coba ujian nasional online pada tahun 2021.

Salah satu tujuan UN Online agar mengatasi pemborosan penggunaan kertas, keamanan dan kebocoran soal. Sisi positifnya yaitu komputer bisa mengetahui nilai dengan cepat dan siswa tidak bisa mencontek pekerjaan orang lain. Sisi negatifnya yaitu jaringan listrik dan koneksi internet bisa saja terputus sewaktu-waktu.

Penegasan Ulang

Sehingga yang bisa diperoleh dari isu diatas bahwa ujian nasional bisa memicu dampak postif maupun negatif. Menurut theinsidemag.com ujian online sendiri diperlukan karena lebih menguntungkan dan mempercepat rekapan nilai, namun sangat disayangkan fasilitas belum memadai diadakannya ujian online.

Itulah merupakan materi lengkap mengenai teks tanggapan kritis, semoga dalam segala penyampaiannya dapat kamu pahami dengan mudah. Selamat mencoba membuat contohnya!

Kusuma Hamba Allah yang ingin menjadi orang bermanfaat bagi umat muslimin dan muslimat di dunia. Suka travelling dan wisata kuliner.

Pengertian Puisi

Kusuma
5 min read

Pengertian Poster

Kusuma
6 min read

Pengertian Slogan

Kusuma
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *