Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Ukuran Story Instagram

2 min read

Ukuran Story Instagram

Bagi pengguna Instagram tentu sudah tidak asing lagi dengan fitur story Instagram yang memungkinkan penggunanya untuk mengunggah berbagai macam konten. Namun tahukah bahwa ukuran story Instagram ada yang ideal.

Sehingga pengguna tidak boleh sembarangan mengunggah saja. Terlebih story Instagram pasti akan dilihat oleh pengguna lainnya, maka dari itu pastikan untuk membuatnya nyaman dipandang.

Ukuran untuk story Instagram sendiri berbeda-beda baik untuk foto maupun video. Untuk lebih jelasnya maka bisa simak informasi berikut ini:

Pentingnya Mengunggah Story Instagram dengan Ukuran yang Ideal

Meskipun hanya bersifat sementara yaitu 24 jam saja, namun aktivitas seseorang dapat lebih terpantau dengan adanya fitur story Instagram. Ada banyak orang yang setiap saat mengabadikan kehidupannya dengan mengunggah di story.

Ketika mengunggah story Instagram dengan ukuran yang ideal, maka bisa mengoptimalkan performa dari sebuah konten. Bukan hanya itu, ada beberapa keunggulan ketika mengikuti aturan ukuran story yang tepat. berikut Diantaranya:

  • Mencegah elemen gambar maupun video pecah atau terpotong ketika diunggah.
  • Memastikan konten yang muncul berkualitas tinggi.
  • Agar sebuah akun tampak lebih profesional.

Baca Juga : Caption Instagram Lucu

Ukuran yang Ideal untuk Story Instagram

Setiap media sosial tentu menyediakan ukuran tertentu agar story yang diunggah berkualitas. Ukuran story Instagram yang ideal akan menjamin gambar, video maupun gif yang diunggah muncul di berbagai sistem operasi.

Lantas berapa ukuran yang ideal untuk story Instagram? Berikut penjelasannya:

1.   Ukuran Foto untuk InstaStory

Bagi pengguna Instagram yang sering mengunggah foto ke story, maka perlu memperhatikan ukurannya. Terlebih apabila yang diunggah dalam bentuk pemandangan, lokasi tempat maupun wajah.

Jika gambar tersebut pecah dan ukurannya tidak tepat, tampilan pun menjadi tidak berkualitas. Adapun ukuran foto untuk story Instagram adalah 1080 x 1920 pixel.

Ukuran ini digunakan untuk foto dalam bentuk potrait dengan aspect ratio 9:16. Apabila kualitas dari kamera bagus, maka ukuran ini sangatlah tepat untuk menjadikan tampilan lebih enak dipandang.

Sementara apabila kualitas kamera di bawahnya, maka alternatif ukuran story Instagram yang bisa digunakan adalah 720 x 1280 pixel sampai 450 x 800 pixel. Ukuran gambar maksimal yang dapat diunggah ke story adalah 30 MB dengan format JPEG atau PNG.

2.   Ukuran Video untuk InstaStory

Bukan hanya foto saja, video yang diunggah ke Instagram juga memiliki ukuran ideal. Video yang dimaksud bisa berasal dari video yang direkam dan disimpan di galeri, video editan dari aplikasi lain maupun video live yang direkam secara langsung melalui InstaStory.

Adapun ukuran video yang ideal untuk InstaStory adalah 1080 x 1920 pixel dengan aspect ratio 9:16. Sementara resolusi video yang dihasilkan, minimal 720 pixel. Ukuran maksimal video yang dapat diunggah adalah 4 GB.

Durasi maksimum konten video yang bisa diunggah adalah 15 detik. Sedangkan jenis file video yang bisa diunggah yaitu MP4, MOV serta GIF. Pastikan untuk mengikuti aturan tersebut agar video yang diunggah tidak pecah maupun rusak.

Tips Agar Konten Story Instagram Memiliki Kualitas yang Baik

Dalam mengunggah sebuah konten di story Instagram, maka pastikan untuk memperhatikan beberapa hal. Dengan begitu, konten yang diunggah baik foto maupun video lebih menarik dan berkualitas. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar konten memiliki kualitas baik:

  • Pastikan konten berkualitas tinggi sebelum diunggah, setidaknya dengan resolusi minimal 72 ppi.
  • Unggah konten dengan bentuk vertikal.
  • Pastikan ukuran file di bawah 30 MB agar leluasa dalam mengunggah foto dan video berkualitas tinggi.
  • Gunakan aplikasi template untuk mengontrol kualitas serta ukuran dari story tersebut.

Itulah ukuran story Instagram baik untuk foto maupun video yang akan diunggah. Gunakan ukuran tersebut sebagai acuan agar konten di InstaStory lebih maksimal.

Semoga informasi dari theinsidemag.com ini membantu pengguna Instagram yang akan membuat konten di story Instagram agar lebih estetik dan performa akun meningkat.

Haikal Seseorang yang suka menulis dan bermain. Seni bicara dan menulis itu berbeda, enjoy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *